Juli 5, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Korban tewas gunung berapi di Indonesia naik menjadi 13 »Capital News

Letusan terbesar di Jawa pada hari Sabtu mengejutkan penduduk setempat, membuat ribuan orang melarikan diri © AFP / Juni Chriswando

Lumajang (Indonesia) (AFP), 5 Desember – Petugas penyelamat di Indonesia bergegas menemukan korban selamat di desa-desa yang tertutup abu cair setelah setidaknya 13 orang tewas dan puluhan lainnya terluka dalam letusan gunung berapi di Indonesia pada hari Minggu.

Letusan gunung terbesar di pulau Jawa itu mengejutkan penduduk setempat, membuat ribuan orang mengungsi dan ratusan keluarga mengungsi ke tempat penampungan sementara.

Sedikitnya 11 desa di Kabupaten Lumajang Jawa Timur dilanda abu vulkanik, rumah dan kendaraan terendam, ternak terbakar, dan sedikitnya 900 pengungsi mencari perlindungan di masjid, sekolah, dan balai desa.

Adegan dramatis menunjukkan Chemaru melemparkan abu jamur ke langit saat penduduk desa terdekat berteriak saat mereka melarikan diri.

“Jumlah korban tewas sekarang 13 orang. Tim penyelamat menemukan lebih banyak mayat, ”Abdul Muhari, juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana, mengatakan kepada AFP.

Dua dari korban tewas telah diidentifikasi, katanya dalam sebuah pernyataan kemudian.

Sedikitnya 57 orang terluka dalam ledakan itu, termasuk dua wanita hamil, 41 di antaranya dirawat di rumah sakit karena luka bakar, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Gunung berapi telah menghancurkan setidaknya satu jembatan di Lumajang, mencegah petugas penyelamat mengakses daerah itu dengan segera. AFP / Juni Chriswando

Presiden Joko Widodo pada hari Minggu, setelah skala bencana menjadi jelas, memerintahkan keadaan darurat untuk mencari para korban dan merawat yang terluka, kata Sekretaris Negara Pratikno, yang memiliki nama yang sama dengan banyak orang Indonesia.

Menurut Muhari, 10 orang diselamatkan dari daerah sekitar Lumajang, dan penduduk desa serta petugas penyelamat bekerja sepanjang malam untuk menemukan siapa pun yang terjebak atau mengambil mayat.

READ  Kabel Trans-Pasifik Hawaii Nui baru menyediakan koneksi Indonesia

Penyiar lokal Kompas TV melaporkan bahwa yang diselamatkan adalah pekerja lokal di lokasi penambangan pasir.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Evakuasi hari Minggu dihentikan sementara karena awan kelabu panas, laporan Metro TV Indonesia menyoroti sulitnya operasi penyelamatan.

Ahli vulkanologi top negara itu mengatakan kepada stasiun Surono bahwa ada risiko sedimentasi abu akibat hujan lebat.

Sebagian besar dari mereka yang langsung terbakar tinggal di desa mereka, salah paham tentang besarnya letusan dan letusan gunung berapi berikutnya, Adi Hendro, juru bicara Badan Ketertiban Umum Lumajang, mengatakan kepada AFP.

“Mereka tidak punya waktu untuk lari,” katanya.

– ‘Masih hidup’ –

Hendro mengatakan sedikitnya tujuh orang hilang setelah ledakan, termasuk dua yang diyakini pihak berwenang masih hidup.

Peta Indonesia dengan ditemukannya letusan Gunung Chebru pada Sabtu © AFP

“Ada tanda-tanda mereka masih hidup karena ada lampu dari ponsel mereka,” katanya.

“Tapi kami tidak bisa ke sana karena tanahnya masih panas. Kami juga ingin memastikan keselamatan tim kami.

Gunung berapi, bercampur dengan puing-puing dan hujan lebat, telah menghancurkan setidaknya satu jembatan di Lumajang, mencegah petugas penyelamat untuk segera mengakses daerah tersebut.

Namun tembakan layanan darurat pada hari Minggu menunjukkan pemandangan bobrok yang dihancurkan oleh gunung berapi di desa Kepon Rendeng.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Petugas penyelamat berseragam oranye terang bekerja dengan latar belakang abu-abu gelap di sebuah desa berpenduduk sekitar 11.000 orang, di mana bangunan dan pohon sekarang terlihat tumbang.

– Rumah bobrok –

Di daerah lain, penduduk desa yang terkena dampak secara aktif berusaha untuk memulihkan barang-barang mereka dari rumah-rumah yang bobrok. Beberapa memiliki bantal dan perabotan di pundak mereka, sementara yang lain membawa domba hidup-hidup di tangan mereka.

READ  ION Esports PUBG Mobile Pro League (PMPL) Indonesia memenangkan Spring Finals 2022

Tim penyelamat sedang membersihkan puing-puing dan membersihkan jalan menggunakan pemuat berat, kata Muhari.

Menyusul letusan Gunung Semaru ©, warga mengungsi di sebuah masjid di Lumajang. AFP / Juni Chriswando

Penduduk setempat telah disarankan untuk tidak melakukan perjalanan lebih dari lima kilometer (3,1 mil) dari jurang Chemaru karena udara di sekitarnya sangat tercemar dan dapat mempengaruhi kelompok rentan, tambahnya.

“Saat ini kami mengimbau masyarakat untuk tidak berdiam diri karena abu vulkanik masih relatif panas,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Indira Wipo kepada Metro TV.

Pihak berwenang telah mengirim bantuan ke tempat penampungan, termasuk makanan, terpal, masker, dan kantong mayat.

Menurut Survei Geologi Indonesia, abu vulkanik menempuh perjalanan empat kilometer ke Samudra Hindia di selatan Jawa.

Tetapi Pusat Penasihat Abu-abu Vulkanik Australia, yang memberi nasihat kepada industri penerbangan, mengatakan pada hari Minggu bahwa abu sekarang telah larut di sekitar Chemaru, menurut citra satelit.

Tingkat siaga gunung berapi berada pada level tertinggi kedua sejak letusan besar sebelumnya pada Desember 2020, memaksa ribuan orang mengungsi dan menutup desa.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Kepala pusat penelitian vulkanik Indonesia memperingatkan pihak berwenang pada hari Kamis tentang peningkatan aktivitas gunung berapi dan memperingatkan orang-orang di daerah itu untuk waspada.

Indonesia berada di Cincin Api Pasifik, di mana tumbukan lempeng benua menyebabkan lebih banyak aktivitas vulkanik dan seismik.

Ada sekitar 130 gunung berapi aktif di kepulauan Asia Tenggara.

Pada akhir 2018, gunung berapi meletus di selat antara pulau Jawa dan Sumatra, menyebabkan tanah longsor bawah laut dan tsunami yang menewaskan lebih dari 400 orang.