November 30, 2021

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pemerintah Indonesia sedang mencari perbendaharaan karena biaya proyek kereta api yang dipimpin China terus meningkat

Ketika kontrak untuk kereta api cepat Jakarta-Indonesia Jakarta-Bandung diberikan kepada Federasi Cina enam tahun lalu, proyek itu akan selesai pada 2018 tanpa kontribusi keuangan atau jaminan dari pemerintah Indonesia.

Tetapi dengan miliaran dolar lebih banyak dari anggaran dan bertahun-tahun di belakang anggaran, Presiden Djokovic “Djokovic” Widodo mengeluarkan dekrit pada 6 September yang mengizinkan pendanaan pemerintah untuk proyek tersebut – menyangkal Indonesia salah satu konsesi terbesar yang mengarah pada pemilihannya. Proyek Cina pada alternatif Jepang.

Sebagian besar kesengsaraan jalur kereta api muncul dari perencanaan awal yang buruk, yang tidak dapat mengidentifikasi semua kemungkinan kesalahan proyek. Pengalaman Indonesia dapat memiliki implikasi yang luas untuk pembangunan infrastruktur di Asia Tenggara, di satu sisi inisiatif sabuk dan jalan China dan di sisi lain upaya Jepang dan Amerika Serikat.

China dan Indonesia menandatangani kesepakatan pada September 2015 untuk membangun jalur kereta api sepanjang 140 kilometer.

Indonesia awalnya memperkirakan pembangunan akan menelan biaya $5,5 miliar, tetapi meningkatkan rencananya menjadi $6,07 miliar pada Januari, lima tahun setelah proyek tersebut runtuh.

Gerota Sebat Indonesia China, perusahaan patungan antara perusahaan milik negara Indonesia, perusahaan kereta api China dan operator proyek, diperkirakan menelan biaya kurang dari $ 7,97 miliar.

Kereta cepat Jakarta-Bandung telah melampaui anggarannya sebesar $ 1,9 miliar, eksekutif operator kereta api negara Gereda Abi Indonesia (KAI) mengatakan pada sidang parlemen pada awal September.

KAI mengatakan pembebasan lahan dan biaya konstruksi melebihi ekspektasi, sementara penundaan berulang kali memakan pendapatan yang direncanakan. Perusahaan juga mengatakan pajak dan biaya penasihat keuangan telah terakumulasi.

KCIC diharapkan menyelesaikan pembebasan lahan untuk proyek tersebut pada akhir 2016. Tetapi catatan palsu yang dipegang oleh pihak berwenang membuat sulit untuk menemukan pemilik tanah yang sebenarnya. Sambungan rel membutuhkan lahan sekitar 30% lebih banyak dari yang direncanakan semula, yang selanjutnya meningkatkan biaya.

READ  Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia sedang mempercepat upaya untuk menutup kesenjangan literasi digital di Bali.

Siapa yang menutupi pelanggaran ini telah menjadi masalah besar. Proyek ini akan membiayai 75% biayanya dengan pinjaman dari China Development Bank dan sisanya dari perbendaharaan KCIC. KCIC 60% dimiliki oleh pihak Indonesia dan 40% oleh pihak Cina.

Namun pihak Indonesia ternyata tidak membayar modal yang cukup, dan China menolak memberikan pinjaman tambahan melalui CDP atau perusahaan China harus menerima biaya yang lebih tinggi.

Sebelum China mempertahankan proyek tersebut, Jepang mengusulkan sebuah konstruksi Shinkansen-Gaya koneksi kereta api dari Jakarta ke Bandung. Pinjaman bantuan pembangunan resmi (ODA) 40 tahun akan menelan biaya 600 miliar yen ($ 5,29 miliar dengan tarif saat ini) dengan pembiayaan 450 miliar yen. Jepang memberikan 0,1% dari pinjaman – kurang dari tingkat setidaknya 1% dalam pertukaran untuk perusahaan Jepang memenangkan kontrak.

Tetapi Widodo memilih opsi China, yang berjanji untuk menggantikan teknologi kereta api berkecepatan tinggi dan mencegah Indonesia mengeluarkan biaya atau pembayaran utang. Rencana China untuk menyelesaikan konstruksi pada tahun 2018 berkontribusi pada keputusan ini, dibandingkan dengan proses penyaringan yang berpotensi lebih lama di Jepang.

“Untuk proyek ODA Jepang, kami melakukan analisis biaya menyeluruh sebelum memotong biaya tambahan,” kata seorang pejabat pemerintah Jepang. Tokyo mengkaji rencana pemerintah penerima untuk memperoleh tanah yang dibutuhkan ketika pinjaman resmi terlibat.

Konektivitas rel sekitar 79% selesai dan operasi diperkirakan tidak akan dimulai hingga akhir 2022 – setelah 2021 sesuai rencana Jepang. Manfaat lain dari proyek Cina telah dibongkar, biaya di bawah program Jepang sekarang 40% lebih tinggi dan Indonesia bersedia untuk memasukkan dana negara ke dalam proyek tersebut.

Asia Tenggara telah muncul sebagai medan pertempuran untuk pembangunan karena Jepang dan Amerika Serikat bersaing dengan China untuk mendapatkan pengaruh yang lebih besar di kawasan tersebut. Tetapi bantuan China telah dituduh mendorong lebih banyak korupsi di negara-negara berkembang.

READ  Pengadilan Tinggi Indonesia memutuskan undang-undang kerja yang baru tidak konstitusional

Sementara Jepang bersikeras pada bantuan pembangunan yang berkelanjutan, berkualitas tinggi dan transparan, negara itu berjuang untuk memenangkan kesepakatan infrastruktur di Asia Tenggara. Catatan fosil Indonesia dapat memberikan petunjuk tentang bagaimana Tokyo dapat menarik kawasan ini dengan lebih baik.