April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Prabowo dari Indonesia mengklaim kemenangan dalam pemilihan presiden

Prabowo dari Indonesia mengklaim kemenangan dalam pemilihan presiden

Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto telah menyatakan kemenangan dalam pemilihan presiden, dengan penghitungan tidak resmi menunjukkan bahwa ia unggul jauh.

Veteran politik Prabowo, mantan komandan pasukan khusus, mengalahkan saingannya dengan sekitar 58 persen suara, menurut empat jajak pendapat berdasarkan suara “hitung cepat” di sampel TPS di seluruh negeri. Sekitar 86 persen hingga 95 persen suara dihitung pada pukul 22.00 waktu setempat.

Prabowo, 72 tahun, yang hadir di hadapan para pendukungnya bersama putra presiden saat ini, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan keputusan tersebut sebagai “kemenangan bagi seluruh rakyat Indonesia”.

Komentator pemilu Indonesia

Prabowo Subianto (tengah) menang melawan kontestan Kanchar Pranovo (kiri) dan Anis Basvedan (kanan). (Foto AP)

“Kita bersyukur atas hasil quick count. Semua perhitungan, semua lembaga survei, termasuk pihak rival kita, menunjukkan bahwa Prabowo-Kibron menang di satu putaran,” ujarnya.

“Kami akan membentuk pemerintahan yang terdiri dari putra-putri terbaik Indonesia.”

Saingannya, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, masing-masing tertinggal sekitar 25 persen dan 17 persen, menurut jajak pendapat independen yang melakukan penghitungan sampel, yang telah terbukti akurat dalam pemilu sebelumnya.

Penghitungan awal KPU berjalan sangat lambat dan Prabowo memperoleh 57,7 persen suara, atau sekitar enam persen suara yang dilaporkan.

pemilu indonesiapemilu indonesia

Prabowo Subianto menyebut generasi muda Indonesia adalah pendukung utamanya. (Foto EPA)

Kedua mantan gubernur yang populer ini akan mencalonkan diri melawan Prabowo, kandidat terdepan yang ditakuti pada pemilu nanti, ketika ia menjadi letnan utama mendiang orang kuat di Indonesia, Suharto, pada tahun 1990an.

Yang terpenting adalah, Prabowo mendapat dukungan diam-diam dari petahana populer Joko Widodo, yang bertaruh pada pencalonan mantan saingannya itu untuk mempertahankan warisannya, termasuk memasukkan putranya yang berusia 36 tahun, Gibran, ke dalam nominasi.

READ  Penjelasan: Bagaimana guci megalitik kuno menghubungkan Assam dengan Laos dan Indonesia

Anies dan Ganjar meminta masyarakat tidak langsung mengambil kesimpulan dan menunggu keputusan resmi pada 20 Maret.

Tim kampanye mereka mengatakan mereka sedang menyelidiki laporan penyimpangan pemilu, yang keduanya disebut sebagai “kecurangan struktural, sistematis, dan masif”. Mereka tidak memberikan bukti.

Untuk memenangkan putaran pertama, seorang kandidat memerlukan lebih dari 50 persen suara dan setidaknya 20 persen suara di separuh provinsi di negara tersebut. Jika tidak ada kandidat yang mendapat suara mayoritas, pemilihan antara dua kandidat teratas akan diadakan pada bulan Juni.

pemilu Indonesiapemilu Indonesia

Pendukung Prabowo Subianto bersorak pada rapat umum hari pemilu di Jakarta. (Foto AP)

Hampir 259.000 kandidat memperebutkan 20.600 posisi di 17.000 pulau dalam pemilu satu hari terbesar di dunia ini. Dalam pemilihan legislatif, koalisi partai-partai yang mendukung Prabowo memperoleh sekitar 42 persen suara, sementara koalisi di belakang saingannya Anis memperoleh 27 persen suara, yang menunjukkan bahwa pemerintahan potensial bagi Prabowo dapat memperoleh dukungan parlemen yang kuat.

Namun kandidat teratas pada hari Rabu selalu berlomba untuk menggantikan Jokowi, petahana yang pengaruhnya dapat menjadi faktor penentu dalam memimpin negara-negara Kelompok 20 (G20) yang kaya akan sumber daya alam dan bernilai setidaknya $1,3 triliun ($US1,3 triliun). A2 triliun).

Jokowi telah mencapai batas masa jabatannya dan belum secara terbuka mendukung seorang kandidat, namun ia sering tampil bersama Prabowo di acara-acara kenegaraan.

Sejak mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2019, Prabowo telah mengubah citranya menjadi seorang kakek yang penyayang dan penyayang kucing, sehingga menarik banyak pengikut media sosial di negara ini, di mana lebih dari separuh dari hampir 205 juta pemilih berusia di bawah 40 tahun.

READ  Badan minyak nabati SEA bertemu dengan menteri perdagangan Indonesia untuk menuntut kebijakan ekspor berkelanjutan untuk minyak sawit

Prabowo menyebut mereka adalah pendukung utamanya.

Kanjar merasa optimis pada hari Rabu tetapi mengatakan kubunya akan menyelidiki laporan penipuan tersebut, namun dia tidak menjelaskannya lebih lanjut.

“Semua saksi, semua pihak, sekarang sedang bekerja, tidak ada perjuangan yang sia-sia. Tentu semua tetap bersemangat,” ujarnya.

Kubu Anis mengaku menemukan banyak pelanggaran dan penipuan di tingkat desa maupun yang dilakukan aparat pemerintah dan polisi. Mereka tidak mengutip sumbernya namun mengatakan bahwa temuannya sudah tercatat.

Namun para analis politik mengatakan keunggulan Prabowo dalam jumlah tidak resmi dapat mempersulit pesaingnya untuk mengajukan tantangan potensial.