Juli 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Penerbangan Selandia Baru-Indonesia akan dilanjutkan: Menteri Pariwisata

Penerbangan Selandia Baru-Indonesia akan dilanjutkan: Menteri Pariwisata

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaka Salahuddin Uno membuka kembali rute penerbangan Selandia Baru-Indonesia, Selasa.

“Rute penerbangan Auckland-Denpasar sudah dibuka kembali mulai 29 Maret (2023),” kata Uno di sini.

Menurutnya, wisatawan mancanegara asal Selandia Baru merupakan wisatawan yang berkualitas karena memberikan dampak positif bagi pariwisata dan ekonomi kreatif negara tersebut.

Ia menjelaskan wisatawan Selandia Baru banyak menghabiskan waktu dan tinggal lebih lama, dengan lama tinggal mencapai 10,3 hari dan rata-rata pengeluaran mencapai US$1.376 per orang, setara dengan wisatawan Eropa.

Dengan dibukanya kembali rute Auckland-Denpasar, Air New Zealand akan mengoperasikan penerbangan tiga kali seminggu, setiap Rabu, Jumat, dan Minggu, serta mengangkut 255 penumpang per penerbangan.

Menteri mengatakan Selandia Baru merupakan salah satu pasar potensial untuk industri pariwisata, karena lebih dari 131 ribu warga Selandia Baru mengunjungi Indonesia sebelum pandemi COVID-19.

Kementerian bertujuan untuk menarik 150.000 warga Selandia Baru ke Indonesia selama dua hingga tiga tahun ke depan.

Selain rute Selandia Baru-Indonesia, UNO mengungkapkan beberapa rute internasional akan dibuka ke Indonesia, antara lain rute AirAsia Jakarta-Phnom Penh (mulai 19 April) dan rute Jakarta-Kuala Lumpur TransNusa (mulai 14 April). .

“Saat ini rute yang dibuka meliputi (operasi) Jakarta-Kolombo SriLanka Airlines tujuh kali seminggu dengan dua ribu kursi seminggu,” ujarnya.

Tahun ini, penerbangan langsung antara Indonesia dan India direncanakan oleh IndiGo di rute Mumbai-Jakarta dan Hyderabad-Kulanamu, ujarnya.

Menurut Badan Pusat Statistik (PBS), jumlah wisman ke Indonesia meningkat dua kali lipat pada 2022 dibandingkan periode pandemi COVID-19 sebelumnya.

Wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia kebanyakan berasal dari negara tetangga seperti Malaysia, Timor Leste, Australia dan Singapura.

READ  Indonesia berkomitmen untuk melindungi keanekaragaman hayati laut di laut lepas

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian telah menetapkan target pendapatan dari pariwisata nasional tahun ini sebesar Rp111,7 triliun.

Berita terkait: Indonesia-Selandia Baru jajaki kerja sama jaminan produk halal
Berita terkait: Selandia Baru pasar strategis bagi industri pariwisata nasional: UNO
Berita terkait: Selandia Baru Sambut Presiden Indonesia G20: Duta Besar

Diterjemahkan oleh: Chinta A, Kensu
Editor: Azis Kurmala
Hak Cipta © ANTARA 2023