Mei 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro dituduh memalsukan data vaksinasi virus corona

Mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro dituduh memalsukan data vaksinasi virus corona

Adriano Machado – Reuters

Mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro di depan rumahnya sebelum memberikan kesaksian di depan polisi federal di Brasilia, Brasil, pada 22 Februari 2024.



CNN

Polisi federal negara itu telah mendakwa mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro atas dugaan penipuan atas tuduhan memalsukan data vaksinasi virus corona ketika dia masih menjadi presiden, afiliasi CNN Brasil melaporkan pada hari Selasa.

Polisi mengatakan pemimpin sayap kanan tersebut memerintahkan salah satu pembantu terdekatnya untuk memasukkan data vaksinasi palsu ke dalam sistem Kementerian Kesehatan untuk dirinya dan putrinya, menurut CNN Brasil.

Polisi mengatakan, menurut CNN Brasil, bahwa “bukti yang dikumpulkan” untuk penyelidikan menunjukkan bahwa Bolsonaro bertindak sukarela ketika dia memerintahkan data palsu untuk ditambahkan ke sistem kesehatan negara tersebut.

Ajudan terdekat Bolsonaro, Letkol Mauro Cid, dan 15 orang lainnya juga didakwa atas dugaan partisipasi dalam skema yang sama.

Pengacara Bolsonaro, Fabio Wajngarten, menyebut dakwaan itu “konyol.”

Dia menulis di situs X: “Seluruh dunia mengetahui pendapat pribadi (Bolsonaro) tentang vaksinasi. “Saat menjabat sebagai presiden, dia sepenuhnya dibebaskan dari memberikan kesaksian apa pun dalam perjalanannya.”

Mei lalu, polisi Brasil melakukan operasi penggeledahan dan penyitaan di rumah Bolsonaro di Brasilia sehubungan dengan dugaan penipuan data vaksinasi.

Bolsonaro kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa dia belum menerima vaksinasi Covid-19 dan kartu vaksinasinya tidak dirusak.

Kantor Kejaksaan Agung Brasil sekarang harus memutuskan apakah akan melanjutkan dakwaan.

Bolsonaro telah banyak dikritik di dalam dan luar negeri karena meremehkan tingkat keparahan virus selama pandemi ini, termasuk melarang masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi, meskipun Brasil sedang berjuang melawan wabah virus corona yang parah.

READ  William dan Harry berdiri dengan sepupu mereka di peti mati Ratu

Pada tahun 2021, ia secara terbuka melanggar persyaratan PBB yang mengharuskan delegasi asing menerima vaksinasi sebelum memasuki kantor pusat PBB di New York. beberapa Anggota delegasinya Dia kemudian dinyatakan positif terkena virus.

Dakwaan tersebut muncul ketika Bolsonaro menghadapi tantangan hukum yang semakin besar, termasuk penyelidikan atas dugaan upaya kudeta untuk mempertahankan kekuasaannya setelah ia kalah dalam pemilihan presiden tahun 2022. Beberapa mantan menteri yang bertugas di pemerintahan Bolsonaro juga sedang diselidiki, dan beberapa pembantunya telah diselidiki. telah ditangkap.

Setelah Bolsonaro kalah tipis dalam pemilihan dari Presiden sayap kiri Luiz Inacio Lula da Silva, para pendukungnya melakukan kerusuhan dan menyerbu gedung-gedung pemerintah di Brasilia pada 8 Januari 2023. Bolsonaro membantahnya. hasutan itu Serangan kekerasan di ibu kota.

Tahun lalu, Bolsonaro dilarang mencalonkan diri untuk jabatan politik hingga tahun 2030 oleh pengadilan pemilu tertinggi di negara tersebut. Memanfaatkan kekuatannya dan penyalahgunaan media publik pada masa kampanye pemilu 2022.