Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Momen penting terungkap dalam penggalian kuno

Momen penting terungkap dalam penggalian kuno

Para peneliti telah secara akurat menentukan usia fosil multiseluler purba tersebut hingga 565 juta tahun yang lalu, menggunakan lapisan abu vulkanik sebagai penanda waktu. Temuan ini, berdasarkan fosil dari Wales dan situs serupa di seluruh dunia, menjelaskan periode penting dalam sejarah bumi, ketika kehidupan kompleks mulai berkembang setelah zaman es global. (Konsep artis.) Kredit: SciTechDaily.com

Sebuah studi baru secara tepat mencatat fosil-fosil multiseluler purba, mengungkap momen-momen penting dalam sejarah bumi dan evolusi kehidupan kompleks setelah zaman es global.

Penelitian yang dilakukan oleh Curtin University untuk pertama kalinya secara akurat menentukan tanggal beberapa fosil kehidupan multiseluler kompleks tertua di dunia, membantu menelusuri momen penting dalam sejarah bumi ketika lautan mulai dipenuhi dengan bentuk kehidupan baru – empat miliar tahun setelah kehidupan. Ini hanya berisi mikroba bersel tunggal.

Untuk menentukan usia fosil, para peneliti menggunakan lapisan abu vulkanik sebagai penanda urutan geologi, kata penulis utama, mahasiswa PhD Anthony Clarke, dari Mineral Systems Timeline Group di Curtin School of Earth and Planetary Sciences.

“Di situs Coed Cochion Quarry di Wales, yang berisi kehidupan laut dangkal terkaya di Inggris, kami menggunakan mulut gunung berapi purba yang menutupi fauna tersebut sebagai penanda waktu untuk menentukan usia fosil secara tepat hingga 565 juta tahun yang lalu, dengan akurasinya 565 juta tahun,” kata Clark. “0,1 “Persen.”

“Dengan ditemukannya fosil Ediacaran serupa di berbagai situs di seluruh dunia termasuk Australia, penanggalan fosil tersebut mengidentifikasi mereka sebagai bagian dari komunitas hidup purba yang berkembang seiring pencairan Bumi dari Zaman Es global.

“Makhluk ini dalam beberapa hal mirip dengan kehidupan laut modern Menggolongkan Seperti ubur-ubur, namun dengan cara lain yang aneh dan asing. Ada yang tampak seperti pakis, ada yang tampak seperti kubis, dan ada pula yang tampak seperti pena laut.

Pedesaan Welsh dekat tambang Cod Cochion

Pedesaan Welsh dekat tambang Coed Cochion, tempat fosil ditemukan. Kredit: Universitas Curtin

Rekan penulis studi, Profesor Chris Kirkland, juga dari Timescales of Mineral Systems Group di Curtin, mengatakan fosil-fosil tersebut diberi nama berdasarkan Perbukitan Ediacara di Flinders Ranges, Australia Selatan, tempat mereka pertama kali ditemukan, sehingga mengarah pada penemuan pertama mereka. Periode geologi baru Didirikan lebih dari satu abad.

READ  Bumi menerima pesan sinar laser dari jarak 10 juta mil

“Fosil Welsh ini tampaknya sebanding dengan fosil Ediacara yang terkenal di Australia Selatan,” kata Profesor Kirkland.

“Fosilnya termasuk makhluk yang berbentuk cakram Espedilla TiranovicaIni menampilkan beberapa bukti paling awal organisme multiseluler berskala besar, menandai titik balik dalam sejarah biologis bumi.

“Fosil Ediacaran mencatat respons kehidupan terhadap pencairan es akibat glasiasi global, menunjukkan hubungan mendalam antara proses geologi dan biologi.

“Studi kami menggarisbawahi pentingnya memahami ekosistem kuno ini untuk mengungkap rahasia masa lalu bumi dan membentuk pemahaman kita tentang evolusi kehidupan.”

Referensi: “Penanggalan zirkon dan rutil U-Pb di Llangynog Inlier, Wales: kendala pada kumpulan fosil laut dangkal Ediacaran dari Avalonia timur” oleh Anthony J. I. Clarke, Christopher L. Kirkland, Latha R. Menon, Daniel J. Condon, John C.W. Cope, Richard E. Bevins dan Stegen Glory, 15 Januari 2024, Jurnal Masyarakat Geologi.
doi: 10.1144/jgs2023-081