Januari 31, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Lisa andalan Apple telah menjadi “sumber terbuka” berkat Museum Sejarah Komputer

Perbesar / Apple Lisa 1, dirilis pada tahun 1983.

perusahaan apel.

bagian dari Apel Lisa Perayaan Ulang Tahun ke-40, Museum Sejarah Komputer Kode sumber dirilis untuk Lisa OS versi 3.1 berdasarkan Perjanjian Lisensi Akademik Apple. Dengan restu Apple, kode sumber Pascal tersedia untuk Unduh Dari situs web Clearing-House setelah mengisi formulir.

Sistem Perkantoran Lisa 3.1.1 Sejak April 1984, selama era awal Mac, hari ini setara dengan Lisa untuk sistem operasi seperti macOS dan Windows.

Seluruh paket sumber memiliki berat sekitar 26MB dan terdiri dari lebih dari 1.300 file sumber yang dikomentari, dibagi dengan rapi menjadi subfolder yang mereferensikan kode sistem operasi utama Lisa, beberapa aplikasi yang disertakan, dan sistem pengembangan Lisa Toolkit.

Pertama kali dirilis pada 19 Januari 1983, Apple Lisa tetap menjadi perangkat yang berpengaruh dan penting dalam sejarah Apple, memelopori antarmuka pengguna grafis berbasis mouse (GUI) yang masuk ke Macintosh setahun kemudian. Terlepas dari inovasinya, harga tinggi Lisa ($ 9.995 eceran, atau sekitar $ 30.300 hari ini) dan kurangnya dukungan aplikasi menghentikannya sebagai platform. Setahun setelah diluncurkan, Macintosh dengan kemampuan serupa telah menurunkan harganya secara dramatis. Apple meluncurkan revisi besar perangkat keras Lisa pada tahun 1984, kemudian menghentikan platform tersebut pada tahun 1985.

Tangkapan layar sistem kantor Apple Lisa.

Tangkapan layar sistem kantor Apple Lisa.

Lisa bukanlah komputer komersial pertama yang dikirimkan dengan antarmuka pengguna grafis, seperti yang diklaim beberapa orang di masa lalu — kehormatan itu milik Xerox Star — tetapi Lisa OS Diketahui Konvensi penting yang masih kami gunakan di sistem operasi jendela saat ini, seperti ikon seret dan lepas, jendela animasi, tempat sampah, bilah menu, menu tarik-turun, Salin dan tempel pintasanPanel kontrol, jendela bersarang, dan bahkan satu sentuhan Shutdown otomatis sistem.

Dengan dirilisnya kode sumber LisaOS, peneliti dan pendidik kini dapat mempelajari bagaimana pengembang Apple mengimplementasikan fitur-fitur yang secara historis penting tersebut empat dekade lalu. Lisensi akademik Apple mengizinkan penggunaan dan kompilasi kode sumber “hanya untuk penelitian akademik non-komersial, instruksi pendidikan, dan studi pribadi”.

Dulunya adalah Museum Sejarah Komputer rilis mencibir Dari kode pada tahun 2018, tetapi setelah menghabiskan beberapa waktu untuk meninjau, mereka memutuskan untuk menunda rilisnya hingga ulang tahun ke-40 komputer — hadiah yang sempurna untuk menghormati warisan dari mesin penting ini.

READ  YouTube mengakhiri pengujian PIP iOS untuk pelanggan Premium