Mei 19, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Komisi Pemilihan Umum telah memastikan bahwa Prabowo Subianto telah memenangkan pemilihan presiden Indonesia

Komisi Pemilihan Umum telah memastikan bahwa Prabowo Subianto telah memenangkan pemilihan presiden Indonesia

Menteri Pertahanan Prabowo dan pasangan wakil presidennya, Gibran Rakabuming Raqqa, meraih suara mayoritas pada putaran pertama pada 14 Februari, dengan 59 persen atau lebih dari 96 juta suara, kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Hashim Asyari pada hari Rabu. .

Anies Baswedan memperoleh hampir 41 juta suara atau 25 persen dari total suara, sedangkan Kanjar Pranovo memperoleh 27 juta suara, lebih dari 16 persen.

Prabowo, mantan komandan pasukan khusus, diperkirakan akan mengambil alih jabatan Presiden Joko Widodo, ayah Gibran, pada bulan Oktober.

Al Jazeera melaporkan bahwa pria berusia 72 tahun ini melanjutkan kebijakan Widodo, memanfaatkan popularitas presiden dan dukungan dari basis pemilih muda terbesar di Indonesia dengan menggunakan platform media sosial seperti TikTok.

Khususnya, Prabowo telah mengklaim kemenangan dalam pemilu setelah penghitungan suara tidak resmi menunjukkan keunggulan signifikan atas para pesaingnya.

“Kita tidak boleh sombong. Kita tidak boleh bangga. Kita seharusnya tidak bahagia. Kita harus lebih rendah hati. Kemenangan ini harus menjadi kemenangan seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya dalam pidato yang disiarkan secara nasional.

Pasca hasil tersebut, rivalnya, Anies dan Ganjar, mengatakan mereka berencana mengajukan pengaduan ke Mahkamah Konstitusi atas dugaan “kejanggalan” dan kecurangan dalam pemilu.

Namun, tim hukum Prabowo berharap untuk tidak berhasil menentang keputusan tersebut karena selisih kemenangannya yang besar, media lokal melaporkan pada hari Selasa.

Namun, jalan menuju kemenangan Prabowo telah dirusak oleh kontroversi dan kekhawatiran mengenai politik patronase atas aliansinya dengan presiden, yang dikenal sebagai Jokowi, yang secara luas dituduh menyalahgunakan posisinya demi mendukung mantan saingannya. Namun tuduhan tersebut telah dibantah oleh rekan-rekannya.

Prabowo juga dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia di Timor Timur dan wilayah timur Indonesia yang bergolak, Papua, yang memperoleh kemerdekaan dari Indonesia pada tahun 2002 setelah jatuhnya pemerintahan Soeharto, Al Jazeera melaporkan.

READ  Waspada Lonjakan Ekspor Batubara Indonesia 2023: Maguire

Selama masa kampanye, Prabowo dan Gibran berjanji untuk melanjutkan kebijakan ayah Gibran, yang mempertahankan peringkat persetujuan sekitar 80 persen tetapi dilarang mencalonkan diri lagi karena batasan masa jabatan konstitusional.

Para pemimpin baru akan mewarisi perekonomian yang tumbuh lebih dari 5 persen tahun lalu dan memiliki rencana infrastruktur yang ambisius, termasuk pemindahan ibu kota dari Jakarta ke pulau Kalimantan.(ANI)

Laporan ini secara otomatis dihasilkan dari layanan berita ANI. ThePrint tidak bertanggung jawab atas isinya.