Juli 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Polisi mendorong petugas untuk menggerebek dokumen pemilu

Polisi mendorong petugas untuk menggerebek dokumen pemilu

Petugas polisi didorong dan bentrok dengan hakim Pengadilan Pemilihan Umum Guatemala pada hari Sabtu ketika jaksa berusaha menyita daftar penghitungan suara dalam pemilihan presiden bulan Agustus. Ada adegan mengerikan ketika para hakim memegang erat-erat kotak-kotak itu, sementara polisi berusaha mengeluarkannya sebagai bagian dari penggerebekan untuk menyelidiki klaim palsu mengenai kecurangan pemungutan suara. Para pengamat mengatakan pada saat itu mereka tidak melihat bukti adanya penipuan semacam itu, dan sebagian besar orang di Guatemala melihatnya sebagai upaya untuk melemahkan atau mendiskualifikasi kandidat pemenang, Bernardo Arevalo, lapor AP. Hakim Minor Franco, 70, yang mengenakan jas dan dasi, menolak melepaskan cengkeramannya pada kotak suara pada hari Sabtu, bahkan ketika seorang agen yang jauh lebih muda mencoba untuk menjauhkannya.

Hakim Blanca Alfaro mengimbau petugas tidak mengambil kotak tersebut karena mewakili kemauan pemilih. Dia didorong dan sempat terjatuh ke tanah selama perkelahian. Peristiwa hari Sabtu terjadi selama penggerebekan terakhir yang dilakukan oleh Jaksa Consuelo Porras dan Jaksa Rafael Corochici. Kelompok internasional mengatakan upaya tersebut bertujuan untuk membatalkan atau mendistorsi hasil pemilu Organisasi Negara-negara Amerika Dia mengungkapkan kritiknya pada hari Jumat.

Porras mengambil alih jabatan jaksa pada tahun 2018, dan pada tahun 2021 pemerintah AS menjatuhkan sanksi kepadanya karena menjadi aktor yang tidak demokratis dan merusak penyelidikan korupsi. Dia membantah melakukan kesalahan apa pun. Kantor Porras sedang melakukan penyelidikan mengenai bagaimana Gerakan Benih Arevalo mengumpulkan tanda tangan yang diperlukan untuk mendaftar beberapa tahun yang lalu, serta tuduhan kecurangan pemilu yang menurut pengamat independen tidak berdasar. (Baca lebih banyak cerita Guatemala.)