Mei 24, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Penemu ponsel melakukan panggilan pertama 50 tahun yang lalu

Penemu ponsel melakukan panggilan pertama 50 tahun yang lalu
  • Ditulis oleh Zoe Kleinman
  • Editor Teknologi

keterangan foto,

Marty Cooper, dengan telepon yang dia gunakan untuk melakukan panggilan telepon pertama

Pada tanggal 3 April 1973, Marty Cooper berdiri di sudut Sixth Avenue di New York dan mengeluarkan buku telepon dari sakunya.

Dia kemudian memasukkan nomor ke perangkat besar berwarna krem ​​​​dan meletakkannya di telinganya saat orang-orang yang melihatnya menatapnya.

Cooper, seorang insinyur di Motorola, menelepon rekannya di Bell Laboratories saingannya untuk memberi tahu dia dengan penuh kemenangan bahwa dia menelepon dari “ponsel genggam pribadi”.

Dia ingat bahwa ada keheningan di akhir baris.

“Saya pikir dia menggertakkan giginya,” kata pria berusia 94 tahun itu sambil tertawa.

Bell Labs malah berfokus pada pengembangan ponsel berbasis mobil, katanya. “Bisakah Anda mempercayainya? Kami telah terjebak di rumah dan kantor kami dengan kabel tembaga ini selama lebih dari 100 tahun – dan sekarang mereka akan menjebak kami di dalam mobil kami!”

keterangan foto,

Salinan komersial ponsel Motorola, pertama kali digunakan oleh Mr. Cooper, dimiliki oleh Museum Ponsel.

Tak perlu dikatakan, Cooper dan Motorola tidak setuju bahwa ini adalah jalan ke depan — dan sejarah telah membuktikan bahwa mereka benar.

Dasar-dasar cara kerja panggilan pertama tidak banyak berubah. Telepon mengubah suara Anda menjadi sinyal listrik, yang memodulasi gelombang radio. gelombang radio menuju tiang; Tiang mengirimkan suara Anda ke orang yang Anda panggil, dan dengan membalik prosesnya, orang tersebut kemudian dapat mendengar Anda berbicara.

Kecuali tidak ada banyak tiang di sekitar saat itu… tetapi Anda mendapatkan idenya.

Versi komersial prototipe Marty Cooper, Motorola Dynatac 8000X, dirilis 11 tahun setelah panggilan pertama itu, pada 1984. Harganya setara dengan £9.500 ($11.700) jika dibeli hari ini, kata Ben Wood, yang menjalankan Museum Seluler.

“Pada dasarnya, ini hanya masalah menekan nomor dan melakukan panggilan,” jelas Wood.

“Tidak ada pesan, tidak ada kamera. Waktu bicara tiga puluh menit, pengisian baterai 10 jam, waktu siaga sekitar 12 jam, dan antena 6 inci (15 cm) di bagian atas.”

Beratnya juga 790g (1,7lbs) – hampir empat kali berat iPhone 14, dengan berat 172g.

keterangan foto,

Zoe Kleinman, dengan beberapa ponsel dari tahun 80-an dan 90-an

Tetap saja, Cooper tetap tidak terkesan dengan desain ponsel tahun 2023 — meskipun dia mengakui bahwa dia tidak pernah meramalkan bahwa suatu hari ponsel akan menjadi “superkomputer” genggam, dengan kamera dan akses Internet.

“Saya pikir ponsel saat ini kurang optimal,” katanya, “Ini benar-benar bukan ponsel yang bagus dalam banyak hal.”

“Pikirkan saja. Anda mengambil sepotong plastik dan kaca yang rata—dan Anda meletakkannya di lekukan kepala Anda; Anda meletakkan tangan Anda dalam posisi yang tidak nyaman; ketika Anda ingin melakukan hal-hal keren yang dapat dilakukannya, Anda harus melakukannya. untuk mendapatkan aplikasi.” [first]. “

Dia percaya bahwa di masa depan, AI akan membuat atau memilih aplikasi untuk pemilik ponsel, tergantung kebutuhan masing-masing.

Dia juga percaya bahwa suatu hari perangkat akan memantau kesehatan kita, meningkatkan produktivitas kita, dan meningkatkan kehidupan kita secara tak terukur.

Dia bahkan menyarankan pada satu titik bahwa mereka mungkin membantu mengakhiri perang.

Terlepas dari keluhannya tentang rekan-rekan modernnya, tampaknya, diam-diam, Mr. Cooper masih terpesona oleh perangkat yang pertama kali dia pegang di telinganya di sudut jalan New York 50 tahun yang lalu.

“Kami masih berada di awal revolusi seluler,” katanya.