Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Penawaran perjalanan mendukung permintaan perjalanan keluar Indonesia

Penawaran perjalanan mendukung permintaan perjalanan keluar Indonesia

Meskipun nilai tukar rupiah terdepresiasi terhadap dolar AS, minat masyarakat Indonesia untuk berwisata ke luar negeri masih tetap tinggi, berkat penawaran menarik yang ditawarkan di beberapa pameran perjalanan tahun ini.

Pada Garuda Indonesia Travel Fair 2023 yang digelar di Jakarta, Medan, Surabaya, Palembang, Denpasar, Makassar, dan Jayapura di beberapa kota Tanah Air, pelanggan bisa mendapatkan nilai tunai dengan diskon hingga 80 persen. 4,3 juta rupiah (US$272).

Pejabat membuka Garuda Indonesia Travel Expo 2023, di mana tersedia paket perjalanan dan cashback dengan diskon tinggi

Dengan terjualnya 30.000 tiket pesawat pada pameran tersebut, targetnya akan menghasilkan transaksi sebesar Rp 105 miliar. Transaksi terakhir tidak tersedia pada waktu pers.

Kata pakar outbound Indonesia TTG Asia Karena terbiasa dengan kondisi nilai tukar rupiah yang berfluktuasi, konsumen mungkin akan resah.

Selain itu, masyarakat Indonesia kini memandang perjalanan sebagai sebuah kebutuhan.

Ethi Suddharma, direktur Golden Rama Tours and Travel, mengatakan kemampuan bepergian ke luar negeri “seperti simbol status”.

Meskipun biaya perjalanan meningkat, ada tempat-tempat wisata yang terjangkau, menurut Davy Padupara, Group COO Smiling Tours. Dia menunjukkan bahwa Malaysia dan Thailand adalah pilihan yang baik.

“Bahkan dengan nilai rupee saat ini, harga hotel di Malaysia dan Thailand masih lebih murah dibandingkan di Bali, sedangkan harga tiket pesawat tidak jauh berbeda,” kata Davey.

Baik Davie maupun Ethi mencatat bahwa keterjangkauan destinasi di Asia Tenggara merupakan faktor penarik yang kuat bagi masyarakat Indonesia, sementara Jepang dan Korea Selatan terus meningkat menjadi destinasi unggulan di antara para pelanggan mereka.

Daisy, Vice President Outbound Tours Vita Tour, optimistis permintaan wisata outbound akan terus meningkat seiring dengan musim perayaan. “Waktunya tepat sekali – libur akhir tahun menyusul libur Tahun Baru Imlek dan Idul Fitri,” ujarnya.

READ  Sudah hampir sebulan sejak tragedi stadion sepak bola Indonesia, satu hal yang pasti

Golden Rama Tours dan Travel and Smelling Tours berkomitmen untuk menjaga harga dalam menghadapi kenaikan harga dan depresiasi rupee karena akan mengurangi keuntungan daripada kehilangan pelanggan.

Namun, diakui Ethi, hal tersebut mungkin bukan solusi jangka panjang. “Kalau rupee tahun depan tidak terapresiasi, pasti ada koreksi,” ujarnya.