April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Para ahli memperingatkan bahwa serangan di Laut Merah adalah bagian dari rencana “poros perlawanan” Iran untuk mengalahkan Amerika Serikat

Para ahli memperingatkan bahwa serangan di Laut Merah adalah bagian dari rencana “poros perlawanan” Iran untuk mengalahkan Amerika Serikat

Berita

Para ahli memperingatkan bahwa peningkatan serangan terhadap kapal komersial di Laut Merah oleh pemberontak Houthi adalah upaya terkoordinasi dan mengkhawatirkan yang dilakukan Iran untuk “mengalahkan Amerika Serikat” dan “menyebarkan revolusi Islam Iran.”

“Kami berpura-pura tidak sedang berperang. Namun Iran dan Houthi sedang berperang dengan kami,” kata Bill Roggio, peneliti di Foundation for Defense of Democracies, kepada surat kabar tersebut pada hari Rabu.

Pada hari Selasa, militan yang didukung Iran melancarkan serangan baru terhadap kapal lain di Laut Merah – arteri pelayaran penting – dan menargetkan kapal kontainer dalam perjalanan dari Arab Saudi ke Pakistan dengan rudal angkatan laut.

Seorang pejabat senior militer AS mengatakan pekan lalu bahwa kelompok tersebut melancarkan setidaknya 100 serangan terhadap 14 kapal dagang dan komersial berbeda di Laut Merah selama sebulan terakhir. CNN melaporkan.

Namun menenggelamkan kapal bukanlah tujuan akhir serangan, menurut Roggio.

Pakar militer mengatakan, “Proses penargetan saja sudah cukup.”

Dia menambahkan: “Houthi dan Iran adalah pihak yang menentukan penyeberangan kapal angkatan laut di laut lepas. “Ini sulit dipercaya dan dunia sepertinya tidak berdaya untuk menghentikannya.”

Seorang pemberontak Houthi bersenjata di atas kapal kargo Galaxy Leader, yang ditangkap oleh kelompok ekstremis Houthi pada bulan November. Yahya Arhab/EPA-EFE/Shutterstock

Pasukan Houthi mengintensifkan serangan mereka terhadap kapal-kapal yang melewati Selat Bab al-Mandab – pintu masuk selatan ke Laut Merah dan koridor penting untuk perdagangan di Mediterania – setelah serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober dan perang berikutnya di Gaza, dengan mengklaim bahwa mereka hanya mengincar kapal-kapal yang ditujukan untuk negara Yahudi.

Namun kelompok tersebut telah berulang kali menembaki kapal, dan bahkan menaiki kapal tersebut, tanpa ada hubungan yang jelas dengan Israel.

READ  Audit Comey dan McCabe: Seberapa besar kemungkinan itu suatu kebetulan?

Serangan tersebut telah menjadi masalah besar sehingga lima perusahaan pelayaran terbesar di dunia, termasuk Maersk, BP dan MSC Mediterranean, telah menghentikan operasinya di Laut Merah.

Roggio mengatakan, mendikte persyaratan untuk melintasi salah satu jalur pelayaran laut terpenting di dunia dan mengganggu perdagangan di seluruh dunia adalah tujuan sebenarnya Houthi – dan merupakan bagian dari rencana Iran untuk mengusir Amerika Serikat dari Timur Tengah.

“Ini semua adalah bagian dari rencana Iran yang lebih besar untuk mengalahkan Amerika Serikat, agar Amerika Serikat meninggalkan Timur Tengah, sehingga bisa menyebarkan revolusi Islam Iran di Irak dan Suriah, dan di Lebanon. Ia menjelaskan, mengalahkan Israel berarti mengalahkan Saudi.

“Houthi memainkan peran mereka.”

Kapal kargo MSC Mediterania di Terusan Suez. Jalur pelayaran tersebut merupakan salah satu dari beberapa jalur yang terhenti operasinya di Laut Merah. Mohamed Hossam/EPA-EFE/Shutterstock

Kelompok Houthi telah menguasai ibu kota Yaman sejak tahun 2015 dan melancarkan perang saudara melawan pasukan yang didukung Saudi untuk mendapatkan kendali penuh atas negara tersebut.

Mereka hanyalah salah satu dari banyak kelompok ekstremis di kawasan ini – termasuk Hamas dan Hizbullah Lebanon – yang menerima dukungan dan perintah dari Iran dan menyebut diri mereka sebagai “Poros Perlawanan.”

“Ini adalah milisi, terutama milisi Syiah, yang didukung, didanai dan dilatih oleh Iran. Roggio mengatakan: Milisi Irak dan milisi Suriah menyerang pangkalan Amerika di Irak dan Suriah.

Jika Houthi dapat mengganggu perdagangan di wilayah tersebut secara signifikan hingga memaksa Amerika Serikat untuk meyakinkan Israel agar menghentikan kampanyenya untuk sepenuhnya melenyapkan Hamas di Gaza, maka hal ini akan menjadi kemenangan besar bagi pengaruh Iran di dunia.

Roggio menjelaskan: “Jika Hamas selamat dari perang ini, ini akan menjadi kekalahan bagi Israel, kemenangan bagi poros perlawanan, dan kemenangan bagi Iran.”

READ  Viktor Sokolov, laksamana Rusia yang mengaku tewas dalam serangan Ukraina, muncul dalam wawancara video

Dia menambahkan: “Mereka akan membuktikan bahwa Iran dan sekutunya mampu mengarahkan hasil politik dari perang di Timur Tengah.”

Sebuah kapal Angkatan Laut AS mencegat rudal dan drone yang diluncurkan oleh Houthi di Laut Merah pada bulan Oktober. Angkatan Laut AS/AFP melalui Getty Images

Amerika Serikat menanggapi meningkatnya serangan di Laut Merah dengan mengirimkan kelompok penyerang kapal induk USS Eisenhower ke wilayah tersebut sebagai bagian dari Operasi Sentinel Kemakmuran, yang diluncurkan pada 18 Desember.

Pada hari Selasa, pasukan AS menembak jatuh rentetan rudal Houthi dan menyerang drone selama serangan 10 jam di Laut Merah.

Namun Roggio memperingatkan bahwa strategi pertahanan ini, tanpa agresi, tidak ada gunanya.

Dia mengatakan bahwa keengganan pemerintahan Biden untuk merespons dengan kekerasan adalah kemenangan bagi Iran.

“Kami mengajarkan kepada musuh dan penentang kami bahwa kami tidak serius dan kami tidak boleh dianggap serius,” katanya.

Roggio menambahkan, alih-alih Amerika Serikat mengkhawatirkan eskalasi konflik, Biden perlu membuat rakyat Iran takut terhadap AS.

“Kita tidak harus berperang habis-habisan dengan Iran. Tapi kita tentu punya kemampuan untuk membuat Iran menanggung akibatnya.”

Jika Iran ingin memainkan permainan itu, Anda harus menghentikan gertakan mereka. Jika tidak, mereka akan melanjutkannya. Apa yang mereka lakukan sekarang berhasil, yaitu menghentikan pelayaran internasional. Berapa lama kita akan menangani hal ini?”

Muat lebih banyak…




https://nypost.com/2023/12/27/news/red-sea-atches-a-part-of-iranian-axis-of-resistance-plot-to-defeat-us-experts-warn/?utm_source =url_sitebuttons&utm_medium=situs%20buttons&utm_campaign=situs%20buttons

Salin URL berbagi