Maret 4, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Axiom dan SpaceX mengganggu jalur tradisional Eropa menuju luar angkasa

Axiom dan SpaceX mengganggu jalur tradisional Eropa menuju luar angkasa
Perbesar / Roket Falcon 9 meluncurkan misi Axiom-2 pada 21 Mei 2023.

Luar AngkasaX

Badan Antariksa Eropa (ESA) telah mencapai kesepakatan dengan Axiom Space untuk mengirim lebih banyak orang Eropa ke orbit. Namun apakah kemitraan ini menguntungkan pembayar pajak Eropa yang mendanai operasi badan tersebut?

Pada hari Rabu, 17 Januari, misi ketiga yang didanai swasta dari perusahaan penerbangan luar angkasa komersial AS, Axiom Space, dijadwalkan lepas landas dari Kennedy Space Center di Florida dengan menggunakan roket SpaceX Falcon 9. Di dalam kapsul Crew Dragon akan terdapat kuartet penjelajah luar angkasa, termasuk pilot pesawat tempur Swedia Markus Wandt.

Wandt akan terbang di bawah bendera Badan Antariksa Eropa (ESA), meski ia bukan astronot ESA. Pada putaran perekrutan astronot Eropa tahun 2022, Wandt tidak masuk dalam lima besar astronot Eropa yang “cocok”, yang menjadi anggota awak ESA dan memulai pelatihan astronot pada tahun 2023. Sebaliknya, ia terpilih sebagai anggota cadangan astronot pertama ESA. . Pool, sebuah masalah baru yang dikembangkan oleh Badan Antariksa Eropa dengan tujuan mendorong negara-negara anggotanya untuk membiayai misi nasional di samping kontribusi rutin mereka terhadap anggaran ESA. Swedia adalah negara pertama yang memanfaatkan peluang ini pada April tahun lalu, dengan membiayai penerbangan luar angkasa Wandt selama dua minggu melalui kontrak yang ditengahi oleh Badan Antariksa Eropa sebagai bagian dari nota kesepahaman yang ditandatangani badan tersebut dengan perusahaan komersial AS Axiom Space pada Oktober 2023.

Tiket untuk naik

Wandt adalah astronot cadangan pertama, namun bukan satu-satunya, yang mendapatkan tiketnya ke luar angkasa, sementara rekan-rekannya yang tampaknya lebih sukses yang telah membentuk tim astronot yang tepat masih dalam pelatihan. Polandia juga telah mendaftar dan berharap untuk mengirim pasukan cadangannya, Sawałowsz Oznański, dalam misi lain untuk Axiom akhir tahun ini.

READ  Misi luar angkasa baru ke bulan, Jupiter, dan dunia logam akan diluncurkan pada tahun 2023

Dibandingkan dengan total investasi mereka dalam kegiatan luar angkasa, harga yang harus dibayar negara-negara ini untuk melihat warganya terapung dalam gayaberat mikro tidaklah signifikan. Pada Dewan Menteri ESA pada November 2022, pertemuan puncak tiga tahunan negara-negara anggota yang mengambil keputusan Anggaran agensi Untuk periode tiga tahun ke depan – Swedia menjanjikan €317 juta ($355 juta).

berdasarkan Iklan 2018, Ruang Aksioma Ia menjual penerbangan luar angkasa 10 hari seharga $55 juta per kursi. Total biaya per tugas kemungkinan akan sedikit lebih tinggi. Tahun lalu, Hongaria menandatangani perjanjian Kontrak langsung dengan Axiom Mengirim warga negara Hongaria ke Stasiun Luar Angkasa Internasional secara independen dari Badan Antariksa Eropa. Hongaria membahas rencana tersebut Untuk misi nasional pada tahun 2022, biaya proyek diperkirakan sekitar $100 juta pada saat itu. Berdasarkan perkiraan ini, Swedia dapat dengan mudah membayar kontribusi tahunan yang setara dengan anggaran Badan Antariksa Eropa untuk mengirim Wandt ke luar angkasa.

Selain Wandt dan Oznansky, kelompok astronot cadangan ESA mencakup sembilan kandidat lainnya, tidak ada satupun yang secara resmi ditunjuk untuk ESA. Dengan mengisi kumpulan astronot cadangan ini, ESA tampaknya telah menciptakan pasar untuk Axiom Space, sebuah langkah yang mungkin menimbulkan pertanyaan mengingat tujuan badan tersebut adalah untuk meningkatkan sektor luar angkasa Eropa. Faktanya, itu Perjanjian Konstitutif Badan Antariksa Eropa Perjanjian ini menganut prinsip keuntungan geografis, yang memberikan negara-negara anggota pengembalian setidaknya 80 persen atas kontribusi mereka terhadap anggaran ESA dalam bentuk kontrak penelitian dan pengembangan. Meskipun biaya misi Axiom ditanggung oleh Badan Antariksa Eropa, sebagian besar dana tersebut disalurkan ke Axiom Space yang berbasis di Texas dan penyedia peluncurannya, SpaceX.

READ  Melacak imigran pertama di Amerika Utara melalui Sea Ice Highway

Kontrak rahasia

Badan Antariksa Eropa menolak untuk mengungkapkan rincian perjanjian antara Axiom Space dan Swedia, dan menggambarkannya sebagai “data hak milik karena dilakukan melalui kontrak komersial rahasia.” Badan Antariksa Nasional Swedia tidak menanggapi permintaan komentar Ars Technica.

Pengumuman Polandia mengenai misi nasional Oznanski dibuat pada bulan Agustus tahun lalu, disertai dengan peningkatan yang menakjubkan dalam kontribusi negara tersebut terhadap anggaran Badan Antariksa Eropa. Pada Dewan Menteri tahun 2022, Polandia mengalokasikan €197 juta untuk kegiatan badan tersebut dari tahun 2023 hingga 2025. Pada bulan Agustus, Badan Antariksa Polandia menggandakan kontribusi ini, memberikan tambahan €295 juta ($322 juta). Tidak jelas berapa banyak uang yang akan digunakan untuk penerbangan luar angkasa Oznansky.

Beberapa bulan setelah pengumuman kelompok cadangan astronot, Axiom Space mulai aktif menjangkau negara asal para cadangan tersebut dengan tawaran untuk mengirim pria dan wanita ini ke luar angkasa, menurut surat kabar Inggris “Daily Mail”. Media di Republik Cekoyang baru-baru ini menolak tawaran tersebut.

Selain Swedia dan Polandia, Inggris juga bermaksud menggunakan layanan Axiom dan melakukan misi khusus Inggris yang akan dipimpin oleh astronot semi-pensiunan Tim Peake dari Badan Antariksa Eropa. Ini juga akan mencakup Rosemary Cogan dari Inggris, yang baru-baru ini ditunjuk sebagai salah satu astronot karir ESA, serta cadangan Megan Christian dan astronot John McFaul. Berbeda dengan misi di Swedia dan Polandia, misi di Inggris akan didanai oleh industri swasta Inggris dan bukan oleh pembayar pajak BBC.