November 30, 2021

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Kovit-19: Jokowi telah menyerukan rute perjalanan ASEAN

Presiden Indonesia Joko Widodo kemarin mendesak negara-negara Asia Tenggara untuk mempercepat rencana membuat rute perjalanan regional untuk membantu memperbarui pariwisata dan membantu pulih dari kerusakan ekonomi akibat epidemi COVID-19.

Mengutip data PBB dan WTO, Widodo mengatakan tingkat pembatasan di Asia Tenggara merupakan yang tertinggi di dunia. Karena kasus COVID-19 di 10 anggota ASEAN menurun, pembatasan itu harus dilonggarkan sehingga orang dapat bepergian lebih bebas, katanya.

Berbicara di Forum Bisnis Regional, Widodo menyerukan adopsi segera rute perjalanan regional yang diluncurkan oleh Indonesia tahun lalu, yang mencakup rute imigrasi cepat, sertifikasi vaksinasi, dan langkah-langkah kesehatan standar untuk keberangkatan dan kedatangan.

“Setelah 20 bulan menghadapi epidemi COVID-19 yang mengancam, kita sekarang melihat secercah harapan. Selama seminggu terakhir, kasus COVID-19 di ASEAN telah turun 14 persen, turun 1 persen dari rata-rata global, ”katanya dalam forum yang diselenggarakan menjelang KTT Pemimpin ASEAN tiga hari mulai hari ini.

“Dengan situasi COVID-19 yang masih terkendali, pembatasan ini dapat dilonggarkan, mobilitas dapat dilonggarkan, sekaligus memastikan kita aman dari risiko infeksi,” katanya.

“Jika semua negara ASEAN segera memfasilitasi pergerakan orang yang aman, roda ekonomi akan segera kembali ke jalurnya,” katanya.

Perjalanan intra-ASEAN biasanya menyumbang sekitar 40 persen perjalanan di kawasan ini dan penting untuk memperbarui pariwisata di kawasan itu.

Beberapa negara, termasuk Thailand, bergerak hati-hati untuk membuka kembali pariwisata internasional.

Indonesia telah membuka kembali resor liburannya di Bali untuk turis asing bulan ini setelah lebih dari 80 persen populasinya divaksinasi penuh.

Widodo mengatakan pemerintah secara bertahap akan membuka bagian lain negara di mana tingkat vaksinasi lebih dari 70 persen.

READ  Gempa berkekuatan 6,2 SR guncang Indonesia bagian timur, tidak ada korban jiwa

Indonesia sejauh ini telah sepenuhnya memvaksinasi seperempat dari populasinya.

Widodo menyerukan pemerataan vaksin untuk memastikan bahwa setidaknya 70 persen dari lebih dari 600 juta penduduk ASEAN divaksinasi. Vaksinasi di wilayah ini dilakukan secara acak, dengan Kamboja, Malaysia, dan Singapura memiliki lebih dari 70 persen populasi mereka yang divaksinasi dan bergerak cepat, dengan Myanmar di urutan terbawah dengan kurang dari 10 persen.

Widodo mengatakan ASEAN adalah kawasan dengan pertumbuhan tercepat di dunia dalam hal penggunaan Internet dan perlu memperluas ekonomi digitalnya untuk pertumbuhan.

Ia mengatakan nilai ekonomi digital Indonesia akan mencapai US$ 124 miliar pada tahun 2025, atau setara dengan 40 persen dari total nilai ekonomi digital Asia Tenggara.

“Tindakan cepat kami dalam mengatasi tantangan kesehatan, mengaktifkan kembali perjalanan yang aman, dan mempercepat ekonomi digital yang adil akan menjadi pintu gerbang bersama kami untuk pemulihan dan kemajuan bersama,” tambahnya.

Komentar akan ditinjau. Simpan komentar yang relevan untuk artikel tersebut. Komentar yang mengandung bahasa kasar dan cabul, serangan pribadi atau promosi akan dihapus dan pengguna akan diblokir. Hasil akhir akan ditentukan oleh Taipei Times.