Desember 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Energoatom mengatakan bahwa patroli Rusia telah menangkap kepala pembangkit nuklir Zaporizhia Ukraina

Energoatom mengatakan bahwa patroli Rusia telah menangkap kepala pembangkit nuklir Zaporizhia Ukraina

Kyiv (Reuters) – Perusahaan milik negara yang bertanggung jawab atas pembangkit listrik milik negara mengatakan pada Sabtu bahwa patroli Rusia telah menahan manajer umum pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporozhye yang diduduki Rusia di Ukraina, dan pengawas nuklir PBB mengatakan itu. sedang mencari “klarifikasi”.

Petro Kotin, kepala Energoatum milik negara, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Ihor Murashov ditangkap dalam perjalanannya dari pembangkit nuklir Zaporizhzhya, yang terbesar di Eropa, ke kota Enerhodar sekitar pukul 4 sore (1300 GMT) pada hari Jumat.

“Dia dibawa keluar dari mobil, ditutup matanya, dan dibawa ke arah yang tidak diketahui,” tulis Kotin di aplikasi pesan Telegram, menambahkan bahwa tidak ada berita langsung tentang nasib Murashov.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Rusia belum berkomentar secara terbuka tentang masalah ini.

Cotten mengatakan dia telah meminta kepala Badan Energi Atom Internasional, Rafael Grossi, untuk mengambil “semua tindakan segera yang memungkinkan untuk membebaskan Murashov sebagai hal yang mendesak.”

Saat dimintai komentar oleh Reuters, juru bicara Badan Energi Atom Internasional mengatakan, “Kami telah menghubungi pihak berwenang Rusia dan meminta klarifikasi.”

Pabrik Zaporizhzhia adalah titik fokus dalam invasi tujuh bulan Rusia ke Ukraina, dengan Moskow dan Kiev saling menuduh membom fasilitas tersebut, yang dapat menyebabkan bencana nuklir.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyerukan demiliterisasi daerah sekitar pabrik, di mana Ukraina masih bekerja.

Dalam pernyataannya di Telegram, Kotin mengatakan bahwa Murashov “memikul tanggung jawab utama dan eksklusif untuk keselamatan nuklir dan radiologis” pembangkit tersebut dan bahwa penahanannya “membahayakan keselamatan operasi Ukraina dan pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa.”

READ  Langkah Amerika untuk melindungi Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman dalam pembunuhan Khashoggi

Kotin meminta pasukan Rusia untuk “segera menghentikan tindakan terorisme nuklir terhadap manajemen dan personel” stasiun dan membebaskan Murashov.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Laporan Pavel Politiuk di Kyiv) Pelaporan tambahan oleh Michael Shields di Zurich. Ditulis oleh William Mallard. Diedit oleh Kim Coogle dan Gareth Jones

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.