Mei 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pembaruan Langsung: Perang Rusia di Ukraina

Sebuah kendaraan Rusia diparkir di luar pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhya di Ukraina, pada 1 September. (Alexander Ermochenko/Reuters)

Kepala perusahaan energi nuklir negara Energotom Petro Kotin mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu bahwa patroli Rusia telah menahan manajer umum pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhya Ukraina.

Manajer Umum Ihor Murashov berada di mobilnya dalam perjalanan dari pabrik ketika “dia dihentikan, dibawa keluar dari mobil, dan ditutup matanya ke arah yang tidak diketahui. Saat ini tidak ada informasi tentang nasibnya,” kata Kotin.

“Murashov adalah orang yang berwenang dan memikul tanggung jawab utama dan eksklusif untuk keselamatan nuklir dan radiologi pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhya,” kata Kotin, menambahkan bahwa penahanannya “membahayakan keselamatan operasi Ukraina dan pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa. ”

Cotten menuntut Rusia membebaskan Murashov dan mendesak Direktur Jenderal IAEA Rafael Grossi untuk “membebaskannya”.

Kementerian Luar Negeri Ukraina “mengutuk keras penahanan yang tidak sah” terhadap Murashov dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Kamis situs web Sabtu.

“Kejahatan ini merupakan manifestasi lain dari terorisme negara di pihak Rusia dan pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional. Rusia harus segera membebaskan manajer umum pembangkit nuklir Zaporizhia,” kata pernyataan itu.

“Kami menyerukan kepada masyarakat internasional, terutama Perserikatan Bangsa-Bangsa, Badan Energi Atom Internasional, dan Kelompok Tujuh untuk mengambil tindakan tegas untuk tujuan ini,” tambah pernyataan itu.

Beberapa informasi dasar: Zaporizhzhia pabrik dulu titik fokus Dalam perang, baik Rusia dan Ukraina menyalahkan pemboman di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa.

Sejak awal Maret, ketika Rusia merebut pabrik tersebut, para ahli internasional dan domestik telah mengeluarkan peringatan serius, tidak hanya untuk keselamatan pekerja pabrik, tetapi juga karena takut akan bencana nuklir yang dapat mempengaruhi ribuan orang di daerah sekitarnya.

READ  Belanda mengatakan akan mengirimkan bantuan Patriot ke Ukraina