Juni 26, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pejabat militer mengatakan sebuah kapal perang China lewat “dengan cara yang tidak aman” di dekat kapal perusak AS di Selat Taiwan

Pejabat militer mengatakan sebuah kapal perang China lewat “dengan cara yang tidak aman” di dekat kapal perusak AS di Selat Taiwan

Pejabat militer AS mengatakan sebuah kapal perang China datang dalam jarak 150 yard (137 meter) dari kapal perusak AS di Selat Taiwan dengan “cara yang tidak aman”, sementara China menuduh AS “sengaja meningkatkan risiko” di daerah tersebut.

Pada hari Sabtu, angkatan laut AS dan Kanada melakukan latihan bersama di selat yang memisahkan pulau Taiwan dan China, ketika kapal China memotong di depan kapal perusak AS Chong Hun. memaksanya untuk melambat Komando Indo-Pasifik AS mengatakan dalam sebuah pernyataan untuk menghindari tabrakan.

Republik Rakyat Tiongkok (RRT) telah mengklaim Taiwan yang otonom sebagai wilayahnya sejak pemerintah ROC yang kalah melarikan diri ke pulau itu pada tahun 1949 setelah kalah perang saudara dari komunis Mao Zedong. Pemerintah Taiwan mengatakan Republik Rakyat China tidak pernah memerintah pulau itu, dan Presiden AS Joe Biden mengatakan AS akan membela Taiwan jika terjadi invasi China.

Militer China mengecam Amerika Serikat dan Kanada karena “sengaja meningkatkan risiko” setelah angkatan laut kedua negara melakukan pelayaran bersama yang langka melalui Selat Taiwan yang sensitif.

Komando Indo-Pasifik AS mengatakan Chong Hun dan Montreal Kanada sedang melakukan transit “rutin” di selat itu ketika kapal China terpotong di depan kapal AS.

Komando AS mengatakan bahwa “titik terdekat kapal China adalah 150 yard dan bahwa tindakannya melanggar ‘aturan jalan’ maritim untuk perjalanan yang aman di perairan internasional.”

Cuplikan video disiarkan oleh situs Kanada Global News Tunjukkan pertemuan dekat antar kapal.

Kedutaan China di Washington tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Pertemuan angkatan laut adalah panggilan terakhir antara militer China dan AS. Komando Indo-Pasifik AS mengatakan pada hari Selasa bahwa jet tempur China pada tanggal 26 Mei melakukan manuver “agresif yang tidak perlu” di dekat pesawat militer AS di atas Laut China Selatan di wilayah udara internasional.

Liu Bingyu, juru bicara Kedutaan Besar China di Washington, tidak mengomentari rincian insiden pesawat itu, tetapi mengatakan bahwa Amerika Serikat “telah berulang kali mengerahkan pesawat dan kapal pengintai jarak dekat ke China, yang menimbulkan bahaya besar bagi keamanan nasional China. .”

Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan dalam wawancara yang direkam sebelumnya yang ditayangkan di CNN pada hari Minggu bahwa Amerika Serikat berusaha untuk mempertahankan “dinamika lintas-selat yang stabil” antara China dan Taiwan dan menghindari konflik yang “dapat berakhir dengan kehancuran. “Ekonomi Internasional”.

Fareed Zakaria GPS diwawancarai di CNN pada hari Jumat.

Menteri Pertahanan China Li Changfu mengatakan pada pertemuan puncak keamanan di Asia pada hari Minggu bahwa konflik dengan Amerika Serikat akan menjadi “bencana yang tak tertahankan” tetapi negaranya mencari dialog atas konfrontasi tersebut.

(Laporan oleh Ted Heson) di Washington. Diedit oleh Grant McCall

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.