Juni 20, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mengunjungi Rusia menjelang kemungkinan pertemuan antara Xi dan Putin

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mengunjungi Rusia menjelang kemungkinan pertemuan antara Xi dan Putin

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi berdiri saat pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan (tidak terlihat) di Ankara, Turki, pada 26 Juli 2023. Stringer/Pool via REUTERS/File Photo Memperoleh hak lisensi

BEIJING, 18 September (Reuters) – Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi pada Senin memulai perjalanan empat hari ke Rusia di mana kedua negara diperkirakan akan menjanjikan kepercayaan politik timbal balik yang lebih dalam, sebagai persiapan untuk kunjungan bersejarah Presiden Vladimir Putin ke Beijing . pada bulan Oktober.

Wang, yang mengepalai Kementerian Luar Negeri dan Kantor Urusan Luar Negeri Partai Komunis yang berkuasa, akan bertemu dengan Sekretaris Dewan Keamanan Nikolai Patrushev untuk pembicaraan keamanan tahunan, kata Kementerian Luar Negeri Tiongkok dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pekan lalu bahwa pembicaraan diplomat veteran itu dengan rekannya Sergei Lavrov akan mencakup “berbagai masalah” termasuk “komunikasi di tingkat tertinggi.”

Wang diperkirakan akan meletakkan dasar bagi kunjungan Putin ke ibu kota Tiongkok untuk menghadiri Forum Belt and Road ketiga setelah mendapat undangan dari Presiden Xi Jinping selama kunjungan tingkat tinggi ke Moskow pada bulan Maret.

Putin menghadiri dua forum Belt and Road pertama di Tiongkok pada tahun 2017 dan 2019.

Namun tidak diketahui apakah dia telah bepergian ke luar negeri sejak Pengadilan Kriminal Internasional mengeluarkan surat perintah penangkapan atas tuduhan mendeportasi ratusan anak secara ilegal dari Ukraina.

Pada tanggal 1 September, Putin mengatakan dia berharap untuk segera bertemu Xi, tetapi tidak secara eksplisit mengkonfirmasi bahwa dia akan melakukan perjalanan ke Tiongkok lagi.

Surat perintah penangkapan, yang dikeluarkan hanya beberapa hari sebelum kunjungan Xi ke Rusia, mewajibkan 123 negara anggota pengadilan untuk menangkap Putin dan memindahkannya ke Den Haag untuk diadili jika ia memasuki wilayah mereka.

READ  Protes berubah menjadi aturan massa, PM memperingatkan polisi

Namun, Tiongkok bukan pihak dalam Statuta Roma yang mengarah pada pembentukan Pengadilan Kriminal Internasional pada tahun 2002.

Juru bicara kementerian Maria Zakharova mengatakan pekan lalu bahwa kunjungan tersebut juga akan menyaksikan pertukaran pandangan terperinci mengenai berbagai isu termasuk Ukraina.

Kunjungan terakhir Wang ke Rusia adalah pada bulan Februari, pada malam peringatan satu tahun invasi Rusia ke Ukraina, yang membuat Amerika Serikat khawatir, yang menuduh kedua negara pada saat itu mempunyai visi yang sama yaitu “perbatasan dapat digambar ulang secara paksa.” .”

Sebelum kunjungan minggu ini, Wang melakukan perjalanan ke Malta untuk melakukan pembicaraan “konstruktif” selama berjam-jam dengan Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan.

Pembicaraan akhir pekan ini adalah yang terbaru dari serangkaian pertemuan tingkat tinggi antara pejabat AS dan Tiongkok yang dapat menjadi landasan bagi pertemuan tahun ini antara Xi dan Presiden AS Joe Biden.

Ryan Wu melaporkan. Pelaporan tambahan oleh Lydia Kelly. Diedit oleh Clarence Fernandez

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru