Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Perang antara Rusia dan Ukraina: Zelensky menuduh Tiongkok membantu Rusia mengganggu pembicaraan perdamaian yang akan datang

Perang antara Rusia dan Ukraina: Zelensky menuduh Tiongkok membantu Rusia mengganggu pembicaraan perdamaian yang akan datang

SINGAPURA (AP) — Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Minggu menuduh Tiongkok membantu Rusia mengganggu kesepakatan yang akan datang. Konferensi perdamaian yang diselenggarakan oleh Swiss Tentang perang di Ukraina.

Berbicara pada Konferensi Keamanan Asia yang pertama, Zelensky mengatakan Tiongkok menekan negara-negara lain dan para pemimpin mereka untuk tidak menghadiri pembicaraan mendatang. Dia tidak mengatakan semua itu.

“Rusia, yang memanfaatkan pengaruh Tiongkok di kawasan ini, dan juga menggunakan diplomat Tiongkok, melakukan segalanya untuk menggagalkan pertemuan puncak perdamaian,” katanya pada konferensi pers di Forum Pertahanan Shangri-La. Ia menambahkan, “Sangat disayangkan negara besar, mandiri, dan kuat seperti Tiongkok menjadi alat di tangan (pemimpin Rusia Vladimir) Putin.”

Tiongkok bertaruh pada apa yang dikatakannya sebagai posisi netral perangHal ini membuatnya berselisih dengan Ukraina, Amerika Serikat, dan sebagian besar negara Eropa. Perdagangannya dengan Rusia telah meningkat, mengurangi dampak ekonomi dari sanksi-sanksi Barat. Badan-badan intelijen Amerika, Ukraina, dan lainnya mengatakan ada bukti bahwa suku cadang Tiongkok digunakan sebagai senjata Rusia, meskipun Tiongkok tidak secara langsung mempersenjatai tetangganya.

Pihak Swiss berharap Tiongkok akan menghadiri konferensi perdamaian pada pertengahan Juni, namun juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Mao Ning Dia menunjukkan pada hari Jumat Bahwa hal ini tidak mungkin terjadi. Tiongkok menyerukan konferensi perdamaian dengan partisipasi setara dari semua pihak, termasuk Rusia, yang tidak diundang.

“Masih ada kesenjangan yang jelas antara pengaturan pertemuan dan tuntutan pihak Tiongkok, serta harapan umum masyarakat internasional,” kata Mao. “Hal ini mempersulit Tiongkok untuk berpartisipasi dalam pertemuan tersebut.”

Kementerian Luar Negeri tidak segera menanggapi permintaan komentar atas tuduhan Zelensky.

“Ini bukan hanya dukungan untuk Rusia, ini pada dasarnya adalah dukungan untuk perang,” kata pemimpin Ukraina itu mengenai tekanan yang diberikan Tiongkok terhadap negara lain.

READ  Punya kecemasan terhadap iklim? Di KTT PBB, ada tempat yang tenang dan spiritual.

Dalam pidatonya di konferensi keamanan pada hari sebelumnya, Zelensky mendesak para pejabat senior pertahanan untuk menghadiri pembicaraan mendatang di Swiss, dan mengatakan bahwa dia kecewa dengan kegagalan beberapa negara berkomitmen untuk bergabung.

Menteri Pertahanan Tiongkok Dong Jun berbicara Zelensky menerimanya di konferensi Shangri-La, namun tidak ada di ruangan saat Zelensky mengajukan bandingnya.

Zelensky mengatakan Ukraina memiliki proposal untuk dipresentasikan di KTT tersebut sebagai dasar perdamaian, mengatasi keamanan nuklir, ketahanan pangan, pembebasan tawanan perang dan kembalinya anak-anak Ukraina yang diculik oleh Rusia.

Dia menambahkan: “Waktu hampir habis, dan anak-anak tumbuh di tanah Putin dimana mereka belajar membenci tanah air mereka.”

Sementara itu, Zelensky mengatakan bahwa Ukraina “siap mendengarkan berbagai usulan dan gagasan yang membawa kita…untuk mengakhiri perang dan menuju perdamaian yang berkelanjutan dan adil.”

Semakin besar keterlibatannya, tambahnya, semakin besar kemungkinan Rusia terpaksa mendengarkan.

Dia berkata: “Mayoritas global, dengan partisipasinya, dapat memastikan implementasi dari apa yang telah disepakati.”

Zelensky mengatakan dia bermaksud untuk bertemu secara individu dengan Perdana Menteri Singapura dan akan mendesaknya untuk berpartisipasi secara pribadi dalam perundingan Swiss.

“Hal yang sama berlaku untuk negara-negara di kawasan ini,” ujarnya melalui seorang penerjemah. “Kami sangat mengandalkan dukungan Anda untuk pertemuan puncak ini, dan Anda akan hadir di Swiss.”

Dua pejabat senior pemerintah Filipina mengatakan dia mungkin melakukan perjalanan dari Singapura ke Manila untuk mengundang Presiden Ferdinand Marcos Jr. untuk menghadiri pertemuan puncak secara langsung.

Salah satu pejabat, yang berbicara tanpa menyebut nama karena dia tidak berwenang untuk membicarakan masalah tersebut, mengatakan para pejabat Ukraina telah memberi tahu Filipina tentang niat Zelensky untuk pergi, namun kunjungan tersebut tidak pasti karena rencana perjalanan presiden Ukraina terus berubah.

READ  Grant Shapps mendapat pekerjaan bertahan di belakang dalam perombakan kecil

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen, yang berbagi podium dengan Zelensky, tidak mengatakan apakah para pemimpin negaranya akan hadir, namun mencatat bahwa Singapura mengutuk invasi tersebut dan telah menyediakan ambulans militer kepada Ukraina.

Beliau berkata: “Kami mendukung Anda, dan saya percaya bahwa penampilan Anda di Dialog Shangri-La ini adalah contoh dari apa yang kita semua harapkan, yaitu sistem berbasis aturan yang menjamin keamanan dan kelangsungan hidup negara-negara besar dan kecil. ”

Dong tidak secara spesifik menyebutkan pertemuan Swiss dalam pidatonya di forum tersebut, namun mengatakan, “Mengenai krisis Ukraina, Tiongkok mendorong perundingan perdamaian dengan sikap yang bertanggung jawab.”

Dia menambahkan bahwa Tiongkok tidak menyediakan senjata kepada kedua pihak yang berkonflik.

Dia menambahkan: “Kami tidak melakukan apa pun untuk mengipasi api.” “Kami berdiri teguh di sisi perdamaian dan dialog.”

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin duduk di barisan depan ketika Zelensky berbicara. di dalam Alamat hari Sabtu“Perang agresif Putin telah memberi kita gambaran tentang dunia yang tidak kita inginkan,” kata Austin pada konferensi keamanan.

“Kami semua terinspirasi oleh keberanian pasukan Ukraina dan ketangguhan rakyat Ukraina,” kata Austin. “Orang-orang di seluruh dunia bergegas membantu Ukraina mempertahankan diri, termasuk negara-negara di Indo-Pasifik.”

___

Moritsugu melaporkan dari Hong Kong. Penulis Associated Press Jim Gomez di Manila, Filipina, berkontribusi.