Mei 21, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Nazanin dan Ashouri tiba di Inggris setelah cobaan berat di penjara Iran

Nazanin dan Ashouri tiba di Inggris setelah cobaan berat di penjara Iran

Pekerja bantuan Inggris-Iran Nazanin Zaghari-Ratcliffe dan Anousha Ashouri tiba di Inggris dari Iran pada hari Kamis, mengakhiri cobaan yang berubah menjadi tawar-menawar dalam pembicaraan Iran dengan Barat mengenai program nuklirnya.

Mereka tiba di Pangkalan Udara Militer Inggris Brize Norton di Oxfordshire, tak lama setelah pukul 01.00 waktu setempat, setelah kembali melalui singgah sebentar di Amman. Mereka turun dari pesawat bersama-sama, tersenyum dan melambai saat memasuki gedung terminal.

“Ini benar-benar 48 jam yang sulit,” kata Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss tak lama setelah Zaghari-Ratcliffe dan Ashouri tiba di pangkalan. “Harapannya adalah mereka akan dibebaskan, tetapi kami tidak yakin sampai menit terakhir, jadi itu sangat emosional tetapi juga saat yang membahagiakan bagi keluarga.”

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Perdana Menteri Boris Johnson merayakan pembebasan pasangan itu di Twitter pada hari sebelumnya.

“Saya senang mengonfirmasi bahwa penahanan tidak adil terhadap Nazanin Zaghari-Ratcliffe dan Anousha Ashouri di Iran telah berakhir hari ini, dan mereka sekarang akan kembali ke Inggris,” kata Johnson dalam sebuah tweet.

Suami Zaghari-Ratcliffe, Richard, mengatakan cobaan panjang tampaknya telah berakhir. “Ini hanya gagasan bahwa kita dapat kembali menjadi keluarga normal, bahwa kita tidak harus terus berjuang, bahwa perjalanan panjang ini akan segera berakhir,” katanya kepada Reuters di luar rumahnya di London sebelum istrinya mendarat.

Sebuah pernyataan dari keluarga Ashouri berterima kasih kepada semua orang yang bekerja untuk pembebasannya. “1672 hari yang lalu, fondasi keluarga kami terguncang ketika ayah dan suami kami ditangkap secara tidak adil dan diambil dari kami.

“Sekarang, kita dapat berharap untuk membangun kembali fondasi yang sama dengan landasan kembali di tempatnya.”

READ  Brasil: Hujan lebat dan tanah longsor menewaskan puluhan orang di kota pegunungan

Antonio Zabula, kepala eksekutif dari Thomson Reuters Foundation, majikan Zaghari-Ratcliffe, mengatakan pembebasannya adalah “sinar cahaya dan harapan” pada saat dunia sedang kacau. Foundation adalah organisasi amal yang beroperasi secara independen dari Thomson Reuters dan cabang beritanya, Reuters.

Pada bulan Februari, ketika berbulan-bulan pembicaraan tentang menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 mendekati kesepakatan, Iran, yang menahan puluhan orang dengan kewarganegaraan ganda Barat, mengatakan siap untuk menukar tahanan dengan imbalan pencabutan embargo aset yang dibekukan dan pembebasan orang Iran yang ditahan. di penjara barat.

Pembicaraan nuklir berada di ambang kesepakatan 11 hari yang lalu ketika tuntutan Rusia pada menit-menit terakhir untuk jaminan komprehensif yang akan membatalkan sanksi yang dikenakan setelah invasi ke Ukraina menggagalkan negosiasi.

Para diplomat mengatakan Rusia sekarang tampaknya telah mempersempit tuntutannya untuk hanya memasukkan pekerjaan yang terkait dengan kesepakatan nuklir, meninggalkan sejumlah kecil masalah yang harus diselesaikan antara Washington dan Teheran.

Secara terpisah, Inggris mengatakan bahwa aktivis lingkungan Iran-Amerika yang ditahan Morad Tahbaz, yang juga memegang kewarganegaraan Inggris, dibebaskan setelah cuti pada hari Rabu.

hutang kapal tanker

Kantor berita semi-resmi Iran Fars mengatakan Zaghari-Ratcliffe dan Ashouri dibebaskan setelah Inggris membayar utang bersejarah.

Penguasa ulama Iran mengatakan Inggris berutang kepada Iran 400 juta pound ($ 520 juta), yang mantan raja Iran, Shah, bayar untuk 1.750 tank dan kendaraan lainnya, hampir tidak ada yang dikirim setelah revolusi Islam 1979 menggulingkan angkatan bersenjata yang didukung dari Amerika Serikat. Pemimpin.

READ  Wakil Presiden AS Harris menyerukan penyelidikan atas kejahatan perang terhadap Rusia

Truss mengatakan Inggris sedang mempelajari cara untuk membayar utang.

“Kami memiliki kekaguman terdalam atas tekad, keberanian, dan tekad yang ditunjukkan oleh Nazanin, Anousha, Murad dan keluarga mereka. Mereka telah menghadapi kesulitan yang tidak boleh dialami oleh keluarga mana pun, dan ini adalah momen yang sangat menghibur.” .” pernyataan.

“Secara paralel, kami juga melunasi utang IMS, seperti yang kami katakan,” tambahnya, merujuk pada utang peralatan militer. Ia menambahkan bahwa utang telah sepenuhnya diselesaikan sesuai dengan sanksi internasional yang dikenakan pada Iran, dan bahwa dana tersebut akan dilindung nilai untuk membeli “barang kemanusiaan”.

Diplomat top Iran, Hossein Amirollahian, mengatakan pada hari Rabu bahwa Inggris telah membayar hutangnya beberapa hari yang lalu, menyangkal adanya hubungan antara pembayaran dan pembebasan tahanan.

Kunjungan terlarang

Kesulitan Zaghari-Ratcliffe yang berlarut-larut dimulai dengan penangkapannya oleh Pengawal Revolusi di bandara Teheran pada 3 April 2016, ketika mencoba untuk kembali ke Inggris dengan putrinya yang berusia 22 bulan Gabriella setelah mengunjungi Tahun Baru Iran bersama orang tuanya.

Kemudian, pengadilan Iran menghukumnya karena merencanakan untuk menggulingkan pendirian agama. Keluarganya dan yayasan membantah tuduhan itu.

Ashouri dijatuhi hukuman 10 tahun penjara pada 2019 karena memata-matai Mossad Israel dan dua tahun karena “mendapatkan dana ilegal,” menurut pengadilan Iran.

Yayasan Thomson Reuters mengatakan Zaghari-Ratcliffe telah melakukan perjalanan ke Iran dalam kapasitas pribadinya dan tidak bekerja di Iran.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Laporan Paris Hafezi). Pelaporan tambahan oleh Dan Whitcomb, Eric Beech, dan Kantor Inggris. Ditulis oleh Michael Georgi dan Samia Nakhoul. Diedit oleh John Boyle dan Jerry Doyle

READ  Finlandia akan memutuskan apakah akan bergabung dengan NATO dalam beberapa minggu mendatang, bukan bulan

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.