November 30, 2021

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Konsep Keamanan Strategis Indonesia di Kawasan Indo-Pasifik

Emanuel Ario Bimo (Jakarta Post)

Premium

Jakarta
Selasa, 9 November 2021

Organisasi Pertahanan dan Keamanan Sipil Total (Shishangamrata) adalah amanat khusus Pasal 30 ayat 2 UUD 1945, yang menyatakan bahwa “pengamanan dan perlindungan negara diselenggarakan oleh Tentara Nasional Indonesia dan Badan Keamanan dan Keamanan Militer, komponen utama Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan seluruh penduduk.” Subsidiary mengacu pada Sisingamrata sebagai dasar untuk mengerahkan seluruh sumber daya nasional, yaitu Angkatan Bersenjata dan rakyat, untuk melindungi Indonesia dari segala ancaman dan untuk memajukan kepentingan nasionalnya. .

Shishangamrata berakar dari tiga nilai utama, yaitu Kewarganegaraan (berpusat pada orang), Wilayah (Berbasis regional) dan Alam semesta (Total). Nilai “berpusat pada rakyat” menempatkan pentingnya rakyat di jantung keamanan nasional; Nilai “berbasis wilayah” menekankan kesiapan postur keamanan wilayah yang percaya diri sesuai dengan keunikan masing-masing wilayah; Nilai “agregat” menggarisbawahi koordinasi dan koherensi upaya seluruh elemen keamanan nasional dalam mempertahankan negara bangsa dari ancaman militer, non-militer atau hibrida.

Tiga nilai utama Shishangamrata diimplementasikan melalui strategi lapis-defense dan defense-deep berdasarkan konsep mandala atau lingkaran tengah, di mana lingkaran dalam meliputi wilayah daratan Indonesia hingga laut regional; Lingkar dalam memanjang dari laut regional hingga Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE); Dan lingkaran luar adalah wilayah di luar ZEE. Dalam konteks strategis tertentu, terutama dalam dinamika kawasan Indo-Pasifik abad ke-21, gagasan ini menempatkan Shishangamrata sebagai konsep keamanan strategis yang membentuk bagaimana Indonesia memobilisasi sumber daya nasionalnya untuk mencapai tujuan keamanan dan keamanan nasionalnya.

Berita Terkait

Anda mungkin juga menyukai:

Expo 2020: Cetak Biru untuk Kota Cerdas dan Kehidupan yang Lebih Baik

Menteri senior berbicara tentang iklim di DC, menargetkan aktivis di Jakarta

Masih belum keluar dari hutan