Mei 29, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Nasionalis Irlandia Sinn Fein memenangkan kemenangan bersejarah dalam pemilihan Irlandia Utara

Nasionalis Irlandia Sinn Fein memenangkan kemenangan bersejarah dalam pemilihan Irlandia Utara

Sinn Féin mengalahkan Partai Persatuan Demokratik (DUP) dalam pemungutan suara untuk memilih 90 anggota Majelis Nasional wilayah tersebut, memenangkan kursi terbanyak, 27, dan menerima bagian tertinggi dari suara preferensi pertama. Bandingkan dengan 24 kursi untuk Partai Persatuan Demokrat dan 17 kursi untuk Partai Aliansi.

Penghitungan suara masih berlangsung pada hari Sabtu, dengan 88 dari 90 kursi dihitung, menurut Kantor Pemilihan Irlandia Utara.

Sinn Fein sekarang di pole position untuk menunjuk menteri pertama untuk pertama kalinya. Partai tersebut menentang Irlandia Utara menjadi bagian dari Britania Raya dan mendukung penyatuan Irlandia.

“Persiapan untuk perubahan konstitusi di Irlandia harus dimulai sekarang,” kata ketua partai Sinn Fein Mary Lou MacDonald kepada CNN Jumat malam saat hasilnya mulai muncul. “Kita perlu menyadari fakta bahwa perubahan sedang berlangsung.

“Ini adalah tekad mutlak saya bahwa perubahan ini sepenuhnya damai,” tambahnya.

klausa dalam Kesepakatan Damai 1998ditandatangani dengan pemerintah Inggris dan Irlandia setelah beberapa dekade konflik berdarah yang dikenal sebagai The Troubles, yang menunjukkan bahwa referendum tentang persatuan Irlandia dapat diadakan jika tampaknya mayoritas pemilih akan mendukungnya.

Hari itu tetap sulit dipahami meskipun hasil pemungutan suara hari Kamis. Kemunculan Sinn Fein sebagai partai terbesar di Irlandia Utara mungkin memaksa pembicaraan tentang apa yang disebut jajak pendapat perbatasan.

Sinn Fein terkait erat dengan Tentara Republik Irlandia, yang melakukan kampanye militer berdarah selama tiga dekade untuk mengakhiri kekuasaan Inggris dan menyatukan pulau Irlandia, meskipun sejak saat itu partai tersebut memposisikan dirinya sebagai partai politik sayap kiri populis yang berfokus pada isu-isu sosial. di utara. dan selatan perbatasan.

Partai ini mencalonkan diri dalam pemilihan Parlemen Inggris tetapi tidak mengambil kursi yang dimenangkannya. Dia sebelumnya pertunjukan yang kuat Pada pemilihan umum tahun 2020 di Republik Irlandia.

Keberhasilannya dalam jajak pendapat Irlandia Utara Kamis didukung oleh segmen DUP, yang telah menjabat sebagai menteri pertama sejak 2007 dan secara singkat mendukung pemerintah Konservatif Theresa May di Westminster sejak 2017.

READ  Boris Johnson menjanjikan bantuan militer baru ke Ukraina setelah kunjungan mendadak Perdana Menteri Inggris ke Kyiv