Oktober 3, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Ledakan Masjid di Kabul: Sedikitnya 10 Orang Tewas, Banyak Lagi Yang Ditakuti

Ledakan Masjid di Kabul: Sedikitnya 10 Orang Tewas, Banyak Lagi Yang Ditakuti

Saluran swasta Afghan Tolo News, mengutip seorang saksi mata, melaporkan bahwa ledakan itu terjadi di daerah Faraji Alaeddin di kota tersebut.

Darurat, sebuah organisasi non-pemerintah yang menyediakan perawatan medis dan bedah gratis untuk warga sipil Afghanistan, mengatakan dalam sebuah tweet di Twitter bahwa 20 orang yang terluka dirawat di rumah sakit setelah ledakan.

Seorang wakil juru bicara PBB mengatakan pada hari Jumat bahwa setidaknya dua anggota staf PBB dan keluarga mereka berada di dalam Masjid Khalifa Sahib pada saat serangan itu.

Farhan Haq mengatakan dia mengutuk serangan itu “dalam istilah yang paling keras,” menggambarkannya sebagai “yang terbaru dari serangkaian serangan membabi buta terhadap sasaran sipil.”

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di Twitter pada hari Jumat, juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid juga mengatakan Dia mengatakan dia mengutuk serangan itu, yang terjadi beberapa hari sebelum akhir Ramadhan.

“Kami mengutuk keras ledakan hari ini di sebuah masjid di distrik keenam Kabul. Pembunuhan brutal selama puasa ini adalah pekerjaan kalangan yang tidak ada hubungannya dengan Islam atau negara.”

Dia menambahkan, “Imarah Islam menyampaikan belasungkawa yang terdalam kepada keluarga para korban, dan para pelaku kejahatan ini akan segera ditemukan dan dihukum, insya Allah.”

Minggu serangan mematikan

Serangkaian ledakan mematikan yang menargetkan terutama Hazara Syiah Masyarakat, banyak kota Afghanistan telah terguncang selama dua minggu terakhir.

Mujahid, juru bicara Taliban, mengatakan 33 orang tewas pekan lalu dan puluhan lainnya cedera dalam ledakan di sebuah masjid di provinsi Kunduz Afghanistan saat salat Jumat.

Ledakan ini mengikuti serangan lain di hari-hari sebelumnya – satu di kota Mazar-i-Sharif Afghanistan utara dan satu lagi di Kunduz, bersama dengan beberapa ledakan awal pekan ini di sebuah sekolah menengah dan pusat pendidikan di Kabul barat.

READ  Jerman mendaftarkan lebih dari 18.000 pengungsi dari Ukraina

Sebagian besar serangan baru-baru ini diklaim oleh organisasi afiliasi ISIS dan lawan Taliban, ISIS-Khorsan (ISIS-K). Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan hari Jumat itu.

Mostafa Salem CNN, Nicola Karim dan CNN Hannah Ritchie berkontribusi pada laporan ini.