Februari 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Penduduk Jepang yang lahir di luar negeri menggugat pemerintah atas dugaan profil rasial

Penduduk Jepang yang lahir di luar negeri menggugat pemerintah atas dugaan profil rasial

Philip Fung/AFP/Getty Images

Ketiga penggugat yang menggugat pemerintah Jepang dengan tuduhan profil rasial berdiri di luar Pengadilan Distrik Tokyo pada 29 Januari 2024.


Tokyo
CNN

Tiga penduduk Jepang yang lahir di luar negeri telah mengajukan tuntutan hukum terhadap pemerintah negara tersebut atas dugaan profil rasial, menyoroti perdebatan yang sedang berlangsung mengenai identitas dan kewarganegaraan Jepang.

Ketiga penggugat, semuanya warga Tokyo, mengajukan gugatan ke Pengadilan Nasional Tokyo dan mengadakan konferensi pers dengan pengacara mereka pada hari Senin, menurut Reuters. Lembaga penyiaran publik NHK.

Gugatan tersebut menuduh bahwa polisi menginterogasi mereka berdasarkan ras, warna kulit, kebangsaan dan faktor lainnya, yang merupakan diskriminasi yang melanggar konstitusi Jepang, NHK melaporkan.

Mereka meminta kompensasi sebesar tiga juta yen (sekitar $20.355) per orang dari pemerintah pusat, pemerintah metropolitan Tokyo, dan pemerintah Prefektur Aichi.

NHK melaporkan bahwa salah satu penggugat datang ke Jepang dari India setelah menikahi istrinya, dan tinggal di sana selama lebih dari 20 tahun. Sejak itu, dia berulang kali dihentikan dan diinterogasi oleh petugas polisi di jalan, terkadang dua kali sehari. Ia mengatakan, menurut pemberitaan Japanese Broadcasting Corporation (NHK), situasinya menjadi sangat buruk sehingga terkadang ia menjadi takut untuk keluar rumah.

“Saya pikir orang-orang di Jepang memiliki gambaran bahwa orang asing yang terlihat seperti orang asing melakukan kejahatan,” kata penggugat lainnya, seorang warga negara Jepang yang lahir di Pakistan, dalam konferensi pers.

Dia menambahkan, menurut apa yang dilaporkan oleh Perusahaan Penyiaran Jepang: “Saya bekerja sama dengan (polisi) karena saya pikir penting untuk menjaga keselamatan publik, tetapi ketika ini terjadi tidak hanya sekali tetapi lebih dari 10 kali, saya benar-benar mulai melakukannya. ragu.”

READ  Analis mengatakan bahwa rudal balistik antarbenua Korea Utara yang baru dapat membuatnya lebih mudah untuk meluncurkan serangan nuklir

Penggugat ketiga adalah pria kelahiran Amerika yang berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Jepang mengenai masalah ini. Menurut Reuters.

Philip Fung/AFP/Getty Images

Ketiga penggugat dan tim kuasa hukumnya berjalan di luar Pengadilan Negeri Tokyo pada 29 Januari 2024.

Ketika dihubungi oleh CNN, pemerintah Aichi menolak mengomentari kasus tersebut – namun mengatakan bahwa petugas polisi menerima pelatihan “penghormatan terhadap hak asasi manusia” dan diwajibkan untuk melaksanakan tugas mereka sesuai dengan hukum hak asasi manusia di prefektur tersebut.

CNN telah menghubungi pemerintah Tokyo untuk memberikan komentar.

Jepang adalah negara yang secara etnis homogen dengan tingkat imigrasi yang relatif rendah, sehingga dalam beberapa tahun terakhir telah menyebabkan pihak berwenang mendorong lebih banyak imigrasi. Penduduk dan pekerja asing Untuk mengisi kesenjangan yang disebabkan oleh penuaan populasi.

Jepang sedang berjuang untuk menyeimbangkan pandangan konservatifnya mengenai imigrasi dengan kebutuhan akan pekerja baru yang lebih muda, meskipun terjadi tahun 2018. Survei bangku Hal ini menunjukkan bahwa 59% masyarakat Jepang percaya bahwa imigran akan membuat negaranya lebih kuat.

Homogenitas etnis yang tinggi di negara ini berarti bahwa orang-orang yang berpenampilan berbeda dapat menarik perhatian dan stigma yang tidak diinginkan dari orang lain meskipun mereka mengidentifikasi diri sebagai orang Jepang – terutama mereka yang berkulit lebih gelap.

Misalnya, Orang yang “hafu” — kata dalam bahasa Jepang untuk “setengah”, mengacu pada mereka yang secara etnis adalah separuh orang Jepang – digambarkan diperlakukan sebagai orang asing meskipun mereka adalah warga negara Jepang.

Jumlah Kontroversi selama bertahun-tahun Hal ini menyoroti prasangka-prasangka tersebut, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang standar kecantikan dan apa artinya menjadi orang Jepang. Pada tahun 2019, perusahaan mie Nissin meminta maaf setelah dituduh melakukan hal tersebut Bintang tenis “pemutihan” Naomi Osaka – yang merupakan keturunan Jepang dan Haiti – dalam iklan animasi menggambarkan dirinya dengan kulit pucat, rambut coklat, dan ciri khas bule.

READ  Rusia memasukkan mantan penulis pidato Putin ke daftar buronan Ukraina | Berita tentang perang antara Rusia dan Ukraina

Dan hanya pada bulan ini Kontes kecantikan nasional Dia menciptakan sensasi dengan menobatkan model kelahiran Ukraina Karolina Shino sebagai “Kecantikan No. 1 Semua Wanita Jepang”. Beberapa kritikus mempertanyakan apakah seseorang yang bukan keturunan Jepang dapat mewakili cita-cita kecantikan negara tersebut.

Namun Shino, seorang warga negara naturalisasi yang telah tinggal di Nagoya sejak ia berusia 5 tahun dan fasih berbahasa Jepang, mengatakan bahwa ia menganggap dirinya “sepenuhnya orang Jepang” dan ingin diakui sebagai orang Jepang.

“Pada akhirnya, kita hidup di era keberagaman – di mana keberagaman dibutuhkan,” katanya.