Juni 26, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Polandia berhenti mengirim senjata ke Ukraina di tengah perang gandum, kata Warsawa – Politico

Polandia berhenti mengirim senjata ke Ukraina di tengah perang gandum, kata Warsawa – Politico

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengumumkan pada hari Rabu bahwa Warsawa telah berhenti memasok senjata ke Kiev dan malah berfokus pada mempersenjatai diri, di tengah perselisihan mengenai ekspor pertanian ke Ukraina.

“Kami tidak lagi mentransfer senjata ke Ukraina, karena kami sekarang mempersenjatai Polandia dengan senjata yang lebih modern,” kata Morawiecki dalam pidatonya. penampilan Di saluran TV Polandia Polsat berdasarkan Pravda Eropa. “Jika Anda tidak ingin bersikap defensif, Anda harus mempunyai sesuatu untuk membela diri,” tambahnya, seraya menekankan bahwa langkah ini tidak akan membahayakan keamanan Ukraina.

Komentar singkat Morawiecki muncul ketika ketegangan antara Kiev dan Uni Eropa meningkat selama seminggu terakhir, setelah Komisi Eropa mengizinkan penjualan gandum Ukraina di seluruh blok, mengakhiri pembatasan impor gandum yang awalnya diupayakan oleh lima negara Uni Eropa bagian timur untuk melindungi petani mereka dari persaingan. .

Polandia, Hungaria dan Slovakia menanggapi langkah Komisi ini dengan memberlakukan larangan sepihak terhadap impor biji-bijian Ukraina, yang jelas-jelas melanggar aturan pasar internal UE. Kiev menanggapinya dengan mengajukan tuntutan hukum terhadap tiga negara di Organisasi Perdagangan Dunia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada hari Selasa memberikan kecaman terselubung terhadap mereka yang menerapkan embargo gandum, dengan mengatakan kepada Majelis Umum PBB: “Sungguh menyedihkan melihat bagaimana beberapa orang di Eropa, beberapa teman kita di Eropa, mewujudkan solidaritas dalam teater politik – sehingga menghasilkan sebuah ‘thriller’ Dari biji-bijian. Mereka mungkin tampak memainkan peran mereka sendiri, namun kenyataannya mereka membantu membuka jalan bagi perwakilan Moskow.”

Meskipun Zelensky tidak secara spesifik menyebutkan nama Polandia, Warsawa memanggil duta besar Kiev untuk Kementerian Luar Negeri sebagai tanggapan.

Morawiecki juga mengeluarkan “peringatan” kepada “otoritas Ukraina” sebelumnya kata Polsat“Jika mereka ingin meningkatkan konflik seperti ini, kami akan menambahkan produk tambahan ke dalam larangan impor ke Polandia. Pihak berwenang Ukraina tidak memahami betapa mengganggu stabilitas industri pertanian Polandia.”

READ  Bagaimana serangan Houthi di Laut Merah mengganggu lalu lintas pelayaran global?

Polandia berada di tengah-tengah kampanye berisiko tinggi menjelang pemilu bulan depan, dengan pemerintahan sayap kanan Hukum dan Keadilan bersaing untuk terpilih kembali. Meskipun Warsawa pada awalnya mendukung kampanye untuk membantu Kiev menangkis upaya invasi Rusia, dukungan penuh tersebut berkurang karena konsekuensi mendukung Ukraina bagi para petani menjadi lebih jelas.