Agustus 20, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Majelis Konstitusi Chili mengajukan proposal untuk konstitusi baru kepada Presiden Chili

Majelis Konstitusi Chili mengajukan proposal untuk konstitusi baru kepada Presiden Chili

Warga Chili akan memutuskan apakah akan mengadopsi atau menolak konstitusi dalam referendum nasional pada 4 September.

Setelah menerima salinan draf dokumen tersebut, Borek berkata: “Saya tahu, dan seluruh Chili memahami bahwa ini tidak mudah. ​​Ini berarti, warga yang terkasih, bahwa demokrasi tidak mudah.”

“Tidak peduli perbedaan sah apa yang mungkin ada mengenai isi teks dan yang akan dibahas dalam beberapa bulan mendatang, ada sesuatu yang harus dibanggakan oleh semua orang Chili – dan itu adalah momen politik, kelembagaan, dan sosial terdalam. krisis yang negara kita alami dalam beberapa dekade, bahwa Chili telah memilih lebih banyak demokrasi dan tidak Kurang dari itu “.

Konstitusi yang diusulkan merupakan penyimpangan dari konstitusi negara saat ini, yang ditulis di bawah pengaruh model neoliberal Universitas Chicago Milton Friedman. Meskipun banyak penyesuaian, mayoritas orang Chili menyalahkannya atas ketidaksetaraan yang mencolok di negara itu.

Konstitusi baru yang diusulkan menekankan faktor sosial dan lingkungan, mengabadikan hak-hak masyarakat adat Chili dan membayangkan sistem perawatan kesehatan nasional yang baru.

Bagaimana menulis konstitusi baru untuk Chili yang terbagi dan tidak setara

Potensi penggantian konstitusi yang diwarisi dari mendiang Jenderal Augusto Pinochet, diktator yang memerintah negara itu dari tahun 1973 hingga 1990, dipicu oleh kenaikan tarif metro tiga tahun lalu.

Protes massal dan kerusuhan di seluruh negeri pada musim gugur 2019 memaksa Presiden Sebastian Pinera saat itu untuk menyetujui referendum untuk menulis ulang konstitusi.

Pada Oktober 2020, lebih dari 78% pemilih Chili menyetujui perubahan konstitusi, dan pada Juni 2021 mereka memilih lagi untuk memilih anggota Majelis Konstituante.

Kiri Gabriel Borek, 35, memenangkan pemilihan presiden Chili

Koalisi kiri-tengah dan sayap kanan yang telah berbagi kekuasaan sejak kembalinya demokrasi pada tahun 1990 sama-sama mendapat pukulan telak, masing-masing hanya meraih 16% dan 24% kursi di parlemen.

READ  Rusia membahas pembunuhan warga sipil dalam intersepsi radio intelijen Jerman

Sebaliknya, orang-orang independen dan pendatang baru dari partai politik sayap kiri dan gerakan sosial menikmati satu jam kejayaan, mengumpulkan 60% suara.

Negara ini sekarang sedang mempersiapkan pemungutan suara untuk konstitusi yang mereka rancang, yang dapat membawa perubahan luas pada masyarakat Chili.