Oktober 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Mantan karyawan Apple Xiaolang Zhang mengaku bersalah

Mantan karyawan Apple Xiaolang Zhang mengaku bersalah

Pemandangan udara Apple Park di Cupertino, California, AS pada 28 Oktober 2021.

Tiffon Coskun | Agensi Anadolu | Gambar Getty

Xiaolang Zhang, mantan apel Seorang karyawan yang dituduh mencuri file komputer yang berisi rahasia dagang tentang divisi mobil rahasia Apple mengaku bersalah di pengadilan federal di San Jose, Senin.

Perjanjian pengakuan bersalah antara Zhang dan pemerintah AS disegel, menurut Pengajuan pengadilan Senin. Zhang menghadapi hukuman 10 tahun penjara dan denda $250.000 setelah mengaku bersalah atas pencurian rahasia dagang. Putusan itu akan dibacakan pada November mendatang.

Zhang dituduh mengunduh file internal Apple tentang proyek mobil perusahaan – khususnya, dokumen setebal 25 halaman termasuk diagram rekayasa papan sirkuit untuk kendaraan otonom. Zhang juga dituduh mengambil manual referensi dan PDF yang menjelaskan prototipe Apple dan persyaratan pembuatan prototipe.

Zhang ditangkap oleh agen federal pada Juli 2018 di bandara San Jose, karena ia bermaksud melakukan perjalanan ke China. Dia sebelumnya bekerja di Apple sejak 2015, terakhir sebagai insinyur perangkat keras di tim kendaraan otonom Apple, menurut dokumen pengiriman dari FBI dan Kantor Kejaksaan AS.

Tuduhan itu memberi bocoran ke sisi rahasia Apple yang tidak diakui perusahaan itu bahkan bertahun-tahun kemudian: divisinya mengembangkan mobil listrik otonom.

Dalam dokumen pengiriman 2018, seorang agen FBI mengatakan perusahaan ini memiliki sekitar 5.000 karyawan yang “diungkapkan”, yang berarti mereka memiliki pengetahuan tentang proyek tersebut, dan 2.700 “karyawan penting” yang memiliki akses ke materi dan basis data proyek.

Apple menggunakan perangkat lunak internal untuk melacak karyawan yang diungkapkan tentang proyek, dan yang diharuskan menghadiri pelatihan kerahasiaan secara langsung, menurut pengaduan. Zhang bekerja di tim komputasi untuk proyek Self-Driving Cars, yang merancang dan menguji papan sirkuit untuk sensor.

READ  Kraft Macaroni & Cheese telah berubah nama menjadi Kraft Mac & Cheese

Skema desain sirkuit adalah salah satu rahasia dagang paling berharga dalam industri elektronik.

Apple awalnya mencurigai Zhang mencuri rahasia dagang setelah dia mengambil cuti ayah dan melakukan perjalanan ke China. Ketika dia kembali ke perusahaan, dia mengajukan pengunduran dirinya, mengatakan dia ingin kembali ke China dan merawat ibunya, menurut pengaduan tahun 2018.

Dia mengatakan kepada Apple bahwa dia berencana untuk bekerja untuk Xmotors, sebuah perusahaan kendaraan listrik China terkemuka, dan aksesnya ke jaringan Apple terputus.

Penyelidikan Apple menemukan bahwa Zhang telah mengunduh dokumen dan informasi dari database perusahaan, menurut pengaduan tersebut. Keluhan itu mengatakan kamera sirkuit tertutup Apple menangkap Zhang memasuki laboratorium dan mengeluarkan perangkat, yang kemudian diidentifikasi sebagai papan sirkuit server Linux.

Mantan karyawan Apple lainnya, Jizhong Chen, juga menghadapi tuduhan Terkait dugaan pencurian rahasia dagang dari divisi mobil listrik Apple pada awal 2019. Dalam kasus ini, Chen, warga negara AS, berencana melakukan perjalanan ke China. Chen tidak mengaku bersalah dan diwakili oleh pengacara yang sama dengan Zhang. Tidak ada tanggal percobaan yang telah ditetapkan.

Pengacara Zhang tidak menanggapi permintaan komentar. Perwakilan Apple tidak menanggapi permintaan komentar.