Juli 15, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Korea Selatan menjadi tuan rumah bagi Jepang dan Tiongkok, sementara sekutu AS berusaha meyakinkan Beijing

Korea Selatan menjadi tuan rumah bagi Jepang dan Tiongkok, sementara sekutu AS berusaha meyakinkan Beijing

SEOUL, 26 September (Reuters) – Korea Selatan menjadi tuan rumah bagi diplomat senior dari Tiongkok dan Jepang untuk pertemuan trilateral yang jarang terjadi pada hari Selasa yang bertujuan untuk menghilangkan kekhawatiran Beijing mengenai peningkatan kerja sama antara kedua negara sekutu AS dan Washington.

Pertemuan tersebut sebagian dimaksudkan untuk membuka jalan bagi dimulainya kembali pertemuan puncak trilateral antara para pemimpin negara, yang terakhir diadakan pada tahun 2019. Pembicaraan tersebut ditunda di tengah perselisihan hukum, diplomatik dan perdagangan antara Seoul dan Tokyo mengenai masalah-masalah yang berasal dari Jepang. 1910-1945 Pendudukan Korea.

Sejak itu, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida telah mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki hubungan, dan pada bulan Agustus mereka mengadakan pertemuan puncak trilateral yang bersejarah dengan Presiden AS Joe Biden, di mana ketiganya berjanji untuk memperkuat kerja sama, termasuk di lapangan. pertahanan dan keamanan ekonomi.

Seorang pejabat senior pemerintah Korea Selatan mengatakan Tiongkok telah proaktif dalam mengupayakan kerja sama trilateral dan mengatur pertemuan sejak hubungan antara Seoul dan Beijing memburuk pada tahun 2017 karena penempatan sistem anti-rudal THAAD AS di Korea Selatan.

“Saya yakin pasti ada ketidaknyamanan di pihak mereka mengenai semakin eratnya kemitraan keamanan trilateral kami dengan Amerika Serikat dan Jepang,” kata pejabat tersebut, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya karena sensitifnya situasi tersebut. “Tampaknya ada pandangan bahwa mereka perlu mengelola hubungan bilateral dengan kami dengan baik, mengingat tanggapan mereka terhadap THAAD telah menjadi bumerang dan memicu sentimen anti-Tiongkok ke tingkat yang berbahaya.”

READ  UE mengambil langkah besar menuju embargo minyak Rusia, sanksi baru

Tong Zhao, peneliti senior di Universitas Harvard, mengatakan Beijing kemungkinan akan memanfaatkan hubungan perdagangan trilateral untuk menyeimbangkan strategi mendukung teman-teman AS, meningkatkan pertukaran antar masyarakat, dan meningkatkan komunikasi dan dialog dengan Seoul dan Tokyo mengenai keamanan dan pertahanan. masalah. Carnegie Endowment for International Peace yang berbasis di AS.

Dia menambahkan bahwa Jepang dan Korea Selatan mempunyai kepentingan untuk menghindari konflik, menjaga hubungan keamanan yang stabil dengan Tiongkok, dan membantu Beijing memperlambat, atau bahkan menghentikan, program pengembangan nuklir komprehensif Korea Utara.

“Kepentingan bersama ini membuka cakrawala baru bagi komunikasi strategis, membangun kepercayaan, dan mengambil tindakan untuk mencegah krisis,” kata Zhao.

KTT trilateral biasanya dihadiri oleh Perdana Menteri Tiongkok, namun Korea Selatan juga mengharapkan kunjungan terpisah dari Presiden Xi Jinping.

Saluran TV Jepang TBS melaporkan bahwa Korea Selatan menjadi tuan rumah pertemuan trilateral tahun ini dan mengusulkan diadakannya pertemuan puncak trilateral pada bulan Desember dalam pembicaraan yang berlangsung pada hari Selasa.

Pertemuan terakhir dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan Chung Byung-won, Wakil Menteri Luar Negeri Senior Jepang Takehiro Funakoshi, dan Asisten Menteri Luar Negeri Tiongkok Nong Rong.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin mengatakan pada konferensi pers pada hari Senin bahwa Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan adalah tetangga dekat dan mitra kerja sama yang penting, dan memperkuat kerja sama trilateral juga bermanfaat bagi kepentingan bersama mereka.

(Laporan oleh Josh Smith dan Hyunhee Shin di Seoul – Disiapkan oleh Mohammed untuk Buletin Arab) Laporan tambahan oleh Liz Lee di Beijing. Ditulis oleh Josh Smith. Diedit oleh Gerry Doyle

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru