Juli 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Perang antara Israel dan Gaza: PBB mengatakan seorang karyawan India terbunuh di Gaza

Perang antara Israel dan Gaza: PBB mengatakan seorang karyawan India terbunuh di Gaza

Sumber gambar, Gambar Getty

Komentari foto tersebut, Kendaraan PBB di Jalur Gaza pada bulan April tahun ini

PBB mengatakan salah satu anggota stafnya tewas dan seorang lainnya terluka ketika mereka menuju ke rumah sakit di Gaza selatan pada hari Senin.

Misi India untuk PBB di New York mengidentifikasi karyawan tersebut sebagai Kolonel Waibhav Kale, yang bekerja di Departemen Keselamatan dan Keamanan PBB di Gaza.

PBB mengatakan para pekerja tersebut sedang dalam perjalanan dengan kendaraan PBB menuju Rumah Sakit Eropa dekat Rafah ketika rumah sakit tersebut dibom.

Namun tidak disebutkan siapa yang diyakini bertanggung jawab atas serangan tersebut.

PBB mengatakan kematian seorang pegawai internasional PBB di Gaza adalah yang pertama sejak awal konflik.

Tentara Israel mengatakan penyelidikan awal menunjukkan bahwa kendaraan tersebut ditembak di zona tempur aktif dan tidak diberitahu jalurnya.

Namun PBB mengatakan kendaraan itu ditandai dengan jelas dan pihak berwenang Israel telah diberitahu sebelumnya mengenai rencana pergerakannya.

Rolando Gomez, juru bicara PBB di Jenewa, mengatakan bahwa PBB memberi tahu otoritas Israel tentang pergerakan semua konvoinya di Gaza.

“Ini prosedur operasi standar. Ini yang terjadi kemarin pagi,” kata Gomez dalam konferensi pers.

Rekaman yang diposting di media sosial dan diverifikasi oleh BBC menunjukkan sebuah kendaraan bertanda PBB dengan banyak lubang di luar Rumah Sakit Eropa.

Tentara Israel membenarkan bahwa mereka menerima laporan dari Departemen Keselamatan dan Keamanan PBB yang menyatakan bahwa dua pekerjanya terluka di daerah Rafah – di selatan Jalur Gaza – pada hari Senin.

Misi India untuk PBB di New York mengatakan mereka menyampaikan “belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga” Kolonel Kale, yang menurut laporan media India adalah mantan anggota tentara India.

Farhan Haq, juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia “sangat sedih” ketika mengetahui kematian pekerja tersebut dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga mereka. penyataan.

“Sekretaris Jenderal mengutuk semua serangan terhadap personel PBB dan menyerukan penyelidikan penuh,” tambah Haq.

Dalam pernyataan terpisah, Guterres mengatakan lebih dari 190 staf PBB telah terbunuh di Gaza sejak perang dimulai.

Meskipun Kolonel Cali adalah korban internasional pertama PBB, enam pekerja bantuan internasional dan seorang rekan Palestina dari badan amal pangan internasional World Central Kitchen tewas dalam serangan Israel pada awal April.

Kematian mereka memicu kecaman internasional, dan tentara Israel memecat dua perwira senior atas insiden tersebut, yang digambarkan sebagai “insiden serius.”

Israel melancarkan kampanye militer di Gaza dengan tujuan untuk menghancurkan Hamas – yang menguasai Gaza – sebagai tanggapan atas serangan lintas batas kelompok tersebut di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan 252 lainnya disandera.

Lebih dari 35.090 orang telah terbunuh di Gaza sejak itu, menurut Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas di Jalur Gaza.