Juni 26, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Mengapa serangan UAW terhadap GM, Ford, dan Stilants tampaknya tidak bisa dihindari?

Mengapa serangan UAW terhadap GM, Ford, dan Stilants tampaknya tidak bisa dihindari?
  • Kontrak antara serikat pekerja United Auto Workers, General Motors, Ford Motor dan Stellaants berakhir pada pukul 23:59 pada 14 September.
  • Retorika keras dari Presiden UAW Sean Fine, ditambah dengan terungkapnya keluhan NLRB terhadap GM dan Stillants, membuat kemungkinan terjadinya pemogokan pekerja otomotif semakin besar.
  • Setelah kesepakatan awal tercapai antara serikat pekerja dan produsen mobil, para pekerja harus mengesahkan kontraknya, yang merupakan tantangan lain.

Anggota serikat pekerja United Auto Workers mengadakan rapat umum dan pelatihan di dekat pabrik Stellantis di Detroit, 23 Agustus 2023.

Michael Wayland/CNBC

DETROIT — Presiden serikat Pekerja Otomotif Sean Fine tampaknya siap untuk melancarkan barisan piket.

Pemimpin baru serikat pekerja telah berulang kali berjanji untuk melakukan tawar-menawar yang sulit dengan produsen mobil Detroit General Motors, Ford Motor dan Stellaants dalam negosiasi kontrak sebelum berakhir pada pukul 23:59 pada tanggal 14 September.

Dia telah menekankan bahwa ini adalah tenggat waktu yang sulit dan tim kepemimpinannya tidak berencana untuk memperpanjangnya, seperti yang telah dilakukan serikat pekerja di masa lalu, dan bahwa dia tidak takut untuk mengeluarkan sekitar 150.000 pekerja otomotif dari pabrik jika diperlukan.

Dan hal tersebut – ditambah dengan pengungkapan pada Kamis malam bahwa Fine dan serikat pekerja telah mengajukan tuntutan praktik ketenagakerjaan yang tidak adil terhadap GM dan Stillants kepada Dewan Hubungan Perburuhan Nasional, dengan tuduhan bahwa kedua perusahaan tidak bernegosiasi dengan itikad baik – merupakan pemogokan terhadap salah satu perusahaan, jika bukan ketiganya. Produsen mobil, semakin tidak terhindarkan.

Berbeda dengan para pemimpin serikat pekerja sebelumnya, Fine mencoba bernegosiasi dengan ketiga produsen mobil tersebut secara bersamaan, menolak untuk memilih perusahaan “target” yang menjadi fokusnya sambil memperluas kesepakatan dengan perusahaan lain. Dia juga lebih konfrontatif terhadap para pembuat mobil dibandingkan dengan para pemimpin serikat pekerja sebelumnya, dan terkadang melancarkan serangan pribadi terhadap para eksekutif.

Terdapat keyakinan di antara beberapa analis dan pakar industri bahwa pemogokan, atau beberapa pemogokan, mungkin diperlukan untuk meyakinkan anggota UAW bahwa para pemimpin serikat pekerja telah melakukan yang terbaik untuk memenuhi tuntutan tersebut.

READ  Buku pedoman Jim Kramer tentang investasi selama ketidakpastian geopolitik

“Saya perkirakan akan terjadi pemogokan,” kata Art Wheaton, profesor buruh di Workers Institute di Cornell University. “Saya pikir ada kemungkinan yang masuk akal mereka akan menyerang Stellantis terlebih dahulu dan kemudian memberi Ford dan GM waktu beberapa hari lagi untuk memberikan penawaran yang lebih baik.”

Wheaton yakin serangan terhadap Stellantis hampir pasti terjadi mengingat kedua belah pihak masih berjauhan seperti sekarang. Dia mengatakan serikat pekerja dapat menggunakan penghentian ini sebagai peringatan kepada GM dan Ford untuk menyelesaikan kesepakatan mereka.

“Saya pikir pemogokan hampir diperlukan di Stellantis, jika tidak maka perjanjian tersebut tidak akan pernah diratifikasi,” kata Wheaton. “Stellants pergi berperang sambil berkata, ‘Cobalah aku jika kamu berani’.”

Pemogokan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk pemogokan nasional, dimana seluruh pekerja yang terikat kontrak berhenti bekerja, atau berhenti bekerja di pabrik tertentu karena masalah kontrak lokal.

Saat siaran Facebook Live pada 8 Agustus 2023, Presiden UAW Sean Fine

Tangkapan layar

Pemogokan yang berkepanjangan terhadap ketiga produsen mobil tersebut belum pernah terjadi sebelumnya dan akan dengan cepat berdampak pada rantai pasokan mobil, perekonomian AS, dan produksi dalam negeri.

Pemerintahan Biden telah menunjukkan minat khusus dalam perundingan tersebut, termasuk menunjuk penasihat lama Partai Demokrat Gene Sperling untuk memantau situasi di Gedung Putih.

Wall Street telah memperingatkan kemungkinan penghentian bisnis selama beberapa bulan, dan investor memperhatikannya.

Survei singkat terhadap 99 investor yang dilakukan oleh Morgan Stanley menemukan bahwa 58% berpendapat bahwa pemogokan “sangat mungkin terjadi”. Hal ini diikuti oleh 24% yang mengatakan hal tersebut “agak mungkin”. Hanya 16% yang mengatakan bahwa serangan tidak mungkin terjadi, sementara 2% mengatakan “tidak mungkin terjadi sama sekali”.

Pakar industri dan bisnis setuju, dan dengan alasan yang bagus.

Batas waktu kontrak yang akan datang mengikuti retorika agresif Finn dan para pemimpin serikat pekerja lainnya. gerakan buruh selama bertahun-tahun yang mencakup penghentian kerja, termasuk UAW; dan tuntutan ambisius dari serikat pekerja untuk kenaikan gaji sebesar 40% atau lebih, dan mempertahankan layanan kesehatan platinum dan jam kerja 32 jam seminggu.

READ  Inflasi melambat di zona euro, tetapi tekanan mendasar pada harga tetap ada

Tuntutan-tuntutan tersebut biasanya tidak dipublikasikan atau bahkan dilaporkan sepenuhnya sampai mendekati akhir perundingan, sebagian untuk mencoba melakukan tawar-menawar dengan itikad baik namun juga untuk menghindari penetapan ekspektasi—terlalu tinggi atau terlalu rendah—terhadap anggota UAW, yang diharuskan meratifikasi kontrak. setelah Kedua pihak mengumumkan kesepakatan awal.

“Saya selalu mengatakan bahwa cara terbaik untuk mencapai kesepakatan adalah dengan bernegosiasi satu sama lain, bukan melalui surat kabar, televisi, atau di mana pun,” ujarnya. Dennis Devaney, penasihat senior di Clark Hill yang sebelumnya menjabat sebagai anggota Dewan Direksi NLRB dan pengacara General Motors dan Ford. “Saya kira negosiasi publik… tidak akan benar-benar membawa kemajuan.”

Anggota piket serikat Pekerja Otomotif di luar pabrik perakitan Detroit-Hamtramck General Motors pada 25 September 2019 di Detroit.

Michael Wayland/CNBC

Jelasnya, bukan hanya wewenang Fain untuk melakukan pemogokan. Jumlah tersebut bergantung pada Dewan Eksekutif Internasional (IEB) UAW yang beranggotakan 14 orang, dengan Fine sebagai presidennya. Para pemimpin harus, berdasarkan suara yang dihitung, menyetujui penghentian tersebut dengan suara dua pertiga mayoritas.

Lalu ada pertanyaan berapa lama pemogokan akan berlangsung.

Di antara investor yang disurvei, Morgan Stanley menemukan bahwa sebagian besar responden (96%) memperkirakan potensi pemogokan akan berlangsung lebih dari seminggu. Lebih dari sepertiga (34%) memperkirakan aksi mogok akan berlangsung lebih dari sebulan.

GM melaporkan pada saat itu bahwa pemogokan terhadap GM pada tahun 2019 selama putaran terakhir negosiasi kontrak berlangsung selama 40 hari dan merugikan keuntungan produsen mobil sebesar $3,6 miliar pada tahun itu.

UAW memiliki lebih dari $825 juta dana pemogokan, yang digunakan untuk membayar anggota pemogokan yang memenuhi syarat. Pembayaran strike adalah $500 per minggu per anggota.

Dengan asumsi sekitar 150.000 anggota UAW dilindungi kontrak, maka upah mogok akan merugikan serikat pekerja sekitar $75 juta per minggu. Jadi pendanaan sebesar $825 juta akan mencakup sekitar 11 minggu. Satu peringatan: Jumlah ini tidak termasuk biaya layanan kesehatan yang akan ditanggung oleh serikat pekerja, seperti rencana COBRA sementara, yang kemungkinan akan menghabiskan dana lebih cepat.

READ  Di sinilah masalah real estat China dapat meluas

Sepanjang sejarah serikat pekerja, diharapkan para anggota pada akhirnya akan menyetujui kesepakatan apa pun yang dinegosiasikan dan didukung oleh para pemimpin UAW.

Namun, dalam negosiasi baru-baru ini, hal tersebut tidak terjadi dan kedua belah pihak harus kembali ke meja perundingan.

Situasi ini terjadi sebelum dua putaran perundingan, pada tahun 2015, dengan para pekerja dari Fiat Chrysler, sekarang Stellantis, yang memberikan suara menentang kesepakatan awal. Pada tahun yang sama, pekerja terampil GM juga memberikan suara menentang kesepakatan prinsip dengan produsen mobil Detroit, sehingga menunda sertifikasi.

Biasanya, ketika kesepakatan awal telah dicapai antara serikat pekerja dan produsen mobil, anggota dari produsen mobil tersebut kemudian akan dipilih oleh organisasi lokal untuk menentukan apakah mereka akan menerima kesepakatan awal tersebut dan menjadikannya sebuah kontrak. Keseluruhan proses sertifikasi dapat memakan waktu sekitar dua minggu untuk setiap perusahaan.

“Perjanjian awal yang dimiliki UAW dengan produsen mobil sebenarnya adalah serangkaian perjanjian—teks utama, ditambah lampiran untuk berbagai aspek, seperti rencana pensiun dan pensiun, tunjangan perawatan kesehatan, tunjangan pengangguran tambahan, bagi hasil, rencana tabungan pribadi, dan lain-lain. dan asuransi.” Life Kristin Dziczek, penasihat kebijakan otomotif untuk Federal Reserve Bank of Chicago cabang Detroit, mengatakan dalam sebuah pernyataan Entri blog.

Pada tahun 2019, dibutuhkan waktu tambahan delapan minggu untuk menegosiasikan dan meratifikasi ketiga perjanjian tersebut setelah perjanjian tentatif pertama dicapai setelah pemogokan General Motors. Negosiasi dan pemungutan suara mengenai ratifikasi berakhir pada awal Desember.

Juru bicara produsen mobil menolak memberikan komentar langsung untuk artikel ini, namun menegaskan kembali bahwa tim mereka terus melakukan tawar-menawar dengan itikad baik dengan serikat pekerja dengan harapan tercapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.

— Michael Blum dari CNBC berkontribusi pada laporan ini.