Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pemukim Israel menyerbu sebuah desa di Tepi Barat, membakar mobil dan rumah

Pemukim Israel menyerbu sebuah desa di Tepi Barat, membakar mobil dan rumah

Essam Al-Rimawi/Anadolu/Getty Images

Pemandangan rumah-rumah yang rusak dan kendaraan yang terbakar setelah penggerebekan pemukim Yahudi di kota Al-Mughayir dekat Ramallah, Tepi Barat, pada 12 April 2024.



CNN

Ratusan pemukim Israel bersenjata menyerbu sebuah desa di Tepi Barat yang diduduki pada hari Jumat, membakar sejumlah rumah dan mobil dalam salah satu serangan pemukim terbesar tahun ini, menurut pejabat Palestina.

Setidaknya seorang pemuda Palestina tewas akibat tembakan di desa Al-Mughayir, sebelah timur kota Ramallah, menurut ketua dewan desa, Amin Abu Alia, dan kerabat korban.

Sekitar 25 orang lainnya juga terluka dalam kekerasan tersebut, menurut Kementerian Kesehatan Palestina di Ramallah, yang skalanya belum terlihat sejak ratusan pemukim menyerbu desa-desa di Tepi Barat. Lupinesaya Dan Hawara Dalam dua insiden terpisah tahun lalu.

Menurut Abu Alia, pasukan keamanan Israel memberi tahu pejabat Palestina bahwa pemukim sedang mencari seorang remaja Israel yang hilang pada hari sebelumnya.

Diperkirakan antara 1.000 dan 1.200 pemukim mengepung desa tersebut, dan sekitar 500 dari mereka menyerbu desa tersebut setelah tengah hari waktu setempat pada hari Jumat, menutup semua jalan di wilayah tersebut.

Dia menambahkan bahwa para pemukim menyerang desa, menggerebek rumah-rumah, dan menembak warga. Video yang diperoleh CNN menunjukkan sebagian desa terbakar, asap membubung di atas banyak bangunan dan pemukim melemparkan batu. Terlihat rumah dan mobil yang terbakar habis, dengan suara tembakan dan bentrokan terdengar di latar belakang.

Reuters

Pemukim Israel yang mengenakan jilbab terlihat di dekat asap yang mengepul.

Menurut Abu Alia, tentara Israel tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 15.00 waktu setempat, namun tidak menghalangi pemukim untuk menyerang desa tersebut. Sebaliknya, tentara Israel mengizinkan mereka menggerebek rumah-rumah, mencegah warga Palestina bergerak dan mencegah ambulans menjangkau korban luka, katanya.

READ  Pertama di CNN: Pemerintahan Biden sedang mempersiapkan lebih banyak tindakan untuk membatasi penyeberangan perbatasan, mencegah imigran bepergian ke Amerika Serikat

Abu Alia mengatakan kepada CNN bahwa pemukim mencuri sekitar 70 domba dari desa Palestina.

Militer Israel, yang dihubungi oleh CNN untuk memberikan komentar, mengatakan bahwa “kerusuhan dengan kekerasan terjadi di beberapa lokasi di wilayah tersebut” setelah pencarian anak laki-laki yang hilang tersebut, dan bahwa pasukan Israel berusaha untuk mengusir para pemukim.

Aparat keamanan berupaya membubarkan kerusuhan yang disertai kekerasan. Dalam insiden tersebut, batu dilemparkan ke arah tentara IDF, yang kemudian membalas tembakan. Kunjungan diakui. Selain itu, pasukan militer Israel dan polisi perbatasan Israel berupaya menarik warga sipil Israel yang memasuki kota Al-Mughayir.”

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan bahwa 11 ambulans pergi ke lokasi serangan yang terjadi pada hari Jumat untuk mengangkut korban luka, dan mencatat bahwa beberapa orang terluka oleh pecahan peluru.

Sebelumnya pada hari Jumat, juru bicara IDF Laksamana Daniel Hagari mengatakan bahwa pasukan IDF sedang bekerja untuk mencari anak laki-laki berusia 14 tahun yang hilang, yang terakhir terlihat di dekat pemukiman Israel dan sekitar dua kilometer dari Al-Mughayir.

“Pasukan IDF telah bekerja dari udara dan darat, termasuk pasukan khusus, sejak sore hari, bersama dengan polisi Israel dan pasukan lainnya, mencari anak laki-laki berusia 14 tahun yang hilang sejak pagi ini. Di daerah Malachi Hashalom di Distrik Binyamin.” surat Pada X.