Juli 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pemilu lokal di Inggris: Partai Buruh merebut kursi yang belum pernah mereka duduki selama beberapa dekade

Pemilu lokal di Inggris: Partai Buruh merebut kursi yang belum pernah mereka duduki selama beberapa dekade

LONDON (AFP) – Partai Konservatif yang berkuasa di Inggris menderita kekalahan besar dalam hasil pemilu lokal pada hari Jumat, memperkuat ekspektasi bahwa Partai Buruh akan kembali berkuasa setelah 14 tahun dalam pemilu Inggris yang akan diadakan dalam beberapa bulan mendatang.

Partai Buruh memenangkan kendali dewan di Inggris yang tidak pernah dipegang oleh partai tersebut selama beberapa dekade, dan berhasil dalam pemilihan sela khusus di Parlemen, yang, jika diulangi dalam pemilihan umum, akan menghasilkan salah satu kekalahan Konservatif terbesar yang pernah ada.

Meski secara keseluruhan hasilnya membuat pembacaan suram Perdana Menteri Rishi SunakIa bisa bernapas lega ketika walikota Tees Valley di timur laut Inggris terpilih kembali, meski dengan perolehan suara yang rendah. Kemenangan Ben Houchen, yang menjalankan kampanye pemilu yang sangat personal, mungkin cukup untuk melindungi Sunak dari pemberontakan apa pun yang dilakukan anggota parlemen Konservatif.

Lebih dari 50 negara akan mengadakan pemilu pada tahun 2024

ke Keir Starmer, pemimpin Partai Buruh, secara umum memperoleh hasil yang sangat baik, meskipun di beberapa daerah dengan populasi Muslim yang besar, seperti Blackburn dan Oldham di barat laut Inggris, kandidat dari partai tersebut tampaknya menderita akibat kuatnya daya tarik kepemimpinan yang pro-Israel. Posisi konflik di Gaza.

Mungkin yang paling signifikan dalam konteks pemilihan umum, yang dijadwalkan berlangsung pada bulan Januari tetapi bisa berlangsung bulan depan, Partai Buruh memenangkan kursi parlemen di Blackpool South di barat laut Inggris. Kursi tersebut jatuh ke tangan Partai Konservatif pada pemilihan umum terakhir pada tahun 2019, ketika ia saat itu menjabat sebagai Perdana Menteri. Boris Johnson Negara ini meraih kesuksesan besar dalam mendukung Brexit.

READ  Usman Khawaja didakwa oleh ICC karena mengenakan ban kapten berwarna hitam pada Tes Perth

Dalam pemilu tersebut, yang dipicu oleh pengunduran diri seorang anggota parlemen Konservatif setelah skandal lobi, Chris Webb dari Partai Buruh memperoleh 10.825 suara, dibandingkan dengan 3.218 suara yang diperoleh penantang dari Partai Konservatif yang berada di posisi kedua. Peralihan dari Partai Konservatif ke Partai Buruh, sebesar 26%, merupakan yang terbesar ketiga sejak Perang Dunia Kedua, yang lebih dari cukup untuk membuat partai tersebut kembali berkuasa untuk pertama kalinya sejak digulingkan pada tahun 2010.

Starmer pergi ke Blackpool untuk memberi selamat kepada Webb atas keberhasilannya dan mendesak Sunak untuk mengadakan pemilihan umum. Sunak mempunyai wewenang untuk menentukan tanggalnya, dan dia telah mengindikasikan bahwa itu akan terjadi pada paruh kedua tahun 2024.

“Ini ditujukan langsung kepada Rishi Sunak untuk mengatakan kami bosan dengan kemunduran Anda, kekacauan Anda dan perpecahan Anda dan kami ingin perubahan,” katanya.

pemilu hari Kamis Di sebagian besar wilayah Inggris, hal ini merupakan sebuah tugas tersendiri, dimana para pemilih memutuskan siapa yang akan mengelola berbagai aspek kehidupan sehari-hari mereka, seperti pengumpulan sampah, pemeliharaan jalan dan pencegahan kejahatan lokal, di tahun-tahun mendatang. Namun menjelang pemilu, hal ini dilihat dari sudut pandang nasional.

Penghitungan dimulai pada pemilihan sela Blackpool Selatan di Blackpool Sports Center di Blackpool, Inggris, Kamis, 2 Mei 2024. Pemilihan sela dimulai setelah pengunduran diri Scott Benton. (Peter Byrne/PA melalui AP)

John Curtis, profesor politik di Universitas Strathclyde, mengatakan hasil pemilu sejauh ini menunjukkan bahwa Partai Konservatif kehilangan sekitar setengah kursi yang mereka coba pertahankan.

Ia mengatakan kepada Radio BBC: “Kita mungkin akan melihat salah satu kinerja Partai Konservatif yang terburuk, jika bukan yang terburuk, dalam pemilu pemerintah daerah dalam 40 tahun terakhir.”

READ  Biden mengunjungi Israel saat Hamas merilis video penyanderaan dan bom Israel dijatuhkan di Gaza

Pada sore hari pada hari Jumat, dengan sekitar setengah dari 2.661 kursi yang tersedia telah dihitung, Partai Konservatif turun 213 kursi sementara Partai Buruh naik 92 kursi. Partai-partai lain, seperti Partai Demokrat Liberal yang berhaluan tengah dan Partai Hijau, juga memperoleh keuntungan. Gerakan Reformasi Inggris, yang mencoba menggulingkan Tories dari sayap kanan, juga meraih beberapa keberhasilan, khususnya di Blackpool Selatan, di mana mereka hanya terpaut kurang dari 200 suara untuk menempati posisi kedua.

Partai Buruh menang di wilayah-wilayah yang banyak mendukung Brexit pada tahun 2016 dan dikalahkan oleh Johnson yang pro-Brexit, seperti Hartlepool di Inggris timur laut, dan Thurrock di Inggris tenggara. Mereka juga mengambil kendali atas Rushmore, sebuah ruangan yang rindang dan dipenuhi militer di Inggris selatan, yang tidak pernah mereka menangkan.

Salah satu titik terang bagi Partai Konservatif adalah hasil pemilu di Tees Valley, yang sebelum Brexit merupakan basis tradisional Partai Buruh. Namun, perolehan suara Houshen telah turun sekitar 20 poin persentase menjadi 54% sejak tahun 2021.

Sunak melontarkan nada menantang di Teesside ketika dia mengucapkan selamat kepada Houchen atas kemenangannya, sekaligus mengakui hasil yang “mengecewakan” di tempat lain.

“Saya juga punya pesan untuk Partai Buruh, karena mereka tahu bahwa mereka harus menang di sini untuk memenangkan pemilu, dan mereka tahu itu,” katanya. “Mereka berasumsi Lembah Tees akan kembali kepada mereka, namun ternyata tidak.”

Sunak berharap Andy Street akan tetap menjadi Walikota West Midlands ketika hasilnya diumumkan pada hari Sabtu. Juga pada hari Sabtu, Sadiq Khan dari Partai Buruh diperkirakan akan tetap menjadi walikota London, meskipun ada beberapa kekhawatiran bahwa jumlah pemilih yang rendah dapat membuatnya kalah dari saingannya dari Partai Konservatif Susan Hall.

Sunak menjadi Perdana Menteri pada Oktober 2022 setelah masa jabatan pendahulunya yang singkat. Liz Trusyang meninggalkan jabatannya setelah 49 hari setelah anggaran pemotongan pajak tidak didanai sehingga mengguncang pasar keuangan dan menaikkan biaya pinjaman bagi pemilik rumah.

Kepemimpinannya yang kacau dan mengejutkan telah memperburuk kesulitan yang dihadapi oleh Partai Konservatif setelah munculnya sirkus seputar pendahulunya Johnson, yang terpaksa mengundurkan diri setelah dijatuhi hukuman berbohong kepada Parlemen tentang pelanggaran lockdown virus corona di kantornya di Downing Street.

Sunak tidak mencoba melakukan apa pun yang akan mengubah keseimbangan politik, karena Partai Buruh secara konsisten memimpin dengan selisih 20 poin persentase dalam jajak pendapat. Apakah ada orang lain yang bisa berbuat lebih baik daripada Sunak adalah pertanyaan yang mungkin ada di benak anggota parlemen Konservatif di Parlemen menjelang akhir pekan ini.