Desember 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Madame Wu, pemilik restoran California yang terkenal, meninggal pada usia 106 | makanan

Sylvia Wu, terkenal di selatan California Restoran yang menarik perhatian bintang Hollywood terbesar dalam empat dekade ini telah meninggal dunia pada usia 106 tahun, lapor Los Angeles Times.

Taman Madame Wu di Wilshire Street di Santa Monica menjadi tujuan makan segera setelah dibuka pada tahun 1959, dan terkenal dengan dapur dan dekorasi bergaya pagoda yang menampilkan patung batu giok, air terjun batu, dan air mancur yang dipenuhi ikan koi.

Wu sendiri terkenal mengenakan gaun sutra sepanjang lantai saat dia bergantian menyapa elit Hollywood dan mengangkat telepon untuk pesanan cepat. Dia meninggal pada 19 September.

Dia terinspirasi untuk membuka restoran setelah tiba dari Cina dan hanya menemukan hidangan Kanton yang berat. “Chop suey ada di mana-mana,” keluhnya kepada USA Today. “Yang Anda lihat hanyalah rumah Chop Sue.”

Di Madame Wu’s Garden, Mae West lebih suka sup semangka dingin, Gregory Peck dan Paul Newman menikmati roti bakar udang dan kepiting, sementara Putri Grace dari Monaco lebih suka bebek Peking, menurut Los Angeles Times.

“Semua orang di kota ini mengenal Madame Wu,” kata pembawa acara TV almarhum Merv Griffin kepada surat kabar itu. “Salah satu wanita tersayang, termanis, paling elegan yang pernah saya kenal.”

Sylvia Wu dan aktor Dustin Nguyen menghadiri California Institute for Cancer Research di Epicurean Gala 1988
Sylvia Wu dan aktor Dustin Nguyen menghadiri Institut Penelitian Kanker California 1988 di Gala Epicurean. Foto: Ron Galella Group/Getty Images

Dia segera menyesal menutup restoran pada tahun 1998, dan membuka Madame Wu’s Asian Bistro & Sushi. Restoran ini tidak bertahan lama tetapi kasih sayang untuk Wu tetap ada. Ketika dia berusia 100 tahun pada tahun 2014, klien lamanya memenuhi ballroom hotel untuk pesta ulang tahunnya.

Lahir Sylvia Cheng pada 24 Oktober 1915, Wu dibesarkan di Jiujiang, barat daya Shanghai, di mana dia belajar memasak sambil melihat seorang pelayan menyiapkan makanan untuk keluarganya yang kaya.

Keluarga itu pindah ke Shanghai dan kemudian Hong Kong. Selama Perang Dunia II, dia naik kapal angkatan laut ke New York City.

Dia kemudian ingat: “Saya tidak tahu bagaimana saya punya nyali.” “Saya tidak punya keluarga di Amerika. Perjalanan itu memakan waktu 40 hari, dan karena perang ada pemadaman listrik di sepanjang jalan.”

Saat belajar untuk mendapatkan gelar di Universitas Columbia, dia bertemu Raja Yan Wu, seorang ahli kimia yang sukses. Mereka menikah, memiliki tiga anak dan pindah ke Los Angeles, di mana dia mengambil pekerjaan teknik di Hughes Aircraft Co. dan menjadi pemilik restoran.

Wu juga menulis buku masak, muncul secara teratur di televisi, dan aktif dalam filantropi, khususnya di Pusat Kanker Kota Harapan setelah putrinya Loretta meninggal karena kanker payudara pada usia 34 tahun.

Wu meninggalkan seorang putra George dan Patrick dan beberapa cucu, menurut Los Angeles Times. Suaminya meninggal pada 2011, dan keduanya telah menikah selama 67 tahun.

READ  Lego menciptakan kembali cabang Dunder Mifflin Scranton kantor