Juli 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

KTT G7: isu-isu utama, agenda dan peserta. Segala sesuatu yang ingin Anda ketahui

KTT G7: isu-isu utama, agenda dan peserta.  Segala sesuatu yang ingin Anda ketahui

BARI (Italia) – KTT G7 dibuka pada hari Kamis dengan kesepakatan mengenai proposal AS untuk mendukung kesepakatan Pinjaman $50 miliar ke Ukraina Dan menggunakan aset-aset Rusia yang dibekukan sebagai jaminan, memberi Kiev tawaran dukungan yang kuat bahkan ketika papan catur politik di Eropa bergeser ke kanan.

Para diplomat mengkonfirmasi bahwa kesepakatan telah dicapai sebelum para pemimpin tiba di Italia selatan untuk menghadiri pertemuan puncak tiga hari. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan hadir dan diperkirakan akan menandatangani perjanjian keamanan bilateral terpisah dengan Presiden AS Joe Biden.

Jauh dari perang di Ukraina, Paus Francis Paus akan menjadi Paus pertama yang berpidato di KTT G7, menambahkan sentuhan ketenaran dan otoritas moral pada pertemuan tahunan yang diadakan tahun ini di wilayah Puglia, Italia. Pada hari Jumat dia akan membicarakannya Janji dan bahaya kecerdasan buatanNamun diperkirakan dia juga akan memperbarui seruannya untuk mengakhiri insiden tersebut secara damai Invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina Dan itu Perang Israel-Hamas di Gaza.

G7 meliputi Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat. Italia yang menjadi tuan rumah KTT tersebut mengundang sejumlah pemimpin Afrika, termasuk presiden Aljazair Abdel Majeed Tebbounedan Presiden Kenya William Ruto dan Presiden Tunisia Kais Saied – untuk memberikan tekanan pada inisiatif pembangunan dan migrasi Italia di benua tersebut.

Tamu lainnya termasuk Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da SilvaPerdana Menteri India Narendra Modi yang baru saja terpilih dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Dengan Biden, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron akan menghadapi pemilu dalam beberapa bulan mendatang, tekanan ada pada G7 untuk melakukan apa yang mereka bisa selagi status quo masih ada.

READ  Ukraina menyelesaikan kuesioner keanggotaan UE

Membekukan aset Rusia untuk mendukung Ukraina

Proposal Amerika mencakup teknik A Pinjaman $50 miliar untuk membantu Ukraina Dalam perangnya melawan Rusia, mereka akan menggunakan bunga yang diperoleh dari keuntungan aset Bank Sentral Rusia yang dibekukan, yang sebagian besar berlokasi di Uni Eropa, sebagai jaminan.

Seorang pejabat Perancis mengatakan dalam pengarahan kepada wartawan pada hari Rabu bahwa keputusan politik telah diambil oleh para pemimpin, namun hal itu tidak terjadi. Detail teknis dan hukum Mekanisme untuk memanfaatkan aset tersebut masih harus dibentuk. Permasalahan ini menjadi rumit karena jika aset-aset Rusia suatu hari nanti akan dibekukan – misalnya, jika perang berakhir – maka rejeki nomplok tersebut tidak dapat digunakan untuk membayar kembali pinjaman, sehingga memerlukan pengaturan pembagian beban dengan negara lain.

Selain kesepakatan tersebut, Sunak mengumumkan bantuan non-militer hingga £242 juta (€286 juta atau $310 juta) ke Ukraina untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaan, energi, dan stabilisasi. Washington juga mengirimkan sinyal dukungan yang kuat Memperluas sanksi terhadap Rusia Untuk menyasar perusahaan Tiongkok yang membantu mesin perangnya.

Papan catur politik baru di Eropa

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni memasuki pertemuan tersebut dengan dukungan dari dalam dan luar negeri setelah partai sayap kanannya tampil lebih kuat dalam pemilihan Parlemen Eropa dibandingkan dalam pemilihan umum nasional pada tahun 2022 yang menjadikannya perdana menteri wanita pertama di Italia. Italia, yang terkenal dengan pemerintahan pintu putarnya, berada dalam posisi yang tidak biasa sebagai negara dengan kekuatan paling stabil di Uni Eropa.

Kinerja para pemimpin dua negara Uni Eropa lainnya di G7, Jerman dan Perancis, tidak begitu memprihatinkan, setelah partai-partai sayap kanan mencapai hasil yang kuat dalam pemungutan suara tersebut. Garis makron Dia menyerukan pemilihan dini Dan Kanselir Jerman Olaf Schulz Partai Sosial Demokrat yang dipimpinnya menempati posisi kedua di belakang partai konservatif utama dan partai sayap kanan Alternatif untuk Jerman (AfD).

READ  Kementerian Kesehatan mengatakan, sedikitnya 35 orang tewas dalam serangan udara Israel terhadap kamp pengungsi di Rafah, beberapa jam setelah Hamas menembakkan roket ke Israel.

Hasilnya, Meloni kemungkinan akan mampu mengarahkan pertemuan tiga hari tersebut menuju hal-hal prioritas utama sekaligus memperkuat perannya di panggung global, kata para analis. Salah satu tanda dari kekuatan sayap kanan mereka yang fleksibel: Kantor Meloni membantah laporan media bahwa Italia berusaha mengurangi bahasa mengenai akses aborsi dalam pernyataan terakhirnya.

Seorang pejabat Perancis, yang berbicara secara anonim sejalan dengan praktik yang biasa dilakukan di kantor Macron, mengatakan ada perbedaan pandangan dengan para perunding Italia mengenai beberapa topik, termasuk kesehatan seksual dan reproduksi serta vaksin.

Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani membenarkan bahwa aborsi sedang dibahas, namun diskusi terus berlanjut.

Nick O’Connell, wakil direktur Dewan Atlantik, mengatakan: “Meskipun hasil terbaru sepertinya tidak akan mengubah fokus KTT G7 mendatang secara mendasar, kemenangan elektoral ini memberikan Perdana Menteri Meloni pengaruh tambahan untuk membingkai KTT ini sebagai ‘Mediterania. pertemuan puncak’.

Hal ini termasuk memajukan agenda imigrasinya ketika Meloni berupaya memanfaatkan platform hubungan non-eksploitatifnya dengan Afrika untuk mendorong pembangunan sekaligus mengurangi migrasi ilegal ke Eropa.

Paus dan kecerdasan buatan

Paus Fransiskus telah menyerukan Perjanjian internasional Untuk memastikan bahwa AI dikembangkan dan digunakan secara etis, dengan mengakui potensi yang ditawarkannya namun menekankan ancaman serius dan eksistensial yang ditimbulkannya.

Dia akan mentransfer kampanye ini ke negara-negara industri di dunia pada saat perang sedang berkecamuk di berbagai bidang. Salah satu kekhawatiran terbesarnya adalah penggunaan kecerdasan buatan di… sektor persenjataan, Hal ini berulang kali menjadi kekhawatiran Paus Jesuit, yang bahkan menggambarkan pembuat senjata tradisional sebagai “pedagang maut.”

Namun Paus Fransiskus juga prihatin dengan arti kecerdasan buatan bagi masyarakat miskin dan paling rentan: teknologi yang dapat menentukan keandalan pemohon hipotek, hak migran untuk mendapatkan suaka politik, atau peluang seseorang untuk melakukan pelanggaran lagi yang sebelumnya pernah dihukum karena melakukan kejahatan. .

READ  Walikota Kyiv mengkonfirmasi bahwa serangan rudal terjadi di kota

Terjadi dimana?

KTT G7 diadakan di sebuah resor mewah luas yang terlihat seperti set teater, sebuah kota palsu yang dirancang menyerupai salah satu dusun bercat putih abad pertengahan di Puglia, namun sebenarnya baru dibangun pada tahun 2010.

Terletak di dekat taman arkeologi sungguhan, Borgo Egnazia memiliki jalan-jalan sempit, vila, restoran, dan alun-alun kota lengkap dengan menara jam. Ini adalah tempat favorit di kalangan selebriti, dan akan tertutup bagi orang luar selama pertemuan berlangsung.

Tidak ada akomodasi bintang lima yang menunggu lebih dari 2.000 polisi dan carabinieri dikerahkan untuk memberikan keamanan. Pada hari Rabu, pihak berwenang menahan kapal pesiar yang dinonaktifkan yang melindungi mereka di pelabuhan Brindisi, setelah serikat polisi mengeluhkan kondisi sanitasi yang tidak dapat diterima di kapal.

Seperti halnya G7 lainnya, beragam kelompok aktivis anti-globalisme, anti-perang, dan anti-iklim mengorganisir protes di sekitar lokasi pertemuan puncak, namun jauh dari tempat para pemimpin bertemu. Salah satu kelompok mengorganisir “Makan Malam Rakyat Miskin” pada Jumat malam untuk menyerukan “perdamaian dan hak-hak masyarakat dan melawan Tujuh Besar yang mengklaim menentukan nasib dunia dan planet kita.”

___

Angela Charlton dan Sylvie Corbett berkontribusi pada laporan dari Paris ini.