Juli 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Perdana Menteri Italia: Kemitraan yang kuat dengan Tiongkok lebih penting daripada Inisiatif Satu Sabuk Satu Jalan

Perdana Menteri Italia: Kemitraan yang kuat dengan Tiongkok lebih penting daripada Inisiatif Satu Sabuk Satu Jalan

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni tampak saat dia disambut oleh Presiden AS Joe Biden (tidak dalam gambar) di Ruang Oval Gedung Putih di Washington pada 27 Juli 2023. REUTERS PHOTO/Jonathan Ernst/File Memperoleh hak lisensi

ROMA, 10 September (Reuters) – Hubungan Italia dengan Tiongkok lebih dari sekadar Inisiatif Sabuk dan Jalan, kata Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni pada Minggu, seraya menambahkan bahwa keputusan akhir untuk menarik diri dari Inisiatif Sabuk dan Jalan belum dibuat.

Media Italia sebelumnya melaporkan pada hari ini bahwa Italia akan menarik diri dari Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative) dan sebaliknya akan berupaya merevitalisasi Perjanjian Kemitraan Strategis dengan Tiongkok, yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, dan yang pertama kali ditandatangani pada tahun 2004.

Italia adalah satu-satunya negara G7 yang menandatangani Inisiatif Sabuk dan Jalan, sebuah rencana perdagangan dan infrastruktur global yang meniru Jalur Sutra kuno yang menghubungkan kekaisaran Tiongkok dengan Barat.

Italia memegang kursi kepresidenan G7 tahun depan, dan membentuk kembali hubungannya dengan Beijing akan menenangkan sekutu-sekutu Baratnya, yang takut akan pengaruh Tiongkok, sekaligus mengurangi risiko reaksi keras dari Beijing.

Meloni mengatakan dalam konferensi pers di akhir kerja G20, “Ada negara-negara Eropa yang tidak menjadi bagian dari Belt and Road dalam beberapa tahun terakhir, namun mereka mampu membangun hubungan yang lebih positif (dengan Tiongkok) dibandingkan yang terkadang berhasil kita capai. .” KTT negara-negara ekonomi utama dunia di New Delhi.

Meloni bertemu dengan Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang pada hari Sabtu di sela-sela G20 dan menggambarkan pembicaraan tersebut sebagai pembicaraan yang sopan dan konstruktif.

“Masalahnya adalah bagaimana memastikan kemitraan yang saling menguntungkan, mengesampingkan keputusan yang akan kita ambil mengenai Inisiatif Sabuk dan Jalan,” tambahnya.

READ  Biden bertemu dengan putra mahkota Saudi meskipun janji 'tak tersentuh'

Meloni mengatakan bahwa Tiongkok memperbarui undangannya untuk mengunjungi Beijing, namun tanggalnya belum ditentukan.

Dia menambahkan bahwa pemerintah Italia juga telah diundang untuk menghadiri Forum Inisiatif Sabuk dan Jalan yang akan diselenggarakan oleh Tiongkok pada bulan Oktober.

Politisi Italia mempertanyakan nilai perjanjian Inisiatif Sabuk dan Jalan yang ditandatangani oleh pemerintahan sebelumnya pada tahun 2019.

Dalam pernyataannya pada hari Sabtu, kantor Meloni merujuk pada peringatan 20 tahun kemitraan strategis global terpisah yang ditandatangani oleh Tiongkok dan pemerintah yang dipimpin oleh Silvio Berlusconi pada tahun 2004.

(Laporan oleh Keith Weir dan Giuseppe Fonte) Penyuntingan oleh Mark Heinrich

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru