April 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pendiri Foxconn Terry Gou mengumumkan pencalonannya sebagai presiden Taiwan

Pendiri Foxconn Terry Gou mengumumkan pencalonannya sebagai presiden Taiwan

TAIPEI, 28 Agustus (Reuters) – Terry Gou, miliarder pendiri pemasok utama Apple Inc, Foxconn, pada Senin mengumumkan bahwa ia akan mencalonkan diri sebagai presiden Taiwan pada pemilu Januari mendatang. “pulau berikutnya” Ukraina.

Joe adalah orang keempat yang mencalonkan diri dalam pemilu, namun hasil jajak pendapat yang ia peroleh sebelum pengumumannya menempatkannya di belakang pemimpinnya, William Lai dari Partai Progresif Demokratik yang berkuasa, yang saat ini menjabat sebagai wakil presiden.

Jo, 72, mengundurkan diri sebagai ketua Foxconn pada tahun 2019 dan mengajukan pencalonan presiden pertamanya pada tahun itu, tetapi mengundurkan diri setelah gagal memenangkan nominasi dari partai oposisi utama Taiwan, Kuomintang. KMT secara tradisional menyukai hubungan dekat dengan Tiongkok, yang pemerintahnya mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya.

Awal tahun ini, Gu mengajukan pencalonan kedua untuk menjadi calon presiden KMT, namun partai tersebut memilih Hu Yu-er, walikota New Taipei City, sebagai gantinya.

Jo telah menghabiskan beberapa minggu terakhir berkeliling Taiwan dan mengadakan kampanye, sehingga memicu spekulasi bahwa ia berencana untuk mencalonkan diri sebagai calon independen.

Berbicara di sebuah pusat konvensi di Taipei di bawah dua bendera besar Taiwan, Gu mengkritik Partai Progresif Demokratik.

“Di bawah pemerintahan Partai Progresif Demokratik dalam tujuh tahun terakhir, secara internasional, mereka telah membawa Taiwan ke dalam bahaya perang. Di dalam negeri, kebijakan mereka penuh dengan kesalahan,” kata Gu, seraya menambahkan bahwa “era kekuasaan bisnis ” telah mulai. .

“Beri saya waktu empat tahun dan saya berjanji akan mencapai 50 tahun perdamaian di Selat Taiwan dan membangun fondasi rasa saling percaya yang terdalam di seluruh selat,” katanya dalam seruan kepada pemilih Taiwan.

READ  10 tewas dalam bentrokan saat al-Sadr menarik diri dari politik di Irak, dan para loyalis terpecah belah

Taiwan tidak boleh menjadi Ukraina, dan saya tidak akan membiarkan Taiwan menjadi Ukraina berikutnya.

Partai Progresif Demokratik membela identitas Taiwan yang terpisah dari Tiongkok, namun pemerintah yang dipimpin partai tersebut telah berulang kali menawarkan pembicaraan dengan Tiongkok, namun ditolak.

Hindari perang

Tema utama Zhou dalam acara-acara menjelang kampanye pemilihannya adalah bahwa satu-satunya cara untuk menghindari perang dengan Tiongkok, yang mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya, adalah dengan menggulingkan DPP dari jabatannya.

Gu harus mengumpulkan hampir 300.000 tanda tangan dari pemilih pada tanggal 2 November untuk menjadi kandidat independen, menurut peraturan pemilu. Komisi Pemilihan Umum Pusat akan meninjau tanda tangan dan mengumumkan hasilnya pada 14 November.

Huang Kuipu, profesor diplomasi di Universitas Nasional Chengchi di Taipei dan mantan wakil sekretaris jenderal Kuomintang, mengatakan pencalonan Gu berisiko semakin memecah belah suara oposisi.

“Setiap perpecahan di pihak non-DPP akan berarti kemenangan pasti Lai pada bulan Januari,” kata Huang.

Mantan Walikota Taipei Ko Wen-jie dari Partai Rakyat Taiwan menempati peringkat kedua dalam jajak pendapat secara keseluruhan, sementara Hu berada di urutan ketiga. Sebuah jajak pendapat yang dilakukan online oleh surat kabar My Formosa minggu lalu menyebutkan tingkat persetujuan terhadap Joe hanya 12 persen.

Cho mengulangi seruan “persatuan” di antara partai-partai oposisi, mendesak Ko dan Hu untuk duduk bersamanya dan mendiskusikan rencana untuk menggabungkan kekuatan guna memenangkan pemilu melawan DPP.

Namun, KMT menyatakan “penyesalan mendalam” karena Gu bersembunyi dan mendesaknya untuk mendukung kandidat dari partai tersebut, Hu.

READ  Direktur Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa peningkatan virus corona di China bukan karena pencabutan pembatasan

Hu mengatakan kepada wartawan bahwa “sikapnya dalam mencalonkan diri sebagai presiden tidak pernah berubah” dan dia fokus untuk memajukan misi yang ditetapkan oleh partai tersebut.

Partai Ko mengatakan mereka menghormati hak Jo untuk mencalonkan diri namun bekerja keras untuk kampanye Ko sendiri.

Menjelang pemilu terjadi pada saat ketegangan meningkat antara Taipei dan Beijing, ketika Tiongkok mengadakan latihan militer rutin di dekat pulau itu untuk menegaskan klaim kedaulatannya.

Saat ditanya soal konflik kepentingan dengan Zhou sebagai pemegang saham utama Foxconn yang memiliki investasi besar di Tiongkok, Zhou menyatakan bersedia “mengorbankan” aset pribadinya di Tiongkok jika terjadi serangan Tiongkok.

“Saya tidak pernah berada di bawah kendali Republik Rakyat Tiongkok,” katanya. “Saya tidak mengikuti instruksi mereka.”

Foxconn (2317.TW) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Gou tidak lagi terlibat dalam manajemen sehari-hari perusahaan setelah dia “menyerahkan tongkat estafet” empat tahun lalu.

(Laporan oleh Ben Blanchard dan Yimo Lee; Disiapkan oleh Mohamed untuk Buletin Arab; Disiapkan oleh Mohamed untuk Buletin Arab) Penyuntingan oleh Michael Perry dan Lincoln Feast

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Mendapatkan hak lisensimembuka tab baru

Yimou Lee adalah koresponden senior Reuters yang meliput segala hal tentang Taiwan, termasuk hubungan rumit antara Taiwan dan Tiongkok, agresi militer Tiongkok, dan peran penting Taiwan sebagai kekuatan semikonduktor global. Pemenang penghargaan SOPA tiga kali ini, liputannya dari Hong Kong, Tiongkok, Myanmar dan Taiwan selama satu dekade terakhir mencakup tindakan keras Myanmar terhadap Muslim Rohingya, protes di Hong Kong, dan perjuangan Taiwan melawan kampanye multi-front Tiongkok untuk mengasimilasi pulau tersebut.