Desember 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pasukan Ethiopia dan Tigrayan menerima pembicaraan damai yang dipimpin Uni Afrika

Pasukan Ethiopia dan Tigrayan menerima pembicaraan damai yang dipimpin Uni Afrika
  • Pembicaraan damai akan diadakan di Afrika Selatan akhir pekan ini
  • Konflik telah berkecamuk sejak 2020, mencabut jutaan orang

NAIROBI (Reuters) – Pemerintah Ethiopia dan pasukan saingannya Tigrayan mengatakan pada Rabu bahwa mereka telah menerima undangan dari Uni Afrika untuk berpartisipasi dalam pembicaraan damai yang bertujuan mengakhiri konflik dua tahun.

Dua sumber diplomatik mengatakan pembicaraan yang dijadwalkan akhir pekan ini di Afrika Selatan akan menjadi negosiasi formal pertama antara kedua belah pihak sejak pecahnya perang pada November 2020.

Konflik tersebut telah menewaskan ribuan warga sipil dan jutaan orang mengungsi. Kedua belah pihak sebelumnya mengatakan mereka siap untuk mengambil bagian dalam pembicaraan yang dimediasi oleh Uni Afrika, tetapi pertempuran sengit berlanjut di wilayah Tigray utara yang berbatasan dengan Eritrea.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Radwan Hussein, Penasihat Keamanan Nasional Perdana Menteri Abiy Ahmed, mengatakan di Twitter bahwa pemerintah Ethiopia “menerima undangan ini, yang sejalan dengan posisi prinsip kami mengenai solusi damai untuk konflik dan kebutuhan untuk mengadakan pembicaraan tanpa prasyarat.”

Pasukan Tigrayan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menerima undangan dan meminta klarifikasi tentang siapa yang diundang sebagai peserta, pengamat, dan penjamin.

Front Pembebasan Rakyat Tigray mengatakan bulan lalu pihaknya siap untuk gencatan senjata dan akan menerima proses perdamaian yang dipimpin Uni Afrika, setelah sebelumnya mengajukan keberatan atas proposal Uni Afrika.

Olusegun Obasanjo, perwakilan tinggi Uni Afrika di Tanduk Afrika, akan memimpin negosiasi dengan dukungan mantan Presiden Kenya Uhuru Kenyatta dan mantan Wakil Presiden Afrika Selatan Phumzile Mlambo-Ngoka, menurut salah satu surat undangan dari Uni Afrika terlihat oleh Reuters.

READ  Wordle 355 Jun 9 Petunjuk - Wordle hari ini terlalu sulit? PETUNJUK bebas spoiler UNTUK MEMBANTU MENEMUKAN JAWABAN | Game | hiburan

Tidak ada pembicaraan formal yang terjadi antara kedua belah pihak selama gencatan senjata lima bulan antara Maret dan Agustus. Pertempuran dilanjutkan pada 24 Agustus.

Pemerintah Abiy menuduh Front Pembebasan Tigrayan, yang mendominasi koalisi yang berkuasa di Ethiopia sampai Abiy berkuasa pada 2018, mencoba untuk menegaskan kembali hegemoni Tigrayan atas Ethiopia.

Front Pembebasan Rakyat Tigray menuduh Abe melakukan sentralisasi kekuasaan dan penindasan yang berlebihan terhadap Tigray. Keduanya menolak tuduhan satu sama lain.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan oleh Giulia Paravicini; Diedit oleh Toby Chopra dan Grant McCall

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.