April 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

PCI-SIG memperingatkan potensi bahaya arus lebih/arus lebih dengan konektor 12VHPWR menggunakan soket adaptor Non-ATX 3.0 PSU & Gen 5

Here's Why You Should Be Getting An ATX 3.0 Compliant Power Supply With Proper Gen 5 (12VHPWR) Connectors 1

Dengan peluncuran generasi berikutnya yang akan segera tiba, salah satu komponen utama yang mungkin ingin diperbarui oleh pengguna untuk PC mereka adalah PSU. Ini karena persyaratan dan standar baru yang telah diberlakukan untuk menyediakan energi yang berkelanjutan dan bersih, menghindari masalah apa pun terkait ketinggian transit dan penerbangan listrik. Meskipun ada banyak produsen yang memaketkan konektor Gen 5 (12VHPWR) dengan PSU yang ada, inilah mengapa pilihan yang jauh lebih baik untuk berinvestasi dalam PSU yang benar-benar kompatibel dengan ATX 3.0.

Inilah mengapa Anda harus mendapatkan PSU yang kompatibel dengan ATX 3.0 dengan konektor Gen 5 (12VHPWR) yang tepat

Produsen PSU sedang mempersiapkan peluncuran produk utama Desain ATX 3.0 barus tetapi ada juga beberapa produsen yang menggabungkan PSU ATX 2.0 yang ada dengan konektor Gen 5. Seperti yang diharapkan, kartu grafis yang akan datang akan sangat haus daya dan akan membutuhkan daya hingga 600 watt.

Apa itu konektor 12VHPWR?

Konektor daya tambahan 12VHPWR dirancang untuk mengalirkan hingga 600W langsung ke kartu PCIe* tambahan. Konektor daya ini tidak kompatibel dengan konektor daya tambahan 2×3 atau 2×4 yang ada. Pin daya konektor 12VHPWR memiliki jarak 3,0 mm sedangkan kontak pada konektor 2×3 dan 2×1 berukuran 4,2 mm lebih besar. Konektor daya tambahan 12VHPWR mencakup dua belas kontak besar untuk pembawa daya dan empat kontak yang lebih kecil di bawah pembawa sinyal pita samping.

Spesifikasi Konektor ATX 3.0 12VHPWR

Persyaratan kinerja konduktor adalah sebagai berikut:

  • Peringkat arus pin daya: (tidak termasuk kontak pita samping) 9,2 Amp per pin/posisi dengan maksimum 30°C T-Naik di atas kondisi suhu sekitar pada = 12 VDC dengan semua dua belas kontak diberi energi. Badan konektor harus menampilkan label atau huruf H+ timbul untuk menunjukkan dukungan untuk 9,2 A/pin atau lebih besar. Lihat perkiraan posisi tanda pada header PCB sudut kanan 12VHPWR (R/A).

ATX 3.0 Gen 5 vs ATX 2.0 Gen 5, Apa Bedanya?

Untuk mencapai kebutuhan daya 600W, kartu grafis akan dilengkapi dengan satu header PCIe Gen 5 (12VHPWR) atau tiga header 8-pin. Jika Anda menggunakan PSU ATX 2.0 yang ada, satu-satunya pilihan yang Anda miliki adalah menggunakan adaptor Gen 5 atau tiga konektor 8-pin untuk mem-boot kartu Anda. Dalam hal PSU ATX 3.0 dengan colokan Gen 5 yang berasal dari unit utama, Anda tidak perlu khawatir tentang adaptor apa pun karena itu akan menjadi koneksi langsung dari PSU ke kartu grafis.

READ  Tempat membeli PlayStation 5 sebelum Natal

Sekarang saya memberi tahu sebagian besar produsen bahwa menggunakan konverter standar 8-pin ke 12VHPWR akan berfungsi dengan baik tetapi menurut PCI-SIG, ini tidak terjadi. Seperti yang Anda lihat, konektor 12VHPWR Gen 5 dirancang untuk menangani beban hingga 600 watt sedangkan konektor 8-pin dirancang untuk menangani beban maksimum 150 watt. Di sinilah risiko keamanan masuk.

Berikut adalah pesan PCI-SIG yang diteruskan melalui surat mengenai risiko keamanan yang terkait dengan penggunaan PSU generasi ke-5 yang tidak kompatibel dengan ATX 3.0:

Anggota PCI-SIG yang terhormat,

Perlu diketahui bahwa PCI-SIG telah mengenali bahwa beberapa aplikasi konektor dan rakitan 12VHPWR telah menunjukkan varians termal, yang dapat menyebabkan masalah keamanan dalam kondisi tertentu. Meskipun spesifikasi PCI-SIG memberikan informasi yang diperlukan untuk interoperabilitas, spesifikasi PCI-SIG tidak mencoba untuk memasukkan semua aspek desain yang sesuai, bergantung pada banyak metode industri yang dikenal dan praktik desain standar. Karena kelompok kerja PCI-SIG mencakup banyak ahli yang berpengetahuan luas di bidang konektor dan desain sistem, mereka akan mempertimbangkan informasi yang tersedia tentang masalah industri ini dan membantu dengan solusi apa pun sejauh yang sesuai.

Saat lebih banyak detail muncul, PCI-SIG dapat memberikan lebih banyak pembaruan. Sementara itu, kami menyarankan agar anggota bekerja sama dengan pemasok konektor dan melakukan uji tuntas dalam penggunaan sambungan daya tinggi, terutama bila ada masalah keselamatan.

Terima kasih,

Surat tersebut dengan jelas menyatakan bahwa ada risiko keamanan yang terkait dengan konektor PCIe Gen 5 yang menunjukkan varian termal dalam tes PCI-SIG pribadi. Kami ingin mengetahui inti masalah ini dan mencari tahu apa penyebabnya dan apa yang kami lakukan dalam hasil pengujian di bawah ini.

READ  Bungie menarik paket perdana $15 yang kontroversial dari Destiny 2 karena reaksi besar-besaran atas elemen 'bayar untuk menang'

Pengujian dunia nyata menunjukkan beban yang tidak seimbang dengan inverter daya 5G

Jadi untuk mengetahui panas dan yang lebih penting, perbedaan daya antara konektor Gen 5 tunggal dan adaptor 3x 8-pin ke Gen 5, kami menggunakan PSU Gen 5 yang ada dari produsen PSU terkemuka. Lingkungan beban 600W disiapkan dan adaptor Gen 5 digunakan dengan konektor 12VHPWR di satu ujung dan dua konektor 8-pin di ujung lainnya. Konektor 12VHPWR terhubung ke GPU sementara dua konektor 8-pin terhubung di dalam PSU.

Dua konektor 8-pin masing-masing menghasilkan daya maksimum 25 amp atau sekitar 300 watt yang merupakan dua kali peringkat daya puncak 150 watt. Di sinilah PCI-SIG mencatat bahwa varians termal berasal tetapi tidak hanya daya tinggi yang mengalir di konektor 8-pin, ada juga masalah dengan cara beban diseimbangkan melalui transformator.

Pada pengujian kedua, kami menyiapkan beban uji 450W dengan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3090 Ti. Di sini, kami menggunakan adaptor referensi yang disertakan dengan kartu, dan konektor 12VHPWR ke 3x 8-pin. Di sini, alih-alih membagi beban secara merata di ketiga konduktor, satu konduktor 8-pin mengalirkan 23,5 amp atau 282 watt melaluinya sementara konduktor lainnya menarik 6-8 amp (80-100 watt). Ini berarti bahwa masih ada masalah keamanan dengan konektor 8-pin tunggal meskipun Anda menggunakan tiga soket.

Beberapa kabel transformator yang menggunakan bahan yang lebih baik seperti paduan tembaga dapat memungkinkan lebih dari 7 amp per pin, 21 amp dari tiga pin, tetapi meskipun demikian, tidak ada yang dapat menjamin stabilitas dan keamanan untuk kasus penggunaan yang lama, terutama di bawah 3x power trip .

Konektor Gen 5 dapat menangani hingga 55 amp, jadi 600 watt (50 amp) termasuk di dalamnya, dan standar ATX 3.0 yang dibangun di sekitarnya dapat mempertahankan lonjakan sementara 3x. Adapun rincian dari kedua tes tersebut adalah sebagai berikut:

Konektor 12VHPWR ke Adaptor 2 x 8-Pin pada Uji Beban 600W:

  • Konektor 1 x 8-Pin = 25.4A atau 304,8W (kenaikan 2x lebih dari nilai 150W)
  • Konektor 1 x 8-Pin = 25.1A atau 301.2W (kenaikan 2 kali lipat x lebih dari 150W)
READ  Film Resident Evil baru menjelaskan mengapa Jill Valentine belum menua

Konektor 12VHPWR ke Adaptor 3 x 8-Pin pada Uji Beban 450W:

  • Konektor 1 x 8-Pin = 25,34A atau 282,4W (peningkatan 88% dari nilai 150W)
  • Konektor 1 x 8-Pin = 7.9A atau 94.8W (dalam peringkat daya 150W)
  • 1 x konektor 8-pin = 6,41 atau 76,92 watt (dalam peringkat daya 150 watt)

Menggunakan konektor Gen 5 langsung dari PSU ATX 3.0 tidak menghasilkan perbedaan termal atau daya karena kabel dinilai untuk menangani beban yang lebih tinggi hingga 600 watt melalui satu kabel. Ini mungkin tidak menjadi perhatian utama sekarang, tetapi mengingat lonjakan daya 3 kali lipat yang kami harapkan pada kartu grafis generasi berikutnya (1800W ~ 600W x 3), ini dapat menyebabkan kelebihan arus dan kelebihan daya pada PSU Anda, Hal ini menyebabkan hilangnya daya dan komputer mati ketika mereka menabrak dinding listrik. Oleh karena itu, sebaiknya berinvestasi pada PSU yang kompatibel dengan Gen 5 dan ATX 3.0 untuk memastikan PC Anda berjalan dengan lancar. Kami akan memberikan pembaruan tentang masalah ini segera setelah kami memiliki lebih banyak informasi dari komunitas manufaktur di PSU dan PCI-SIG sendiri.

Ringkasan:

  • Konektor 12VHPWR dirancang untuk 600W
  • Konektor 8pin dirancang untuk 150 watt.
  • Di bawah beban 600W/450W, lebih dari 150W dikirim melalui 8pin
    Konektor kabel splitter 16pin ke 2x8pin.
  • Arus tidak seimbang pada kabel splitter 16pin ke 3x8pin.
  • Konektor 12VHPWR asli untuk permintaan daya tinggi seperti grafik
    kartu-kartu.

Dengan demikian, jika Anda berencana untuk membuat PC gaming baru dengan RTX 4090 atau RX 7900 XT, sebaiknya pastikan Anda mendapatkan PSU dalam kisaran watt masing-masing pada standar ATX 3.0. Saat ini, banyak pembuat PSU menyukai MSIDan ASUSDan GBDan Grup FSP pengambilan termalDan musimanDan batu perak & Lebih keren kepala Mereka mengumumkan desain yang kompatibel dengan PCIe Gen 5 dan ATX 3.0.

Produk yang disebutkan dalam posting ini