Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pelonggaran kebijakan China terkait Covid-19 memberi sinyal peluang bagi Indonesia – ekonomi

Pelonggaran kebijakan China terkait Covid-19 memberi sinyal peluang bagi Indonesia – ekonomi

Fadil Haider Sulaiman (Jakarta Post)

Jakarta ●
Senin, 12 Desember 2022

12-12-2022
21:00
0
5aba7b8a7e7e6df2023f04d0fa106a77
1
ekonomi
Perdagangan, Impor, Ekspor, Cina
Gratis

Pejabat, eksekutif bisnis, dan ekonom Indonesia berharap pelonggaran pembatasan virus corona di China akan meningkatkan perdagangan dan investasi bilateral.

Setelah protes pecah di beberapa kota besar China menentang kebijakan ketat nol-Covid Beijing, Dewan Negara mulai melonggarkan pembatasan ketika pandemi dimulai pada awal 2020.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), China adalah mitra dagang terbesar Indonesia untuk ekspor dan impor, masing-masing menyumbang US$53,31 miliar dan $55,90 miliar dalam 10 bulan pertama tahun ini.

China adalah sumber investasi asing langsung (FDI) terbesar kedua ke Indonesia, di belakang Singapura, yang menerima $5,18 miliar per September tahun ini, menurut data dari Kementerian Investasi.

“Langkah-langkah baru akan diambil untuk mengakomodasi perjalanan lintas batas dan persyaratan keberangkatan awal [policy] perubahan,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning kepada wartawan pada 7 Desember.

Iskandar Simorangir, Wakil Menteri Koordinator Ekonomi Makro dan Keuangan di Kantor Menko Perekonomian mengatakan. Pos Jakarta Pelonggaran pembatasan pergerakan hari Senin dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi China yang lebih kuat dari perkiraan.

Permintaan China untuk ekspor Indonesia seperti batu bara, nikel olahan, bijih besi, dan minyak sawit mentah (CPO) juga akan meningkat lebih dari perkiraan sebelumnya, ujarnya.

Peraturan yang dilonggarkan diharapkan dapat memacu lebih banyak investasi China di industri pengolahan mineral seperti nikel, bauksit, dan kobalt di Indonesia.

“Tahun 2023, pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,3 persen seperti yang tercantum dalam APBN,” kata Iskandar. Pos“Uni Eropa dan AS akan menghadapi resesi,” katanya.

READ  Bank Negara Indonesia pindah ke Avaloq Center for Wealth Management

Khasan Muhri, kepala badan kebijakan di Kementerian Perdagangan, mengatakan Surat Kebijakan zero-covid China pada hari Senin membantu Indonesia mengambil peran lebih besar dalam rantai pasokan global. Sekarang pembatasan pergerakan telah dilonggarkan, ini akan membantu beberapa bisnis China pindah ke Indonesia.

Selain itu, pengeluaran yang lebih tinggi di antara konsumen China akan mendorong pertumbuhan permintaan untuk produk Indonesia.

“Ekspor akan terdiversifikasi menjadi produk yang bernilai tinggi dan berbasis teknologi,” tambah Khasan.

Karena ekonomi China berjalan lebih baik dari perkiraan sebelumnya, pelonggaran pembatasan di China akan “berdampak positif” pada Indonesia, kata Staf Ahli Menteri Keuangan Ustinus Prestovo.

Pasokan dan permintaan China akan lebih stabil tanpa penguncian terus-menerus, Justinus mengatakan kepada wartawan: “Kami memiliki hubungan perdagangan yang baik dengan China.”

Shinda Widjaja Kamdani, wakil presiden untuk investasi di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Katin), mengatakan pada hari Senin bahwa langkah-langkah pelonggaran Covid China akan “memengaruhi secara positif” aliran FDI ke Indonesia.

Shinda, yang juga mengetuai forum Business 20 selama kepresidenan Kelompok Dua Puluh (G20) Indonesia tahun ini, mengatakan persyaratan perjalanan yang santai di China akan meningkatkan kepercayaan di kalangan investor untuk mengunjungi Indonesia meskipun ada masalah ekonomi di pasar perumahan dan keuangan China. Kesempatan berkarir.

Skenario ini hanya mungkin terjadi jika Beijing memperpanjang relaksasi kebijakan COVID untuk jangka waktu yang lebih lama, yang akan menjaga tingkat kematian tetap rendah, tambahnya.

“Peningkatan investasi secara spesifik belum bisa ditentukan karena banyak faktor yang berperan, termasuk ekonomi domestik kita sendiri di tahun 2023,” kata Shinta. Surat.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia mengatakan Surat Pada hari Senin, pembatasan Covid yang dilonggarkan China dapat menyebabkan permintaan yang lebih tinggi untuk batubara Indonesia karena aktivitas ekonomi yang lebih tinggi.

READ  Kue Nasturtium (kue nanas khas Indonesia)

Hendra mengatakan kebijakan nol-COVID China telah menyebabkan “puncak” ekspor batu bara Indonesia ke negara itu tahun ini, dan ini dapat berubah pada 2023 jika industri China pulih.

“Kemungkinan permintaan batu bara dari China lebih banyak, artinya impor lebih banyak,” katanya.

Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Eddy Martono juga mengatakan. Surat Pembatasan China yang dilonggarkan pada Senin akan “pasti memengaruhi” pertumbuhan ekspor CPO ke Indonesia pada 2023.

Eddy menambahkan, meskipun hal itu mungkin tidak menyebabkan peningkatan pendapatan yang signifikan, konsumsi CPO di China akan meningkat karena orang menghabiskan lebih banyak uang.

Analis batubara Ahmad Suhdi TV Kuzuma, berbicara dari menteri bank milik negara, mengatakan: Surat Pada hari Senin, industri konsumen listrik terbesar di pasar negara berkembang mengatakan pelonggaran pembatasan Covid-19 China akan meningkatkan permintaan listrik lokal karena aktivitas industri yang lebih tinggi, yang akan meningkatkan impor batu bara.

Meski China berkomitmen untuk meningkatkan produksi batu bara dalam negeri, impor batu baranya akan meningkat dalam jangka pendek karena “produksi lebih sulit daripada konsumsi,” kata Ahmad.

Dia juga memperkirakan ekspor batu bara Indonesia akan meningkat secara signifikan pada kuartal pertama dan kedua tahun 2023, karena 75 persen impor batu bara China berasal dari Indonesia.

Analis CPO Bank Mandiri Abe Abrar Aulia mencatat China merupakan pasar ekspor terbesar CPO Indonesia dan ekspor akan meningkat tahun depan seiring pulihnya aktivitas ekonomi China.

Kegiatan industri dan pariwisata, kata dia, akan meningkatkan permintaan CPO Indonesia.

“Mobilitas yang tinggi akan meningkatkan konsumsi bahan bakar, termasuk biodiesel CPO,” tambah Abe.

kata Asghar Muhammad, analis ekonomi makro di Institute of Population and Poverty Studies (IDAS). Surat Pada hari Senin, pertumbuhan ekonomi China yang lebih kuat dari perkiraan, dikombinasikan dengan pelonggaran pembatasan perjalanan, akan membawa lebih banyak pengunjung China ke Indonesia.

READ  Indonesia mendaki rantai nilai matahari | fDi Intelligence - Sumber Anda untuk informasi investasi asing langsung

Data PBS menunjukkan hanya 17.166 pengunjung asal China yang datang ke Indonesia pada Oktober 2022, atau hanya 10 persen dari jumlah kedatangan yang tercatat pada Oktober 2019.