Juli 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

NASA secara keliru menyiarkan pesan darurat kepada astronot

NASA secara keliru menyiarkan pesan darurat kepada astronot

NASA telah mengonfirmasi bahwa audio yang beredar luas di media sosial tentang para astronot yang bernasib buruk itu adalah simulasi yang disiarkan di saluran YouTube-nya secara tidak sengaja.

Dalam klip tersebut, yang akan digunakan untuk tujuan pelatihan, sebuah suara mengatakan bahwa seorang astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional memiliki peluang “rendah” untuk bertahan hidup.

Tayangan klip tersebut pada Rabu malam memicu spekulasi online tentang kemungkinan keadaan darurat di luar angkasa, namun NASA mengatakan semua anggota Stasiun Luar Angkasa Internasional selamat.

ISS

Perusahaan swasta “SpaceX”. Juga diposting di media sosial Mengatakan bahwa tidak ada keadaan darurat di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Insiden yang terjadi pada pukul 23:28 GMT ini membuat sebagian orang percaya bahwa astronot sungguhan menderita penyakit dekompresi luar angkasa.

Hal ini dibuat lebih dapat dipercaya karena, tidak seperti audio palsu yang biasanya muncul pertama kali dari sumber palsu, audio tersebut disiarkan di saluran resmi NASA.

Dalam rekaman audio yang dibagikan di media sosial, seseorang meminta kru Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk membantu memasukkan astronot ke dalam pakaian antariksa, memeriksa denyut nadinya, dan memberinya oksigen.

Meskipun NASA telah mengonfirmasi bahwa rekaman audio tersebut dibagikan karena kesalahan, NASA belum memverifikasi secara independen bahwa rekaman yang dibagikan secara online adalah sama dengan rekaman yang disiarkan.

Penyakit dekompresi, juga dikenal sebagai “tikungan”, adalah masalah yang umumnya dikaitkan dengan penyelaman, dimana gelembung terbentuk di dalam tubuh karena perubahan tekanan eksternal.

Astronot mengikuti protokol untuk mengeluarkan nitrogen dari tubuh untuk mencegah hal ini terjadi di luar angkasa.

READ  Perubahan suhu dan banyak lagi: Bagaimana gerhana matahari mengubah cuaca

Menurut NASA, anggota awaknya di Stasiun Luar Angkasa Internasional sedang tertidur pada saat rekaman audio disiarkan, sebagai persiapan untuk perjalanan luar angkasa pada pukul 13.00 GMT pada hari Kamis.

Dia mengatakan ini akan berlanjut sesuai rencana semula.