Februari 27, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pengunjuk Rasa Pipa Nebraska, Pegiat Lingkungan Hidup Indonesia Menerima Penghargaan Terobosan Iklim

Pengunjuk Rasa Pipa Nebraska, Pegiat Lingkungan Hidup Indonesia Menerima Penghargaan Terobosan Iklim

Omaha, Neb. (AP) — Seorang pemimpin politik dan penentang pipa minyak dari Midwest AS dan seorang aktivis lingkungan hidup dari Indonesia ditunjuk sebagai penerima hibah tahunan oleh organisasi aksi iklim nirlaba yang berbasis di San Francisco.

Jane Gleib, ketua Partai Demokrat Nebraska dan pendiri kelompok oposisi saluran pipa Bold Nebraska, adalah penerima Penghargaan Kemajuan Iklim Amerika yang ketiga, yang diambil dari nama organisasi tersebut. Geeta Syahrani, yang baru-baru ini memimpin organisasi untuk mempercepat pembangunan berkelanjutan di Indonesia, adalah penerima kedua di negara ini. Climate Progress mengumumkan penghargaan tersebut dalam siaran persnya pada hari Rabu.

Gleib dan Chiahrani masing-masing akan menerima hibah sebesar $3 juta, serta pendanaan terpisah untuk penggalangan dana, dukungan hukum dan komunikasi, serta upaya lainnya. Penerima beasiswa yang memenuhi syarat juga dapat menerima hibah pendamping sebesar $600,000 pada akhir periode hibah tiga tahun untuk menarik dana tambahan dan lebih lanjut mendukung pekerjaan mereka.

Gleip adalah tokoh kunci dalam perjuangan selama 12 tahun untuk berhasil menyelesaikan pipa Keystone XL, yang akan membawa 830.000 barel per hari pasir minyak mentah dari Kanada melalui Midwest ke kilang dan terminal ekspor di Teluk Meksiko. . Dia juga membantu memimpin upaya yang berhasil untuk menentang jaringan pipa penangkap karbon dioksida di Midwest.

Upayanya melalui Bolt Nebraska menyatukan koalisi yang tidak biasa yang terdiri dari petani dan peternak, suku asli Amerika, dan pemerhati lingkungan untuk merebut tanah melalui domain terkemuka bagi perusahaan minyak dan bahan bakar untuk membangun jaringan pipa. Para penentang khawatir potensi kebocoran pipa tidak hanya akan mencemari lahan tempat mereka dibangun, tetapi juga merembes ke air tanah.

READ  Indonesia uraikan rencana batasi pertumbuhan pabrik peleburan nikel - lapor

Rencana Gleip untuk hibah tersebut termasuk menciptakan dividen yang memberikan pembayaran tahunan kepada penduduk kota-kota pedesaan yang menghasilkan energi bersih. Dia berencana untuk mempromosikan proyek-proyek energi bersih di kota-kota pedesaan di seluruh Amerika dan memastikan bahwa proyek-proyek tersebut menghormati hak milik.

“Menghentikan jaringan pipa berbahaya yang tidak memiliki aliansi selama dekade terakhir telah mengubah lanskap pengorganisasian iklim,” kata Gleip dalam pernyataan tertulisnya. “Saya bersemangat dan siap menghadapi tantangan membangun energi bersih di seluruh pedesaan Amerika dengan model ekonomi dan budaya baru yang mewujudkan kemandirian energi dan keadilan lahan.”

Siahrani mengumpulkan beragam jaringan mitra secara global untuk membantu beberapa kabupaten di Indonesia mencapai tujuan menyelamatkan setidaknya 5,5 juta hektar (13,5 juta hektar) hutan dan 2 juta hektar (4,9 juta hektar) padang rumput pada tahun 2030. Membantu memulai 100 bisnis berbasis alam di kawasan hutan dan lahan gambut pada tahun 2026 dan kampanye kesadaran masyarakat.

“Jika kita berhasil, kita akan memiliki pemimpin yang antusias, wirausahawan baru, dan payung kebijakan untuk mengintegrasikan inovasi berbasis alam dan pendekatan bioekonomi ke dalam rencana pembangunan di yurisdiksi tersebut,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Climate Breakthrough, sebuah organisasi nirlaba berbasis di San Francisco yang didirikan pada tahun 2016, telah memberikan hibah jutaan dolar kepada 19 orang selama tujuh tahun terakhir. Donornya termasuk David and Lucille Packard Foundation, IKEA Foundation, dan JPB Foundation.