Juli 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Prancis merayakan Modi India dalam perayaan Hari Bastille

Prancis merayakan Modi India dalam perayaan Hari Bastille

PARIS (Reuters) – Perdana Menteri India Narendra Modi dianugerahi salah satu penghargaan terbaik Prancis pada hari Jumat sebagai tamu kehormatan di parade militer Hari Bastille, bagian dari kunjungan yang menyegel kesepakatan pertahanan tingkat tinggi.

Modi dan Presiden Emmanuel Macron menyaksikan tentara Prancis dan India berbaris di Champs-Elysees yang rindang di Paris, sementara jet tempur Rafale buatan Prancis yang dibeli India pada 2015 ikut serta dalam penerbangan di atas Arc de Triomphe.

Perayaan nasional datang pada saat yang sensitif bagi Macron, yang dicemooh oleh beberapa anggota masyarakat saat dia mengendarai kendaraan militer di Champs-Elysees.

Keputusannya untuk menaikkan usia pensiun memicu protes berbulan-bulan musim semi ini dan merusak peringkatnya.

Modi memulai kunjungan dua hari ke Paris pada Kamis, ketika dia dianugerahi Legiun Kehormatan, penghargaan tertinggi Prancis.

“(India) adalah raksasa dalam sejarah dunia dan akan memiliki peran yang menentukan di masa depan kita,” kata Macron dalam pidatonya Kamis malam. Ini juga merupakan mitra strategis dan teman.

Tawaran itu muncul setelah New Delhi memberikan persetujuan awal untuk membeli 26 jet Rafale tambahan untuk angkatan lautnya dan tiga kapal selam kelas Scorpene, memperdalam hubungan pertahanan dengan Paris pada saat kedua negara mencari sekutu di Indo-Pasifik.

Nilai total pembelian diperkirakan sekitar 800 miliar rupee ($ 9,75 miliar), menurut sumber yang mengetahui detailnya, meskipun hal itu masih harus dinegosiasikan.

Prancis telah menjadi salah satu mitra terdekat India di Eropa selama beberapa dekade. Itu adalah satu-satunya negara barat yang tidak menjatuhkan sanksi terhadap New Delhi setelah India melakukan uji coba nuklir pada tahun 1998.

India telah mengandalkan jet tempur Prancis selama empat dekade. Sebelum membeli Rafale dari Dassault Aviation, India membeli jet Mirage pada 1980-an dan pesawat itu masih memiliki dua skuadron Angkatan Udara.

Penuaan pesawat buatan Rusia di India, ketidakmampuan Moskow untuk melakukan pekerjaan pemeliharaan, dan penundaan rencana manufaktur domestik di India telah menghasilkan dua perjanjian pertahanan baru.

Kemudian pada hari Jumat, Macron akan menjamu Modi di Istana Elysee untuk melakukan pembicaraan sebelum jamuan kenegaraan di Louvre.

Namun kunjungan Modi juga menuai kritik dari kelompok hak asasi manusia, yang prihatin dengan semakin otoriter Partai Nasionalis Hindu Bharatiya Janata Modi dan tuduhan diskriminasi terhadap minoritas.

“Hari ini, Emmanuel Macron menggelar karpet merah untuk Narendra Modi,” kata kelompok hak asasi manusia Prancis di Twitter. “Liga Hak Asasi Manusia, prihatin dengan transisi otoriter di India, menyesalkan seruan ini yang mengirimkan sinyal bencana, menyangkal nilai-nilai demokrasi kita.”

Bagi Prancis, kemitraan strategis dengan India sangat penting karena berupaya memperkuat jaringan aliansinya di kawasan Indo-Pasifik setelah mengalami pukulan dari Australia ketika Canberra memutuskan untuk meninggalkan kontrak kapal selam Prancis yang besar dan membentuk aliansi AUKUS dengan Inggris dan Amerika Serikat. Emirat Arab. Amerika Serikat.

Baik India maupun Prancis, melalui wilayah pulau mereka, memiliki kepentingan mendalam di Samudra Hindia dan prihatin dengan meningkatnya ketegasan China di wilayah tersebut.

Macron berinteraksi dengan beberapa pemimpin dunia di parade militer Hari Bastille.

Donald Trump menyerukan perayaan 2017, dan presiden AS saat itu sangat terkesan dengan masa lalu Prancis sehingga dia meminta pejabat Pentagon untuk mengeksplorasi parade serupa yang merayakan pasukan Amerika.

(Laporan oleh Michelle Rose) Disunting oleh Frances Kerry dan Nick McPhee

READ  Catatan iklim goyah, meninggalkan Bumi di wilayah yang belum dipetakan - para ilmuwan

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.