Mei 29, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Mengapa jatuhnya Myawaddy, “pintu gerbang” Myanmar ke Thailand, begitu penting? Berita konflik

Mengapa jatuhnya Myawaddy, “pintu gerbang” Myanmar ke Thailand, begitu penting?  Berita konflik

Pejuang anti-kudeta mengatakan mereka telah menguasai kota perbatasan timur, sehingga mendorong tentara terakhir untuk mempercepat penarikan.

Kota Myawaddy selalu dianggap penting dibandingkan ukurannya yang kecil.

Terletak di perbatasan timur Myanmar dan menghadap kota Mae Sot di Thailand di seberang Sungai Moi, tempat ini telah menjadi titik fokus bagi banyak kelompok etnis dan pro-demokrasi yang telah berjuang selama beberapa dekade melawan pemerintahan militer berturut-turut.

Namun sepanjang waktu, kota ini tetap berada dalam kendali pemerintah, kecuali beberapa perselisihan kecil, dengan pemahaman dari organisasi etnis bersenjata yang berbasis di dekatnya bahwa ketidakseimbangan kekuasaan di kota merupakan ancaman terhadap pintu gerbang perekonomian penting bagi seluruh penduduk kota. Myanmar.

Fakta bahwa kota tersebut kini telah jatuh ke tangan pasukan yang dipimpin oleh tentara etnis Karen menunjukkan bahwa dalam perang saudara saat ini, garis pertempuran baru telah ditarik.

Untuk saat ini, kota tersebut relatif tidak terkena dampak pertempuran bulan lalu, namun ribuan penduduk melarikan diri ke Thailand, khawatir bahwa militer di bawah pimpinan Jenderal Min Aung Hlaing akan membalas dengan serangan udara setelah pasukan darat sudah tiada.

Saya telah mengunjungi Mae Sot di seberang perbatasan sejak saya pertama kali tiba di Thailand lebih dari 20 tahun yang lalu.

Namun baru pada bulan Mei 2008 saya menyeberang ke Myawaddy untuk pertama kalinya, menyelinap melintasi perbatasan bersama rekan-rekan dari Al Jazeera, menyamar sebagai turis, untuk meliput referendum nasional yang direkayasa oleh rezim militer yang berbeda, untuk menenangkan seruan internasional untuk perubahan demokratis. di Myanmar. .

Kami menemukan sebuah kota dengan sedikit layanan dasar dan populasi yang sangat curiga terhadap niat pemerintah militer untuk mewujudkan demokrasi sejati bagi masyarakat.

READ  Partai Republik dan Demokrat menyerukan pemungutan suara segera mengenai paket bantuan militer setelah serangan Iran terhadap Israel

Namun referendum membuka peluang kecil, yang akhirnya mengarah pada pemilu 2015, ketika Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) pimpinan Aung San Suu Kyi berkuasa.

Selama waktu itu Myawaddy berkembang pesat.

Pada akhir tahun 1980an, diperkirakan 40 persen produk domestik bruto Myanmar melewati Myawaddy, sebagian besar bergerak secara ilegal melintasi perbatasan.

Seorang perempuan asal Myawaddy menunggu di perbatasan untuk mencoba memasuki Thailand, yang terletak di seberang sungai dari Myanmar [Manan Vatsyayana/AFP]

Baru-baru ini, infrastruktur baru telah ditambahkan. Sebuah jembatan untuk kendaraan barang berat, terminal barang, dan proses bea cukai yang cepat menghasilkan perdagangan legal senilai $1 miliar yang melintasi perbatasan setiap tahunnya.

Pada hari Kamis, ketika sisa-sisa pasukan tempur militer melarikan diri ke stasiun pelayaran untuk mencari jalan yang aman ke Thailand, dan kota itu terkena serangan udara, kontainer makanan dan tanker bahan bakar masih melintasi jembatan dari Thailand.

Perdagangan ini sangat dibutuhkan oleh perekonomian yang terpukul sejak kudeta Februari 2021.

Namun jutaan orang di dalam negeri juga terpaksa meninggalkan rumah mereka akibat pertempuran tersebut, dan ketika saya duduk di bawah Jembatan Persahabatan No. 2, mendengarkan pesawat tempur di udara, dan menyaksikan kelompok bersenjata berpatroli di jalanan, sulit untuk membayangkan Myawaddy sedang beraksi. Sebagai pintu gerbang ke Myanmar.