Mei 24, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Mengantar pemilih ke tempat pemungutan suara – DW – 14/02/2024

Mengantar pemilih ke tempat pemungutan suara – DW – 14/02/2024

Masyarakat Indonesia memilih presiden, wakil presiden, dan anggota parlemen serta badan legislatif lokal yang baru pada hari Rabu, dan tidak ada insiden besar yang dilaporkan di seluruh nusantara.

Hasil awal dan tidak resmi diharapkan dapat diperoleh pada akhir Rabu melalui penghitungan cepat yang disertifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum.

Pemilu ini merupakan upaya besar-besaran, dengan lebih dari 204 juta dari 270 juta penduduk negara ini terdaftar untuk memilih di 17.000 pulau. Para pemilihnya tersebar di tiga zona waktu, dari Papua di timur hingga ujung Sumatera, 5.000 kilometer (3.000 mil) di barat.

Kaum muda merupakan mayoritas pemilih terdaftar, dengan 55% di antaranya berada dalam kelompok usia 17 hingga 40 tahun, kata komisi tersebut.

Presiden saat ini Joko Widodo, yang dikenal sebagai Jokowi, sedang menyelesaikan masa jabatan keduanya dan tidak dapat mencalonkan diri lagi karena batasan masa jabatan.

Pemungutan suara tahun ini akan menghasilkan pergantian kepemimpinan pertama dalam satu dekade.

Siapa saja calon presidennya?

Tiga kandidat bersaing Pengganti Jokowi sebagai presiden: Kanjar Pranovo dan Anis Basvedan, mantan gubernur berusia 50-an, dan menteri pertahanan saat ini, Prabowo Subianto.

Subianto adalah mantan komandan pasukan khusus Angkatan Darat berusia 72 tahun yang mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga pada jabatan tertinggi. Ia kalah dari Jokowi pada 2014 dan 2019.

Untuk memperkuat peluangnya kali ini, Subianto menurunkan Gibran Rakabuming Raqqa, putra presiden yang lebih populer, sebagai pasangannya sebagai wakil presiden.

Prabowo Subianto saat kampanye di sebuah stadion di Jakarta Foto: Yasuyoshi Chiba/AFP/Getty Images

Raka, 36, setengah usia Subianto, saat ini menjabat Wali Kota Surakarta. Oleh banyak peneliti, Dapatkan lebih banyak suara dari generasi muda.

Subianto termasuk dalam keluarga politik elit. Ia adalah menantu Suharto, seorang diktator militer yang digulingkan dari kekuasaan pada tahun 1998 setelah lebih dari tiga dekade berkuasa.

READ  Indonesia akan meningkatkan kecepatan internet menjadikan Bali sebagai pusat nomaden digital kelas dunia

Subianto dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia saat menjabat sebagai komandan militer di hari-hari terakhir kediktatoran Suharto. Tuduhan tersebut tidak terbukti, dan Prabowo selalu membantah bertanggung jawab.

Kandidat lainnya adalah Kanjar Pranovo, mantan Gubernur Provinsi Jawa Tengah.

Pencalonannya sebagai presiden didukung oleh Partai Demokrat Indonesia (PDI-P) yang berkuasa.

Pranovo telah mengumumkan menteri kabinet saat ini Mahfud Md sebagai pasangannya.

Pranovo mengadopsi gaya politik Presiden Widodo dengan berusaha meraih simpati gerakan akar rumput.

Kandidat presiden Kanjar Pranovo adalah mantan gubernur provinsi Jawa TengahGambar: Willy Kurniawan/REUTERS

Anis Baswedan, mantan gubernur ibu kota Indonesia, Jakarta, berharap bisa mencalonkan diri sebagai presiden untuk ketiga kalinya. Pasangannya adalah Muhaimin Iskandar, pemimpin Partai Kesadaran Nasional Islam (PKB), salah satu partai Islam paling kuat di negara ini.

Pada tahun 2017, Bhaswedan mencalonkan diri sebagai gubernur Jakarta melawan Basuki Dijahaja Poornama, yang merupakan keturunan Tionghoa. Basvedan memenangkan pemilu – sementara saingannya dijatuhi hukuman dua tahun penjara karena menghujat Al-Qur'an dalam salah satu kampanyenya.

Menurut jajak pendapat baru-baru ini yang dilakukan oleh Litbang Kompas, sebuah organisasi penelitian independen, Subianto unggul jauh atas dua kandidat lainnya, dengan sekitar 18% pemilih mendukung Pranovo dan 16% mendukung Baswedan.

Anies Baswedan menyapa pendukungnya di JakartaGambar: Teluk Ismoyo/AFP/Getty Images

Apa permasalahan utamanya?

Ketiga calon presiden telah membuat janji serupa mengenai pertumbuhan inklusif dan kesejahteraan.

Masa jabatan Jokowi secara umum dipandang sebagai masa stabilitas dan pertumbuhan perekonomian terbesar di Asia Tenggara.

Dan ketiga pesaingnya telah berjanji untuk melanjutkan sebagian besar inisiatifnya, termasuk meningkatkan pertambangan, memperluas kesejahteraan sosial dan melanjutkan upaya membangun ibu kota baru senilai $32 miliar (€29,7 miliar).

Para kandidat telah menetapkan tujuan ekspansi ekonomi yang ambisius dan berjanji untuk menciptakan jutaan lapangan kerja, tanpa memberikan penjelasan spesifik tentang bagaimana mereka akan mencapai tujuan tersebut.

READ  5 kota dengan suhu terdingin di Indonesia

Siapa yang dapat memberikan suara dan kapan kita dapat mengharapkan hasilnya?

Semua warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas dapat memilih.

Setelah beberapa dekade pemerintahan otoriter, Indonesia menganut demokrasi pada tahun 1998 dan mengadopsi filosofi nasional tentang kesetaraan dan persatuan nasional yang diabadikan dalam konstitusi negara, Panjasila.

Meskipun merupakan negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, Indonesia adalah negara sekuler dengan pemisahan konstitusional antara agama dan negara. Meski demikian, partai politik kerap menggunakan agama dalam taktik kampanyenya.

Parlemen memainkan peran yang relatif subordinat dalam pengambilan keputusan, dimana presiden mempunyai kekuasaan dalam pengambilan kebijakan.

Menurut aturan pemilu di Indonesia, calon presiden memerlukan 50% dari total suara di setiap provinsi dan setidaknya 20% suara untuk memenangkan suara.

Untuk memasuki parlemen, partai politik harus memperoleh 4% suara.

Tampaknya hasil sementara KPU akan dirilis pada malam 14 Februari.

Mungkin diperlukan waktu hingga 35 hari sebelum keputusan resmi akhir diumumkan.

Jika tidak ada calon presiden yang memperoleh 50% suara, persaingan antara dua tempat pertama akan dilanjutkan ke putaran kedua dan terakhir pada bulan Juni.

Presiden baru akan mulai menjabat pada bulan Oktober.

Indonesia: Banjir Mengungsi 20.000 Orang, Pemungutan Suara Diblokir

Browser ini tidak mendukung elemen video.

Organisasi independen hak asasi manusia Komnas HAM menyebut ada 17 kelompok yang bisa menghadapi tantangan dalam menggunakan hak pilihnya.

Mereka antara lain adalah penyandang disabilitas, komunitas LGBTQ, komunitas adat, dan agama minoritas.

Di Provinsi Sumatera Utara, Komnas HAM menemukan adanya diskriminasi terhadap pemilih LGBTQ.

Karena ada pernyataan pimpinan daerah yang menyatakan Medan sebagai kota bebas LGBTQ, maka anggota komunitas LGBTQ merasa tidak aman (untuk memilih), kata pejabat Komnas HAM Bramono Ubaid Tantovi seperti dikutip media lokal detikcom. Mereka berkata.

READ  Kestabilan mata Indus dan Chen sebagai fokus kembali ke Indonesia Open

Penyandang disabilitas juga akan lebih kecil kemungkinannya untuk memilih, kata Kigin B. dari Komisi Nasional Penyandang Disabilitas Indonesia. Tariqan mengatakan, menunjukkan bahwa KPU belum melakukan upaya yang cukup untuk mendaftarkan penyandang disabilitas sebagai pemilih.

“Kurangnya akses dan bantuan menghalangi penyandang disabilitas untuk terdaftar sebagai pemilih yang memenuhi syarat,” kata Tariqan kepada DW.

Yovinus Guntur di Surabaya berkontribusi pada laporan ini.

Diedit oleh: Srinivas Majumtaru