Mei 29, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Perusahaan Perseroan Persero PT Telekomunikasi Indonesia Tbk : Laporan Keuangan (Audited) TA 2022

Perusahaan Perseroan Persero PT Telekomunikasi Indonesia Tbk : Laporan Keuangan (Audited) TA 2022

Laporan ini awalnya diterbitkan dalam bahasa Indonesia.

Laporan Auditor Independen (Lanjutan)

Laporkan no. 00351/2.1032/AU.1/06/0687-1/1/III/2023 (Lanjutan)

Masalah Audit Utama (Lanjutan)

Kami melaksanakan tanggung jawab yang dijelaskan dalam Tanggung Jawab Auditor atas Audit atas Laporan Keuangan Konsolidasi dalam laporan kami, termasuk masalah audit utama yang dijelaskan di bawah ini. Oleh karena itu, audit kami mencakup pelaksanaan prosedur yang dirancang untuk menanggapi penilaian kami atas risiko kesalahan penyajian material dalam laporan keuangan konsolidasi. Hasil dari prosedur audit kami, termasuk prosedur untuk menangani hal pokok audit di bawah ini, memberikan dasar bagi pendapat kami atas laporan keuangan konsolidasian terlampir.

Penilaian aset tetap mengestimasi masa manfaat

Deskripsi masalah audit utama:

Pada tanggal 31 Desember 2022, persediaan aset tetap konsolidasian Grup adalah sebesar Rp173.329 miliar. Seperti dibahas dalam catatan 2ac dan 11 pada laporan keuangan terlampir, Grup menelaah taksiran masa manfaat aset tetap setiap tahun dan memperbarui taksiran tersebut jika ekspektasi berbeda dari estimasi sebelumnya karena ekspektasi pemakaian dan kerusakan fisik. , keusangan teknis atau komersial, dan pembatasan hukum atau lainnya atas penggunaan properti dan peralatan secara terus-menerus.

Mengaudit estimasi masa manfaat aset tetap Grup merupakan hal yang kompleks dan membutuhkan pertimbangan yang signifikan karena penentuan estimasi masa manfaat mempertimbangkan banyak faktor, termasuk rencana bisnis strategis, perkembangan teknologi masa depan yang diantisipasi dan perilaku pasar.

Jawaban Pemeriksaan:

Kami memahami dan meninjau desain pengendalian internal atas pengoperasian estimasi masa manfaat aset tetap Grup dan menguji efektivitas operasional. Sebagai contoh, kami menguji pengendalian penelaahan manajemen atas verifikasi kelengkapan dan akurasi data klasifikasi aset dan mengevaluasi kesesuaian penilaian mengenai data yang paling relevan untuk dipertimbangkan dalam menentukan masa manfaat.

READ  Atlet Indonesia bebas doping: IATO

Untuk menguji apakah estimasi masa manfaat aset tetap yang digunakan oleh manajemen adalah wajar, prosedur audit kami mencakup, antara lain, memperoleh pemahaman tentang strategi manajemen mengenai pengalihan aset dan mengevaluasi kewajaran asumsi tersebut dengan mempertimbangkan sumber eksternal seperti telekomunikasi. Perkembangan teknologi, perubahan permintaan pasar dan tren ekonomi dan peraturan saat ini. Kami menilai potensi sumber informasi yang bertentangan dengan melakukan analisis pembandingan estimasi masa manfaat aset tetap terhadap perusahaan publik lainnya di industri telekomunikasi.