April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pemakaman Paus Benediktus XVI: Paus Francis memimpin upacara Vatikan untuk mantan paus

Pemakaman Paus Benediktus XVI: Paus Francis memimpin upacara Vatikan untuk mantan paus


Roma
CNN

Anggota yang setia memberi penghormatan Mantan Paus Benediktus XVI Kamis, dengan upacara pemakaman di Lapangan Santo Petrus Kota Vatikan Ini ditandai dengan kemegahan dan tradisi.

Sesuai dengan keinginan Benediktus, pemakamannya akan “sederhana”, menurut direktur kantor pers Takhta Suci, Matteo Bruni. Ini akan menjadi kesempatan pertama di zaman modern dimana seorang paus memimpin pemakaman pendahulunya.

Para pejabat tinggi dan pemuka agama berjejer di alun-alun berkapasitas sekitar 60.000 orang itu untuk mengikuti upacara bergengsi itu. Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala termasuk di antara mereka yang hadir, menurut afiliasi CNN Prima.

Bruni mengatakan upacaranya akan serupa dengan upacara paus yang sedang berkuasa, tetapi akan ada beberapa modifikasi. Benediktus akan diberi nama Paus Emeritus selama pemakaman, dan bahasa beberapa doa akan berbeda karena dia bukanlah Paus yang berkuasa saat kematiannya.

Orang-orang percaya berdoa rosario saat peti mati Benediktus meninggalkan Basilika Santo Petrus sekitar pukul 08:45 waktu setempat (02:45 ET) pada hari Kamis.

Fransiskus berkata saat menyampaikan homili: “Umat Allah yang setia berkumpul di sini, sekarang temani dia dan percayakan kepada mereka kehidupan seorang gembala.”

Seperti para wanita di kuburan, kami juga membawa aroma rasa terima kasih dan balsem harapan, untuk sekali lagi menunjukkan kepadanya cinta abadi. Kami ingin melakukannya dengan kebijaksanaan, kelembutan, dan pengabdian yang sama yang telah dia berikan kepada kami selama ini. tahun jiwanya.”

Francis menambahkan, “Benediktus, teman setia mempelai pria, semoga sukacitamu lengkap saat kamu mendengar suaranya sekarang dan selamanya.”

Fransiskus mulai memimpin Misa Kamis pagi, ketika dia diharapkan untuk berkhotbah pada pukul 10 pagi waktu setempat (4 pagi ET).

READ  Kherson: Rusia membantu mengevakuasi warga sipil dari wilayah pendudukan sementara Ukraina memperoleh keuntungan

Peti mati Benediktus kemudian akan dibawa melalui gereja dan ke ruang bawah tanah Vatikan untuk dimakamkan, di makam pertama Yohanes Paulus II.

Makam itu dievakuasi setelah jenazah Yohanes Paulus II dan jenazahnya dipindahkan ke sebuah kapel di dalam gereja setelah dia diangkat menjadi orang suci.

Anggota umat beriman, termasuk Georg Gänswein (kedua dari kanan), Uskup Agung Kuria dan mantan sekretaris pribadi mendiang Benediktus, hadir.

Pada saat penguburan selama ritus, pita akan ditempatkan di sekitar peti mati dengan segel Kamar Apostolik, Rumah Kepausan dan upacara liturgi. Peti kayu cemara ditempatkan di dalam peti mati seng yang dilas dan disegel, kemudian ditempatkan di dalam peti mati kayu dan dikubur.

Upacara diperkirakan akan berakhir sekitar pukul 11:15 waktu setempat (5.15 ET).

Pemakaman dijadwalkan akan dihadiri oleh pejabat tinggi termasuk Ratu Sofia dari Spanyol dan Kanselir Jerman Olaf Schultz, bersama dengan Duta Besar AS untuk Takhta Suci Joe Donnelly.

Peti mati Benediktus dibawa melintasi Lapangan Santo Petrus.
Kardinal memberikan penghormatan kepada mantan paus.

Benediktus adalah paus pertama dalam hampir 600 tahun yang mengundurkan diri, alih-alih menjabat seumur hidup, pada usia 95 tahun pada 31 Desember di sebuah biara di Kota Vatikan, menurut pernyataan dari Vatikan.

Ia terpilih sebagai Paus pada April 2005, setelah kematian Yohanes Paulus II.

Benediktus dikenal lebih konservatif daripada penggantinya, Paus Fransiskus, yang telah mengambil langkah-langkah untuk melunakkan sikap Vatikan terhadap aborsi dan homoseksualitas, serta berbuat lebih banyak untuk mengatasi krisis pelecehan seksual yang melanda dan mengaburkan gereja akhir-akhir ini. bertahun-tahun. Warisan Benediktus.

Gulungan yang ditempatkan di dalam peti mati Paus Benediktus XVI, yang merupakan biografi hidupnya dan mengenang beberapa momen terpenting dalam masa jabatannya, menyatakan bahwa dia berjuang “dengan tegas” melawan pedofilia.

“Dia dengan tegas melawan pelanggaran yang dilakukan oleh pendeta terhadap anak di bawah umur atau orang lemah, dan terus-menerus menyerukan Gereja untuk bertobat, berdoa, melakukan penebusan dosa, dan penyucian,” bunyi buku itu.

READ  Serangan udara Israel di Jalur Gaza selatan menewaskan sedikitnya 9 warga Palestina di Rafah, termasuk 6 anak-anak.

Kematiannya mendapat penghormatan dari para pemimpin politik dan agama, termasuk Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Dalai Lama.

Sekitar 200.000 pelayat, termasuk Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni dan Presiden Sergio Mattarella, memberikan penghormatan kepada mantan paus awal pekan ini selama dia tinggal di Basilika Santo Petrus.

Tampilan publik Benediktus berakhir pada hari Rabu, sebelum ritual keagamaan yang intim di mana barang-barang termasuk koin dan medali dari masa jabatannya dan gulungan kepausan ditempatkan di peti mati yang disegel sebelum pemakaman.

Fransiskus memberikan penghormatan kepada pendahulunya selama pertemuan di Vatikan pada hari Rabu.

Dia berkata, “Saya ingin kita bergabung dengan orang-orang di sisi saya yang memberikan penghormatan kepada Benediktus XVI, dan mengarahkan pikiran saya kepadanya, seorang ahli katekismus yang hebat.”

“Untuk membantu kita menemukan kembali sukacita iman dan pengharapan hidup di dalam Kristus.”