Mei 19, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Perdana Menteri Slovakia Robert Fico berada dalam kondisi stabil namun serius setelah tertembak, kata dokter

Perdana Menteri Slovakia Robert Fico berada dalam kondisi stabil namun serius setelah tertembak, kata dokter
  • Oleh Malu Corsino dan Sarah Rainsford, di Bratislava
  • berita BBC

Penjelasan video, Perdana Menteri Slovakia berjuang untuk hidupnya setelah ditembak

Kondisi Perdana Menteri Slovakia Robert Fico stabil namun serius setelah dia ditembak beberapa kali pada hari Rabu, kata dokter.

Wakil Perdana Menteri Robert Kalinac menambahkan bahwa cedera yang dialami Fico “kompleks”.

Sebelumnya, Fico, 59, dikabarkan berjuang untuk hidupnya setelah terluka parah dalam serangan di kota kecil Handlova.

Seorang tersangka ditangkap di lokasi penembakan.

Kalinac, yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan, mengatakan: “Para dokter mampu menstabilkan kondisi pasien dalam semalam,” dan menambahkan: “Sayangnya, kondisinya masih sangat serius karena cederanya kompleks.”

Sebelumnya, wakil perdana menteri lainnya, Thomas Taraba, mengatakan kepada BBC bahwa operasi Fiko berjalan “baik” dan “Saya pikir dia akan selamat pada akhirnya.”

Menteri Dalam Negeri Matos Sutaj Istuka menggambarkan insiden itu sebagai upaya pembunuhan bermotif politik.

Fico adalah tokoh yang memecah belah di dalam negeri – dan kontroversial di Uni Eropa – karena seruannya untuk mengakhiri bantuan militer ke Ukraina dan sanksi terhadap Rusia.

Namun kecaman atas penembakan tersebut datang dari mana-mana dan digambarkan sebagai serangan terhadap demokrasi.

Pria bersenjata itu melepaskan tembakan dari jarak dekat

Pria bersenjata itu berada di antara kerumunan kecil pendukung Fico yang berkumpul di luar pusat kebudayaan di Handelova, tempat perdana menteri mengadakan pertemuan.

Penembakan itu mengejutkan petugas keamanan Mr. Fico. Rekaman tersebut menunjukkan Perdana Menteri setelah dia ditembak, digendong oleh sejumlah petugas, yang memasukkannya ke dalam mobil dan membawanya pergi dari tempat kejadian.

Penjelasan video, Sesaat sebelum Perdana Menteri Slovakia tertembak

Pria bersenjata itu melepaskan lima tembakan dari jarak dekat, melukai perut dan lengan Fico.

Setelah penembakan, dia dibawa ke rumah sakit dan menghabiskan beberapa jam di operasi “berjuang untuk hidupnya,” menurut Kalinak.

Pada Rabu malam, Taraba mengatakan kepada program Newshour BBC bahwa Fico “tidak ada di sana”. [a] “Situasinya saat ini mengancam jiwa.”

Dia menambahkan bahwa perdana menteri terluka “dari jarak yang sangat dekat” dan “satu peluru masuk ke perutnya dan peluru kedua mengenai sendi.”

Polisi belum menetapkan tersangka yang diduga. Laporan media lokal yang belum dikonfirmasi menyebutkan bahwa dia adalah seorang penulis dan aktivis politik berusia 71 tahun.

Sebuah video yang beredar luas di media Slovakia diduga memperlihatkan tersangka.

Pria tersebut mengatakan dalam rekaman bahwa dia tidak setuju dengan kebijakan pemerintah dan sikap pemerintah terhadap media pemerintah. BBC tidak mengetahui apakah orang yang ditampilkan dalam video tersebut adalah pelaku yang ditangkap di lokasi kejadian atau keadaan di mana dia difilmkan.

Penembakan itu terjadi pada hari Parlemen mulai membahas usulan pemerintah untuk menghapuskan lembaga penyiaran publik Slovakia, RTVS.

Ribuan warga Slovakia memprotes usulan reformasi lembaga penyiaran publik dalam beberapa pekan terakhir. Namun, rencana demonstrasi yang dipimpin oposisi dibatalkan pada hari Rabu karena laporan penembakan muncul.

Sumber gambar, Gambar Getty

Komentari foto tersebut, Perdana Menteri Slovakia diterbangkan ke rumah sakit di Banska Bystrica dan menjalani operasi selama beberapa jam

Dalam wawancaranya dengan BBC, Wakil Perdana Menteri Taraba menyalahkan penembakan itu pada “narasi palsu” yang disebarkan oleh partai oposisi Slovakia.

“Perdana Menteri kami telah menyebutkan beberapa kali di masa lalu bahwa dia khawatir hal ini akan terjadi,” kata Taraba dalam wawancara lain dengan program World Tonight BBC.

Menurutnya, Fico memperingatkan bahwa cara “menyerang pemerintah melalui narasi palsu dapat meningkatkan reaksi masyarakat dan mengarah pada hal seperti ini.”

Parlemen sedang bersidang pada saat serangan terjadi, dan media Slovakia melaporkan bahwa salah satu rekan Fico di partainya meneriaki anggota parlemen oposisi dan menuduh mereka yang memicu serangan tersebut.

Menteri Dalam Negeri Stock menuduh media berkontribusi terhadap iklim yang menyebabkan penembakan pria berusia 59 tahun itu, dan mengatakan pada konferensi pers: “Banyak dari Anda yang menabur kebencian ini.”

Istok menambahkan bahwa dia percaya “pembunuhan ini [attempt] “Itu bermotif politik.”

Menanggapi berita serangan tersebut, Presiden Slovakia Zuzana Caputova mengatakan: “Sesuatu yang sangat serius telah terjadi sehingga kita bahkan belum menyadarinya.”

Dia menambahkan: “Ujaran kebencian yang kita saksikan di masyarakat mengarah pada tindakan kebencian.”

Dewan Keamanan Negara dijadwalkan bertemu di Slovakia, dan pemerintah akan bertemu pada Kamis pagi setelah upaya pembunuhan tersebut.

READ  Bencana kapal Yunani menyebabkan sedikitnya 78 orang tewas dan ratusan hilang