Mei 20, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Para pemimpin dunia berbicara tentang perdagangan dan keamanan pada pertemuan puncak yang dipimpin ASEAN

Para pemimpin dunia berbicara tentang perdagangan dan keamanan pada pertemuan puncak yang dipimpin ASEAN

JAKARTA (Reuters) – Para pemimpin dunia pada hari Kamis bersiap untuk mengadakan serangkaian pertemuan mengenai keamanan dan perdagangan dengan latar belakang meningkatnya ketegangan dan konflik terbuka di berbagai belahan dunia, seperti pertemuan puncak yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Indonesia memasuki hari terakhirnya. .

Wakil Presiden AS Kamala Harris, Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang, dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menghadiri pertemuan puncak yang dipimpin oleh Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), bersama dengan para pemimpin negara mitra Jepang, Korea Selatan, India, Australia dan lainnya.

Pembicaraan tersebut disertai dengan ketegangan tersembunyi mengenai sejumlah isu mulai dari perdagangan dan teknologi hingga pengaruh Tiongkok yang semakin besar di Laut Cina Selatan, penolakan junta Myanmar untuk bekerja sama dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dalam rencana perdamaian dan keraguan terhadap rencana perdamaian Korea Utara. berencana untuk memasok senjata ke Rusia.

Pada hari Rabu, Lee memperingatkan akan dimulainya “Perang Dingin baru” dan memperingatkan negara-negara agar tidak memihak dalam konflik apa pun.

Harris, yang menghadiri pertemuan tersebut menggantikan Presiden Joe Biden, menegaskan komitmen Amerika Serikat terhadap kawasan.

“Amerika Serikat memiliki komitmen jangka panjang terhadap Asia Tenggara dan lebih luas lagi terhadap kawasan Indo-Pasifik,” tambahnya.

Seorang pejabat Gedung Putih sebelumnya mengatakan Amerika Serikat memiliki kepentingan yang sama dengan ASEAN dalam “mendukung tatanan internasional berbasis aturan, termasuk Laut Cina Selatan, dalam menghadapi klaim maritim ilegal dan tindakan provokatif Tiongkok.”

READ  Presiden Serbia petahana Vucic sedang bersiap untuk memenangkan masa jabatan kedua

Perdana Menteri Tiongkok dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida bertemu sebentar di sela-sela pertemuan puncak pada hari Rabu dan membahas pelepasan air radioaktif yang telah diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima ke laut oleh Jepang.

Sebagai tanggapan, Tiongkok yang marah melarang semua impor air dari Jepang. Tidak jelas apakah kedua pemimpin akan mengadakan pertemuan bilateral pada hari Kamis.

Indonesia, yang memimpin 10 negara anggota ASEAN, diperkirakan akan secara simbolis menyerahkan jabatan presiden kepada Laos pada hari Kamis, meskipun peran tersebut akan tetap dipertahankan hingga akhir tahun.

Ditulis oleh Kanupriya Kapoor. Diedit oleh Robert Purcell

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Mendapatkan hak lisensimembuka tab baru

Laporan Stanley tentang berita terkini di Indonesia. Sebelum bergabung dengan Reuters, ia adalah reporter lepas yang menulis tentang seni dan politik di negara Asia Tenggara. Di waktu luangnya, dia suka mendengarkan musik ambient atau online untuk mencari meme terbaru.