Maret 2, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Korban tewas akibat letusan Marabi di Indonesia bertambah menjadi 22 – BenarNews

Korban tewas akibat letusan Marabi di Indonesia bertambah menjadi 22 – BenarNews

Korban tewas akibat letusan Gunung Marabi di provinsi Sumatera Barat, Indonesia, telah meningkat menjadi 22 orang, kata para pejabat pada hari Rabu, dan nasib salah satu pendaki terakhir masih belum diketahui.

Marabi, salah satu gunung berapi paling aktif di negara itu, memuntahkan abu panas dan gas ribuan meter ke langit pada hari Minggu, menenggelamkan puluhan orang yang mendaki di dekat kawah.

Abdul Malik, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan di Padang, mengatakan 74 korban telah dievakuasi, sementara satu orang belum ditemukan.

Dari 74 orang yang ditemukan, 22 orang meninggal dunia, kata Malik. “Untuk korban yang belum ditemukan, kami belum mengetahui nasibnya.”

Tim yang berjumlah sekitar 300 orang masih mencari orang-orang yang berada di gunung saat terjadi letusan, namun tidak terdaftar, kata Kapolda Sumbar Suhariono.

Di sebuah rumah sakit di Bukittinggi dekat gunung berapi tersebut, tim khusus Polda Sumbar membawa korban letusan menuruni gunung dalam kantong jenazah.

Proses identifikasi dilakukan melalui tes DNA, sidik jari, dan rekam gigi, kata Kepala Unit Medis dan Kesehatan Polda Provinsi Lista Cancer.

“Kami masih menunggu [the possibility of] Korban lainnya. Laporan yang kami dapat, tim evakuasi sudah turun,” kata Lista.

Hujan abu vulkanik dari letusan Marapi melanda beberapa kabupaten di Sumatera Barat pada hari Rabu, dan pemerintah setempat menyarankan warga untuk membatasi aktivitas di luar ruangan dan memakai masker, kata Badan Nasional Penanggulangan Bencana dalam sebuah pernyataan.

Bambang Wasito, kepala badan penanggulangan bencana setempat, mengatakan tidak ada warga di daerah yang terkena dampak yang dievakuasi, namun pihak berwenang telah mengaktifkan dan menyiapkan pusat kesehatan di klinik terdekat.

READ  Indonesia berencana memproduksi biometana dari minyak sawit pada tahun 2025

Pemerintah kabupaten juga meminta warga menghindari aktivitas dalam radius 3 km dari kawah karena gunung tersebut berada pada level siaga II.

Gunung Merapi, berbeda dengan Gunung Merapi di Jawa Tengah, adalah salah satu dari 129 gunung berapi aktif di Indonesia, sebuah kepulauan luas dengan lebih dari 17.000 pulau yang terletak di sabuk “Cincin Api” Pasifik. Aktivitas seismik di sekitar tepi laut.

Gunung berapi setinggi 2.891 meter (9.485 kaki) meletus pada tahun 2018, melukai empat orang. Letusan terburuknya terjadi pada tahun 1979 dan menewaskan sedikitnya 60 orang.