November 29, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Latihan militer bersama Indonesia-Nigeria untuk membantu perang melawan teror, penjarahan – Duta Besar – Sun Nigeria

Dari Idoki PalinusAbuja

Itu Duta Besar Indonesia untuk Nigeria, Marsekal Udara Uzra Hendra Harahab (pensiunan), mengatakan latihan militer bersama Indonesia-Nigeria akan membantu mengendalikan ketidakamanan di Nigeria, terutama terorisme dan penjarahan.

Harahap berbicara kepada Daily Sun pada kesempatan Hari Pangan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang diselenggarakan oleh ASEAN Ladies Cycle di Abuja sebagai bagian dari perayaan Hari Perempuan Internasional 2022.

Dubes RI menjelaskan bahwa kedua negara dapat berbagi pengalaman melalui pelatihan militer bersama dan bahwa pelatihan bersama akan membantu Nigeria mengatasi tantangan terorisme karena Indonesia memiliki peran dalam kontra-terorisme, termasuk upaya memerangi perompakan.

Antara lain, Harahab membahas kerja sama budaya kedua negara, perdagangan Indonesia-Nigeria di satu sisi dan perdagangan Indonesia dengan seluruh benua Afrika di sisi lain.

Mengingat latar belakang pariwisata Indonesia yang makmur, bagaimana tingkat kerjasama budaya Indonesia dengan Nigeria?

Padahal, kita sudah memiliki banyak turis dari Nigeria. Mereka datang ke Indonesia untuk bisnis dan pariwisata. Sekarang kami mencoba untuk beriklan, tetapi untungnya untuk Indonesia sudah banyak orang Nigeria yang tahu tentang Indonesia karena banyak sekali orang Nigeria di Indonesia. Mereka memberi tahu keluarga mereka di Nigeria betapa mereka menyukai Indonesia, terutama di industri pariwisata. Nah, ada jenis iklan gratis dari Indonesia ini. Kami sangat senang karena banyak saudara kami dari Nigeria di Indonesia yang mempromosikan pariwisata Nigeria di Indonesia.

Dalam hal kunjungan wisatawan di Indonesia, khususnya Bali, berapa banyak orang yang datang ke Indonesia setiap tahunnya?

Pada saat epidemi, kami memiliki jumlah yang sangat kecil. Sebelum epidemi, kami memiliki banyak turis, tetapi sekarang sudah lebih baik. Tahukah Anda, baru-baru ini kami mengadakan sebuah acara di Bali, khususnya rapat DPR di Bali. Banyak anggota parlemen Nigeria datang ke Indonesia dan negara-negara Afrika lainnya seperti Ghana.

READ  EdgeConneX membeli langkah pertamanya di Indonesia

Apa yang bisa dilakukan Nigeria untuk menjadi salah satu destinasi wisata top dunia seperti Indonesia?

Saya pikir Nigeria juga memiliki potensi yang baik di sektor pariwisata. Hal pertama adalah meningkatkan tingkat keamanan mereka yang datang ke Nigeria dan memungkinkan Nigeria menciptakan sesuatu seperti mungkin wisata Afrika yang sebenarnya, safari, karena kami mengumpulkan semua hewan paling terkenal seperti gorila, singa, dan memasukkannya ke dalamnya. Safari adalah tempat yang sama dan orang-orang akan tertarik. Ada tiga taman safari di Indonesia.

Dari segi perdagangan, apakah ukurannya menguntungkan Indonesia atau Nigeria?

Indonesia dan Nigeria lebih baik membeli minyak mentah dari Nigeria. Selama ini surplus menguntungkan Nigeria karena Nigeria menjual banyak minyak ke Indonesia, di sisi lain, ekspor Indonesia tidak seperti harga minyak mentah. Namun untuk negara-negara lain di Afrika, kecuali Nigeria, volume perdagangan yang menguntungkan Indonesia adalah surplus.

Berapa banyak yang kita bicarakan dalam dolar?

Ini terlalu banyak. Saya tidak tahu berapa dalam dolar, tetapi di Afrika, kami sudah memiliki $ 50 juta. Ini tidak terlalu besar karena kita perlu meningkatkan ukuran bisnis kita.

Akhir tahun lalu, Anda berbicara tentang letter of intent dari kedua belah pihak, terutama antara Kementerian Pertahanan Indonesia dan Nigeria, untuk penandatangan. Anda mengatakan itu mencakup banyak kegiatan seperti industri strategis, pendidikan, pelatihan bersama untuk militer dan perdagangan di bidang peralatan militer. Apa statusnya sekarang dengan letter of intent?

Suratnya sudah selesai dan kedua belah pihak sudah sepakat, dan kita butuh kesempatan kedua Kementerian untuk menandatangani. Kami sudah mengirim surat, mungkin kami punya tiga opsi. Kami meminta Kementerian Pertahanan Nigeria untuk pergi ke Indonesia dan menandatangani dengan Menteri kami. Opsi kedua mungkin menteri kita datang ke sini, opsi ketiga, kita bisa tanda tangan dari jarak di mana kedua belah pihak tidak bersama, tapi Anda tanda tangan di sini, kita tanda tangan di Indonesia. Pilihan lain adalah untuk orang kedua, para menteri luar negeri, untuk menandatangani bersama. Tapi kami sudah mendapat telepon dari Menhan untuk pergi ke Indonesia untuk pertahanan India.

READ  Demokrasi ekonomi Indonesia menjadi oligarki

Bagaimana kerjasama keamanan antara Indonesia dan Nigeria membantu Nigeria dalam memerangi pemberontakan, termasuk penjarahan dan penculikan?

Untuk itu diperlukan surat atau nota kesepahaman (MoU) untuk kerjasama yang berbeda. Salah satu isi dari MoU tersebut adalah harus ada pelatihan bersama, salah satu latihan bersama tentang bagaimana menangani penjarahan, bagaimana menangani terorisme dan sebagainya karena baik Nigeria maupun Indonesia memiliki pengalaman dalam menanganinya. Masalah terorisme. Anda tahu, ada terorisme di Indonesia, tapi kami bisa menyelesaikannya. Dan Nigeria. Oleh karena itu, kita perlu berbagi pengalaman melalui pelatihan bersama.

Indonesia memproduksi perangkat keras militer. Sudahkah Anda memberi Nigeria kesempatan untuk memanfaatkan ini untuk mengatasi tantangan keamanan yang dihadapi Nigeria?

Tentu saja, kami mencoba untuk meningkatkan peralatan militer kami. Militer Nigeria sudah memiliki daftar peralatan yang akan dibeli dari Indonesia. Jadi, kita sudah membahasnya, kita harus menyelesaikannya, karena kerjasama seperti itu tidak mudah. Harus ada beberapa prosedur administrasi. Makanya, dari pihak militer, kami sudah membuat daftar kebutuhan mereka; Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Polisi.